Pelatihan Keterampilan Presentasi pada Era Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.213Keywords:
Keterampilan Presentasi, Teknologi, Peserta DidikAbstract
Latar Belakang: Di lingkungan sekolah, kemampuan presentasi masih sering dipandang sebagai keterampilan tambahan yang kurang mendapat perhatian. Idealnya, setelah memaparkan ide, peserta didik seharusnya menerima umpan balik tidak hanya mengenai isi, yang selama ini menjadi tolok ukur utama kualitas presentasi, tetapi juga tentang cara penyampaiannya. Tujuan: Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan presentasi peserta didik secara menyeluruh melalui pelatihan yang mengintegrasikan kemampuan berbicara di depan umum, penggunaan teknologi digital, dan media interaktif yang menarik dan adaptif. Metode: Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini, yaitu: diskusi berbasis kasus, tanya jawab interaktif, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Hasil: Peserta menguasai teknik presentasi yang menarik dan interaktif dengan indikator rerata skor 86 yang difokuskan pada lima aspek penilaian yaitu penggunaan bahasa, kejelasan penyampaian, komunikatif, kesesuaian materi, dan ketepatan waktu. Kesimpulan: Melalui rangkaian kegiatan yang terstruktur, peserta tidak hanya memperoleh pemahaman yang bersifat teoritis, tetapi juga kemampuan praktis dalam berpresentasi.
Downloads
References
Annisa, P., Gultom, F., & Debora, M. (2023). Penerapan Optimalisasi Keterampilan 4C (Creative Thinking, Critical Thinking And Problem Solving, Communication, Collaboration) Dalam Pembelajaran Contextual Oral Language Skills. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(3), 391–399.
Ariyanto, Y., Asri, A. N., Puspitasari, D., Yunhasnawa, Y., Satya, B., & Nugraha, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Presentasi Interaktif untuk Warga dan Perangkat Desa Karangduren, Kec. Pakisaji. Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat (JPPKM), 8(1), 25–30. https://doi.org/https://doi.org/10.33795/jppkm.v8i1.55 DOI: https://doi.org/10.33795/jppkm.v8i1.55
Arsawan, I. W. E., Kariati, N. M., & Sukarta, I. W. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Community Development (Studi Eksploratif di Kawasan Wisata Sangeh). Soshum: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 238–248.
Asri, I. H., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Kompetensi Abad 21 Sebagai Bekal Menghadapi Tantangan Masa Depan. Kappa Journal, 7(1), 97–107. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i1.12999 DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v7i1.12999
Azhar, M. A., & Rohimi, P. (2024). Pemanfaatan Media Presentasi untuk Mengasah Public Speaking Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Kudus. Kontekstual: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 93–106. https://jurnal.ubl.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/4150
Buchori, A., Sulianto, J., Prasetyowati, D., & Rahmawati, N. D. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Metaverse Pembelajaran Bagi Guru Guru di SMP Negeri 1 Karangawen Demak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 218–227. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.151 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.151
Dini Astiya, Tridays Repelita, Jamilah Munawaroh, P. A. A. (2024). Analisis Pentingnya Menjadi Presentator Yang Baik Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Presentasi Pada Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3), 464–473. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/PAPER KETERAMPILAN BERBICARA PRESENTASI ILMIAH.pdf
Frida Nurmarliana, & Mirna Nur Alia Abdullah. (2024). Keterampilan 4C Sebagai Strategi Pengembangan Kompetensi Critical Thinking Gen Z Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3299 DOI: https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3299
Ginting, R. P., Mahsa, M., Trisfayani, Safriandi, Najla, R. R. S., Maghfirah, R., Shabri, I., & Salsabila. (2024). Pelatihan Videografi sebagai Media Presentasi Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(6), 186–194. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.940
Handoko, W. (2013). Strategi Pengembangan Masyarakat (Comunity Development) melalui program pengembangan koperasi dan UMKM berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 1(2), 246–256.
Latang, Gaffar, F., Ilham, M., & Hadi, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12, 243–249. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39173 DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39173
Na, L. (2020). Pengembangan Masyarakat Sebagai Konsep Dakwah. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 2(02), 21–44. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.49 DOI: https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.49
Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP STKIP Subang, 9(2), 5202–5210. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136
Patongai, D. P. P. U. S., Pagarra, H., Saparuddin, Sahribulan, & Ngitung, R. (2023). Pelatihan Teknik Presentasi Ilmiah yang Efektif Bagi Mahasiswa Biologi FMIPA UNM. ININNAWA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 94–99. https://journal.unm.ac.id/index.php/Ininnawa DOI: https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.182
Taris, L., Ruslan, Hasanah, Massikki, & Bakry, H. (2024). PkM Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Melalui Pelatihan Desain Materi Presentasi Berbasis Canva di Era Digital. Jurnal Pengabdian, 2(2), 166–172. https://doi.org/https://doi.org/10.59562/abdimas.v2i2.5332 DOI: https://doi.org/10.59562/abdimas.v2i2.5332
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rawinda Fitrotul Mualafina, Mukhlis, Siti Ulfiyani, Sunarya, Raden Yusuf Sidiq Budiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0