Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://journal.appipgri.id/index.php/arc <p><strong>Archive</strong>: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan Kesehatan. Jurnal ARCHIVE <strong>Terakreditasi Nasional SINTA 5</strong> dengan No. Surat Keterangan : 152/E/KPT/2023 Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2023.</p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>2-4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>2 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p> </p> en-US <p>1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.<br />2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.<br />3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.<br />4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.<br />5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0</p> sucipto@unpkediri.ac.id (Sucipto) sucipto@unpkediri.ac.id (Sucipto) Fri, 25 Jul 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.9.9 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pemanfaatan Kacang Tanah Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Tempe di Expo Pendidikan Kecamatan So’a https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/180 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Kacang tanah selain dikonsumsi lansung dapat pula diolah terlebih dahulu menjadi tempe. Pengolahan kacang tanah menjadi produk tempe dipamerkan oleh STIPER Flores Bajawa dalam acara expo pendidikan di wilayah Kecamatan So’a. <strong>Tujuan</strong>: untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pengolahan kacang tanah menjadi tempe. <strong>Metode:</strong> Pelatihan dalam bentuk praktek. Teknik pengumpulan penilaian tempe kacang tanah dilakukan melalui uji organoleptik oleh panelis yakni pengunjung expo pendidikan di Kecamatan So’a. Data organoleptik tempe kacang tanah dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. <strong>Hasil:</strong> Masyarakat mengakui adanya inovasi, produk tempe biji kacang tanah memiliki kekhasan rasa yang khas dan memiliki aroma seperti aroma tempe pada umumnya namun sedikit meninggalkan rasa sepat setelah dikonsumsi. <strong>Kesimpulan:</strong> Produk tempe biji kacang tanah yang dipamerkan oleh Program Studi Biologi Terapan di pameran expo pendidikan secara umum diterima baik oleh masyarakat karena dianggap inovatif dalam meningkatkan nilai ekonomi kacang tanah hasil pertanian. </p> Anastasia H. P. Enga, Nataniel Umbu Limbu, Antonia P Bao, Maria F.H. Lede, Mario J. Kely Copyright (c) 2025 Anastasia H. P. Enga, Nataniel Umbu Limbu, Antonia P Bao, Maria F.H. Lede, Mario J. Kely https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/180 Fri, 25 Jul 2025 00:00:00 +0700 Intervensi Edukasi Stres pada Lansia: Upaya Peningkatan Kesejahteraan Psikologis melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/193 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Stres merupakan permasalahan psikologis yang umum dialami oleh lansia akibat perubahan fisik, psikologis, dan sosial. Pengelolaan stres yang tidak optimal dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup lansia. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lansia dalam mengelola stres melalui pendekatan edukatif. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Panti Sosial Tresna Werdha, Kota Bengkulu. Sepuluh lansia berpartisipasi aktif sebagai peserta. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest. <strong>Hasil:</strong> Terjadi peningkatan skor rata-rata dari 5,3 (pretest) menjadi 8,1 (posttest), menunjukkan peningkatan pemahaman sebesar 53%. Lansia menunjukkan partisipasi aktif, mampu mengenali pemicu stres, dan memahami strategi pengelolaannya. <strong>Kesimpulan:</strong> Metode FGD terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan keterampilan lansia dalam mengelola stres, serta berpotensi diterapkan secara berkelanjutan dalam program pemberdayaan lansia.</p> Asti Haryati, Nurlia Anggraini, Elisa Putri Ningsih, Anita Eustacia Putri, Devi Haryani Putri, Dea Sari, Betry Afrin Siska, Dicka Krisna, Putri Regina Prayoga, Lastri Pebriyanti, Jenira, Monika Arbaini, Revandi Hadikusuma, Poni Oktaviya, Ratih Permata, Nia Zazqiah Novarianti, Septya Pransisca, Dhea Ananda, Repaldo, Vioni Tria Purnama Copyright (c) 2025 Asti Haryati, Nurlia Anggraini, Elisa Putri Ningsih, Anita Eustacia Putri, Devi Haryani Putri, Dea Sari, Betry Afrin Siska, Dicka Krisna, Putri Regina Prayoga, Lastri Pebriyanti, Jenira, Monika Arbaini, Revandi Hadikusuma, Poni Oktaviya, Ratih Permata, Nia Zazqiah Novarianti, Septya Pransisca, Dhea Ananda, Repaldo, Vioni Tria Purnama https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/193 Fri, 25 Jul 2025 00:00:00 +0700 Membangun