Edukasi Etika Berbahasa di Media Sosial Bagi Peserta Didik di SMA Teuku Umar Semarang: Membentuk Generasi Digital Native Positif
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.147Keywords:
Generasi Digital, Media Sosial, Etika BerbahasaAbstract
Latar Belakang: Edukasi tentang etika berbahasa di media sosial bukan hanya penting, tetapi juga mendesak untuk diberikan kepada generasi muda. Hal tersebut disebabkan mayoritas generasi muda merupakan pengguna aktif media sosial. Tujuan: Membentuk generasi muda sebagai generasi digital dapat mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang penggunaan bahasa di media sosial dengan baik, juga memaksimalkan potensi positif dari media sosial. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan dengan strategi kronologis mencakup studi kasus, latihan terbimbing, latihan mandiri, dan pemberian materi yang relevan. Hasil: Berdasarkan kegiatan latihan mandiri, peserta sudah menerapkan etika berbahasa khususnya dalam konteks mengirimkan pesan melalui platform Whatsapp. Sebesar 100% peserta sudah mengirimkan pesan dengan bahasa yang sesuai dengan konteks. Yang artinya peserta telah menunjukan secara konkret penggunaan bahasa yang baik. Kesimpulan: Pelatihan implementasi etika berbahasa dalam konteks komunikasi media sosial perlu dilaksanakan secara berkelanjutan.
Downloads
References
Amaliyah, S., & Agustina, M. T. (2023). Studi Kualitatif tentang Motif Perilaku Internet trolling. 4(1), 61–68.
Arsawan, i W. E., Kariati, N. M., & Sukarta, I. W. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Community Development (Studi Eksploratorif di Kawasan Wisata Sangeh). Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 238–248.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Hamsiah, Rahmah, N., Fahrezi, R. G., & Aiman, Y. (2024). Edukasi Tentang Etika dalam Penggunaan Media Sosial Bagi Siswa Kelas XII SMAN 1 Kerinci. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 771–776. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/8034%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/download/8034/4369
Handayani, F., & Fauzi, F. (2023). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Digital Native Dalam Pencarian Informasi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 15(1), 31–39. https://doi.org/10.37108/shaut.v15i1.766
Handoko, W. (2013). Strategi Pengembangan Masyarakat (Comunity Development) melalui program pengembangan koperasi dan UMKM berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 1(2), 246–256.
Jannah, S. N. F., & Rosyiidiani, T. S. (2022). Gejala Fear of Missing Out dan Adiksi Media Sosial Remaja Putri di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 3(1), 1–14.
Lukman. (2020). Pengembangan Masyarakat Sebagai Konsep Dakwah. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 2(02), 21–44. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.49
Maulinda, R., & Suyatno. (2015). Etika Komunikasi dalam Menggunakan Media Sosial ( INSTAGRAM ). Online Journal Systems UNPAM (Universitas Pamulang), 6.
Muannas, & Mansyur, M. (2020). Model Literasi Digital untuk Melawan Ujaran Kebencian di Media Sosial Digital Literacy Model to Counter Hate Speech on Social Media. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 125–142. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.125-142
Sujana, I. P. W. M., Sukadi, Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M. W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518–524.
Supriadin. (2022). Etika Berbahasa Indonesia pada Masyarakat Kalangan Ekonomi Menengah. 7(2), 513–519. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Taufiq, M., Maliki, D. O., Maldini, A. S., & ... (2023). Pentingnya Etika Berbahasa Sebagai Upaya Pencegahan Kasus Kejahatan Berbahasa Di Media Digital. … Journal of Law …, 3(2), 2116–2125. http://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/311%0Ahttp://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/download/311/341
Ulfiyani, S., Mualafina, R. F., Yusuf, R., & Budiawan, S. (2024). Penguatan Generasi Cerdas Bermedia Sosial melalui Penguasaan Keterampilan Memirsa. 4(1), 19–28.
Umami, E., & Yusuf, H. (2024). Peran Pendidikan Hukum dalam Mencegah Kejahatan Siber di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1473–1487.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Ulfiyani, Rawinda Fitrotul Mualafina, Mukhlis, Raden Yusuf Sidiq Budiawan, Sunarya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0