Edukasi Etika Berbahasa di Media Sosial Bagi Peserta Didik di SMA Teuku Umar Semarang: Membentuk Generasi Digital Native Positif

Authors

  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang
  • Rawinda Fitrotul Mualafina Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang
  • Raden Yusuf Sidiq Budiawan Universitas PGRI Semarang https://orcid.org/0009-0005-2704-0752
  • Sunarya Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.147

Keywords:

Generasi Digital, Media Sosial, Etika Berbahasa

Abstract

Latar Belakang: Edukasi tentang etika berbahasa di media sosial bukan hanya penting, tetapi juga mendesak untuk diberikan kepada generasi muda. Hal tersebut disebabkan mayoritas generasi muda merupakan pengguna aktif media sosial. Tujuan: Membentuk generasi muda sebagai generasi digital dapat mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang penggunaan bahasa di media sosial dengan baik, juga memaksimalkan potensi positif dari media sosial. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan dengan strategi kronologis mencakup studi kasus, latihan terbimbing, latihan mandiri, dan pemberian materi yang relevan. Hasil: Berdasarkan kegiatan latihan mandiri, peserta sudah menerapkan etika berbahasa khususnya dalam konteks mengirimkan pesan melalui platform Whatsapp. Sebesar 100% peserta sudah mengirimkan pesan dengan bahasa yang sesuai dengan konteks. Yang artinya peserta telah menunjukan secara konkret penggunaan bahasa yang baik.  Kesimpulan: Pelatihan implementasi etika berbahasa dalam konteks komunikasi media sosial perlu dilaksanakan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, S., & Agustina, M. T. (2023). Studi Kualitatif tentang Motif Perilaku Internet trolling. 4(1), 61–68.

Arsawan, i W. E., Kariati, N. M., & Sukarta, I. W. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Community Development (Studi Eksploratorif di Kawasan Wisata Sangeh). Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 238–248.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Hamsiah, Rahmah, N., Fahrezi, R. G., & Aiman, Y. (2024). Edukasi Tentang Etika dalam Penggunaan Media Sosial Bagi Siswa Kelas XII SMAN 1 Kerinci. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 771–776. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/8034%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/download/8034/4369

Handayani, F., & Fauzi, F. (2023). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Digital Native Dalam Pencarian Informasi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 15(1), 31–39. https://doi.org/10.37108/shaut.v15i1.766

Handoko, W. (2013). Strategi Pengembangan Masyarakat (Comunity Development) melalui program pengembangan koperasi dan UMKM berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 1(2), 246–256.

Jannah, S. N. F., & Rosyiidiani, T. S. (2022). Gejala Fear of Missing Out dan Adiksi Media Sosial Remaja Putri di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 3(1), 1–14.

Lukman. (2020). Pengembangan Masyarakat Sebagai Konsep Dakwah. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 2(02), 21–44. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.49

Maulinda, R., & Suyatno. (2015). Etika Komunikasi dalam Menggunakan Media Sosial ( INSTAGRAM ). Online Journal Systems UNPAM (Universitas Pamulang), 6.

Muannas, & Mansyur, M. (2020). Model Literasi Digital untuk Melawan Ujaran Kebencian di Media Sosial Digital Literacy Model to Counter Hate Speech on Social Media. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 125–142. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.125-142

Sujana, I. P. W. M., Sukadi, Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M. W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518–524.

Supriadin. (2022). Etika Berbahasa Indonesia pada Masyarakat Kalangan Ekonomi Menengah. 7(2), 513–519. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index

Taufiq, M., Maliki, D. O., Maldini, A. S., & ... (2023). Pentingnya Etika Berbahasa Sebagai Upaya Pencegahan Kasus Kejahatan Berbahasa Di Media Digital. … Journal of Law …, 3(2), 2116–2125. http://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/311%0Ahttp://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/download/311/341

Ulfiyani, S., Mualafina, R. F., Yusuf, R., & Budiawan, S. (2024). Penguatan Generasi Cerdas Bermedia Sosial melalui Penguasaan Keterampilan Memirsa. 4(1), 19–28.

Umami, E., & Yusuf, H. (2024). Peran Pendidikan Hukum dalam Mencegah Kejahatan Siber di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1473–1487.

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-25

How to Cite

Ulfiyani, S., Mualafina, R. F., Mukhlis, M., Budiawan, R. Y. S., & Sunarya, S. (2024). Edukasi Etika Berbahasa di Media Sosial Bagi Peserta Didik di SMA Teuku Umar Semarang: Membentuk Generasi Digital Native Positif. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 166–177. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.147