Kesadaran Emosional Remaja Panti Asuhan melalui Focus Group Discussion https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/194 <p><strong>Latar Belakang: </strong>Kegiatan pengabdian masyarakat bertema "Mengekspresikan Emosi" dilatarbelakangi oleh urgensi penguatan keterampilan sosial-emosional remaja panti asuhan yang kerap mengalami keterbatasan dalam mengelola dan menyalurkan emosi secara sehat. <strong>Tujuan:</strong> Untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan remaja dalam mengenali, memahami, serta mengekspresikan emosinya melalui pendekatan yang aman secara psikologis. <strong>Metode:</strong> Melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan sesi berbagi pengalaman dengan pendekatan partisipatif. <strong>Hasil:</strong> Observasi dan wawancara terhadap tiga partisipan menunjukkan bahwa mereka telah memiliki kemampuan dasar dalam mengenali emosi, namun masih mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi negatif secara verbal. <strong>Kesimpulan:</strong> Temuan ini menunjukkan bahwa keterbatasan ruang berbagi serta kurangnya relasi afektif di lingkungan panti menjadi faktor yang memengaruhi kemampuan regulasi emosi. Kegiatan ini menjadi langkah awal yang penting dalam mendukung intervensi psikososial berbasis empati dan trauma healing untuk mendampingi perkembangan emosional remaja secara berkelanjutan.</p> Aisyah Rahmah, Cecilia Joreva Lestari, Firzia Fasha, Medhia Septiany, Naila Putri Ramadhani, Rafliyannor, Rahayu Putri Wijayanti, Shanty Komalasari, Yulia Hairina, Mahdia Fadhila Copyright (c) 2025 Aisyah Rahmah, Cecilia Joreva Lestari, Firzia Fasha, Medhia Septiany, Naila Putri Ramadhani, Rafliyannor, Rahayu Putri Wijayanti, Shanty Komalasari, Yulia Hairina, Mahdia Fadhila https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/194 Fri, 25 Jul 2025 00:00:00 +0700 Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak melalui Kegiatan Membacakan Cerita Pendek di Depan Kelas https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/195 <p><strong>Latar Belakang: </strong>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah fase penting dalam mengembangkan potensi anak, terutama dalam keterampilan komunikasi lisan dan kepercayaan diri. Salah satu metode yang berpengaruh dalam menstimulasi kedua aspek ini adalah melalui metode bercerita <strong>Metode: </strong>Penelitian ini dilakukukan melalui pendekatan kualitatif yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 anak di PAUD Terpadu IT SBB Ar Rahmah, Martapura. Tindakan dilaksanakan dengan 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. <strong>Hasil: </strong>Delapan anak tampil secara sukarela menceritakan ulang cerita di depan kelas, menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kepercayaan diri dan keterampilan berbicara, meskipun tiga anak masih menunjukkan keterbatasan verbal. <strong>Kesimpulan: </strong>Kegiatan menceritakan ulang cerita animasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi anak pada usia dini. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan jangka panjang dan variasi media.</p> Bahjatun Nufus, Rizkiah Awwaliah, Khairunnisa, Siti Annisa Rahmah, Gusti Firda Raisya, Anita Lestari, Munawaroh, Muhammad Tatsbitul Azmi Hisbullah Dzaky, Yulia Hairina, Mahdia Fadhila, Shanty Komalasari Copyright (c) 2025 Bahjatun Nufus, Rizkiah Awwaliah, Khairunnisa, Siti Annisa Rahmah, Gusti Firda Raisya, Anita Lestari, Munawaroh, Muhammad Tatsbitul Azmi Hisbullah Dzaky, Yulia Hairina, Mahdia Fadhila, Shanty Komalasari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/195 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Pembuatan Dashboard Berbasis Google Looker Studio Untuk Visualisasi Data Manajemen Talenta di PT ABC https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/196 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Program ini dikembangkan untuk mengatasi proses pengelolaan data manajemen talenta di PT ABC yang masih tersebar pada sejumlah file terpisah, pengelolaan yang dilakukan oleh pegawai yang berbeda, serta belum tersedianya visualisasi data yang memadai. <strong>Tujuan:</strong> Program ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dan penyajian data manajemen talenta melalui pembuatan dashboard berbasis Google Looker Studio. <strong>Metode:</strong> Pengembangan dashboard menggunakan metode waterfall, yang dilengkapi dengan kegiatan sosialisasi untuk memperkenalkan sistem kepada pengguna serta memberikan pelatihan mengenai cara pengoperasiannya. <strong>Hasil:</strong> Program ini menghasilkan dashboard visualisasi data manajemen talenta berbasis Google Looker Studio yang memperoleh tingkat kepuasan pengguna dengan skor rata-rata 87% terhadap isi informasi, ketepatan informasi, tampilan dashboard, kemudahan penggunaan, serta ketepatan waktu dalam memberikan respons. <strong>Kesimpulan:</strong> Pengimplementasian dashboard terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi akses informasi, mempercepat proses pengambilan keputusan, serta menyajikan data secara visual dengan format yang lebih informatif dan mudah dipahami.