Pelatihan Keterampilan Presentasi pada Era Teknologi

Authors

  • Rawinda Fitrotul Mualafina Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang
  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang
  • Sunarya Universitas PGRI Semarang
  • Raden Yusuf Sidiq Budiawan Universitas PGRI Semarang https://orcid.org/0009-0005-2704-0752

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.213

Keywords:

Keterampilan Presentasi, Teknologi, Peserta Didik

Abstract

Latar Belakang: Di lingkungan sekolah, kemampuan presentasi masih sering dipandang sebagai keterampilan tambahan yang kurang mendapat perhatian. Idealnya, setelah memaparkan ide, peserta didik seharusnya menerima umpan balik tidak hanya mengenai isi, yang selama ini menjadi tolok ukur utama kualitas presentasi, tetapi juga tentang cara penyampaiannya. Tujuan: Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan presentasi peserta didik secara menyeluruh melalui pelatihan yang mengintegrasikan kemampuan berbicara di depan umum, penggunaan teknologi digital, dan media interaktif  yang menarik dan adaptif. Metode: Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini, yaitu: diskusi berbasis kasus, tanya jawab interaktif, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Hasil: Peserta menguasai teknik presentasi yang menarik dan interaktif dengan indikator rerata skor 86 yang difokuskan pada lima aspek penilaian yaitu penggunaan bahasa, kejelasan penyampaian, komunikatif, kesesuaian materi, dan ketepatan waktu. Kesimpulan: Melalui rangkaian kegiatan yang terstruktur, peserta tidak hanya memperoleh pemahaman yang bersifat teoritis, tetapi juga kemampuan praktis dalam berpresentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, P., Gultom, F., & Debora, M. (2023). Penerapan Optimalisasi Keterampilan 4C (Creative Thinking, Critical Thinking And Problem Solving, Communication, Collaboration) Dalam Pembelajaran Contextual Oral Language Skills. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(3), 391–399.

Ariyanto, Y., Asri, A. N., Puspitasari, D., Yunhasnawa, Y., Satya, B., & Nugraha, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Presentasi Interaktif untuk Warga dan Perangkat Desa Karangduren, Kec. Pakisaji. Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat (JPPKM), 8(1), 25–30. https://doi.org/https://doi.org/10.33795/jppkm.v8i1.55 DOI: https://doi.org/10.33795/jppkm.v8i1.55

Arsawan, I. W. E., Kariati, N. M., & Sukarta, I. W. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Community Development (Studi Eksploratif di Kawasan Wisata Sangeh). Soshum: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 238–248.

Asri, I. H., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Kompetensi Abad 21 Sebagai Bekal Menghadapi Tantangan Masa Depan. Kappa Journal, 7(1), 97–107. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i1.12999 DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v7i1.12999

Azhar, M. A., & Rohimi, P. (2024). Pemanfaatan Media Presentasi untuk Mengasah Public Speaking Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Kudus. Kontekstual: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 93–106. https://jurnal.ubl.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/4150

Buchori, A., Sulianto, J., Prasetyowati, D., & Rahmawati, N. D. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Metaverse Pembelajaran Bagi Guru Guru di SMP Negeri 1 Karangawen Demak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 218–227. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.151 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.151

Dini Astiya, Tridays Repelita, Jamilah Munawaroh, P. A. A. (2024). Analisis Pentingnya Menjadi Presentator Yang Baik Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Presentasi Pada Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3), 464–473. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/PAPER KETERAMPILAN BERBICARA PRESENTASI ILMIAH.pdf

Frida Nurmarliana, & Mirna Nur Alia Abdullah. (2024). Keterampilan 4C Sebagai Strategi Pengembangan Kompetensi Critical Thinking Gen Z Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3299 DOI: https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3299

Ginting, R. P., Mahsa, M., Trisfayani, Safriandi, Najla, R. R. S., Maghfirah, R., Shabri, I., & Salsabila. (2024). Pelatihan Videografi sebagai Media Presentasi Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(6), 186–194. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.940

Handoko, W. (2013). Strategi Pengembangan Masyarakat (Comunity Development) melalui program pengembangan koperasi dan UMKM berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 1(2), 246–256.

Latang, Gaffar, F., Ilham, M., & Hadi, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SDN Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12, 243–249. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39173 DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.39173

Na, L. (2020). Pengembangan Masyarakat Sebagai Konsep Dakwah. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 2(02), 21–44. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.49 DOI: https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.49

Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP STKIP Subang, 9(2), 5202–5210. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136

Patongai, D. P. P. U. S., Pagarra, H., Saparuddin, Sahribulan, & Ngitung, R. (2023). Pelatihan Teknik Presentasi Ilmiah yang Efektif Bagi Mahasiswa Biologi FMIPA UNM. ININNAWA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 94–99. https://journal.unm.ac.id/index.php/Ininnawa DOI: https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.182

Taris, L., Ruslan, Hasanah, Massikki, & Bakry, H. (2024). PkM Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Melalui Pelatihan Desain Materi Presentasi Berbasis Canva di Era Digital. Jurnal Pengabdian, 2(2), 166–172. https://doi.org/https://doi.org/10.59562/abdimas.v2i2.5332 DOI: https://doi.org/10.59562/abdimas.v2i2.5332

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-08-02

How to Cite

Mualafina, R. F., Mukhlis, M., Ulfiyani, S., Sunarya, S., & Budiawan, R. Y. S. (2025). Pelatihan Keterampilan Presentasi pada Era Teknologi. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 175–186. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.213