</p> Ivon Sandya Sari Putri, Khairinisa Kamelia Copyright (c) 2025 Ivon Sandya Sari Putri, Khairinisa Kamelia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/196 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Pendampingan Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Tikrar di SMP Negeri 5 Bukittinggi https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/198 <p><strong>Latar Belakang : </strong>Perlunya pendampingan ini dilatarbelakangi oleh berbagai kendala yang dialami oleh santri dalam menjaga hafalannya, antara lain hafalan yang kurang baik dan pemahaman kaidah tajwid terhadap ayat-ayat yang dihafalnya. <strong>Tujuan</strong>: Pendampingan ini bertujuan untuk menilai kelancaran hafalan dan ketepatan membaca Al-Qur'an sesuai kaidah tajwid. <strong>Metode</strong>: Pendekatan pendampingan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang meliputi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. <strong>Hasil</strong>: Penerapan metode tikrar pada santri dapat meningkatkan proses hafalan, memudahkan mengulang ayat-ayat Al-Qur'an secara terus menerus dan tidak tergesa-gesa, serta hafalan dapat tertanam kuat dalam ingatan. <strong>Kesimpulan</strong>: Penerapan metode tikrar dapat meningkatkan kualitas hafalan dan bacaan Al-Qur'an santri sesuai kaidah tajwid, terbukti dari respon santri yang baik selama proses pendampingan.</p> Nur Yeka Damayanti, Martin Kustati, Nana Sepriyanti Copyright (c) 2025 Nur Yeka Damayanti, Martin Kustati, Nana Sepriyanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/198 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Peran Altruisme pada Komitmen Organisasi di Kalangan Anggota Organisasi Mahasiswa https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/199 <p><strong>Latar Belakang</strong>:<strong> </strong>Mahasiswa aktif dalam organisasi kerap menunjukkan perilaku altruistik, yaitu membantu tanpa pamrih. Fenomena ini penting untuk diteliti karena altruisme diyakini berhubungan dengan komitmen terhadap organisasi, yang sangat penting bagi keberlangsungan organisasi mahasiswa. <strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran altruisme terhadap komitmen organisasi pada mahasiswa.<strong> Metode: </strong>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei menggunakan kuesioner daring. Partisipan berjumlah 160 mahasiswa aktif organisasi di wilayah Jabodetabek, diperoleh melalui teknik snowball sampling. Skala altruisme dan skala komitmen organisasi digunakan sebagai alat ukur. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana menggunakan SPSS 25. <strong>Hasil: </strong>Hasil menunjukkan bahwa altruisme berperan signifikan terhadap komitmen organisasi (R = 0,571; R² = 0,326; p &lt; 0,05). Altruisme berkontribusi sebesar 32,6% terhadap komitmen organisasi mahasiswa. <strong>Kesimpulan:</strong> Altruisme berperan penting dalam membentuk komitmen organisasi mahasiswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan nilai altruistik dalam kegiatan organisasi untuk mendukung keberlanjutan dan keterlibatan mahasiswa.</p> Mikhayla Illyna Matondang, Agustina, Jelita Maharani, Veebie Cleodora Valein Copyright (c) 2025 Mikhayla Illyna Matondang, Agustina, Jelita Maharani, Veebie Cleodora Valein https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/199 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartila di SMP Negeri 5 Kota Solok https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/201 <p><strong>Latar</strong> <strong>Belakang</strong>: Bantuan ini diperlukan mengingat masih banyaknya santri yang kesulitan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid, serta minimnya pemahaman mereka terhadap ketentuan bacaan. <strong>Tujuan</strong>: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, sesuai dengan konsep tajwid dan makhraj, dengan menggunakan teknik tartila. <strong>Metode</strong>: Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. <strong>Hasil</strong>: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an siswa yang menggunakan metode tartila. Siswa menunjukkan peningkatan ketepatan dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah, memahami kaidah tajwid, dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan tartil dan khidmat. <strong>Kesimpulan</strong>: Penerapan teknik tartila dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an secara akurat dan efektif.</p> Devi Elsi Susanti, Martin Kustati, Nana Sepriyanti Copyright (c) 2025 Devi Elsi Susanti, Martin Kustati, Nana Sepriyanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/201 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Proses Kreatif Menulis Cerita Pendek Bagi Guru SMK YPM 5 Sukodono https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/202 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Latar belakang kegiatan ini dilandasi oleh pentingnya keterampilan menulis cerita pendek yang memuat nilai-nilai karakter dan keislaman dalam pembelajaran. <strong>Tujuan:</strong> Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk melatih guru SMK YPM 5 Sukodono dalam mencipta cerita pendek dan menganalisis elemen-elemen sastranya. <strong>Metode: </strong>Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis untuk menggambarkan isi dan struktur cerita pendek yang dihasilkan. <strong>Hasil: </strong>Hasil menunjukkan bahwa cerita pendek yang ditulis guru memiliki struktur naratif yang runtut, karakterisasi tokoh Rasulullah SAW yang kuat, serta tema edukatif seperti kepedulian sosial dan pentingnya menuntut ilmu. <strong>Kesimpulan:</strong> Kesimpulan, karya para guru tidak hanya inspiratif, tetapi juga menyampaikan nilai-nilai Islam secara kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dan perlu dikembangkan lebih lanjut untuk memperkaya pembelajaran berbasis literasi dan karakter.</p> Tri Indrayanti, M. Shoim, Rahayu Puji Astuti, Dewi Shinta Dwi Salsabila Copyright (c) 2025 Tri Indrayanti, M. Shoim, Rahayu Puji Astuti, Dewi Shinta Dwi Salsabila https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/202 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kelurahan Demang Lebar Daun Kota Palembang https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/204 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Sebagai ideologi bangsa, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diharapkan dapat menjadi pedoman dan landasan hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehar-hari. Terlebih di era society 5.0, keberadaan Pancasila diharapkan dapat menjadi counter dalam mengatasi penetrasi budaya asing. <strong>Tujuan:</strong> Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan adalah sosialiasi dengan penyampaian secara ceramah dan dengan metode diskusi yang melibatkan masyarakat peserta sosialisasi. <strong>Hasil:</strong> Antusiasme masyarakat dalam mengikuti sosialisasi dan pemahaman mereka dalam menarasikan nilai-nilai Pancasila dan urgensinya dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di era society 5.0. <strong>Kesimpulan:</strong> Sosialisasi yang dilakukan berdampak secara positif dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila. </p> Susi Dian Rahayu, Arifudin, Sefri Barkah Copyright (c) 2025 Susi Dian Rahayu, Arifudin, Sefri Barkah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/204 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Upaya Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa melalui Literasi Numerasi Ilmiah https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/203 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pengetahuan terkini menunjukkan rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir mahasiswa disebabkan oleh manajemen pembelajaran yang kurang optimal serta literasi numerasi yang tidak kontekstual. <strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran berbasis pengabdian masyarakat dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui literasi numerasi ilmiah. <strong>Metode:</strong> Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek terdiri dari mahasiswa, dosen Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Quality, dan masyarakat Desa Parsambilan dalam program MBKM. <strong>Hasil:</strong> Integrasi pengabdian masyarakat dalam pembelajaran meningkatkan motivasi belajar (83%), kemampuan berpikir tingkat tinggi (75% sangat baik), dan literasi numerasi ilmiah. <strong>Kesimpulan:</strong> Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis pengabdian masyarakat efektif dalam membentuk mahasiswa sebagai agen perubahan yang logis, reflektif, dan sosial. Studi lanjutan perlu mengeksplorasi penerapan pada skala yang lebih luas.</p> Srie Faizah Lisnasari, Jainab Naibaho, Pelista Br Karo Sekali, Syafnan, Mhd. Rafi’i Ma’arif Tarigan Copyright (c) 2025 Srie Faizah Lisnasari, Jainab Naibaho, Pelista Br Karo Sekali, Syafnan, Mhd. Rafi’i Ma’arif Tarigan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/203 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Sosialisasi dan Pelatihan Instrumen Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Kepada Mahasiswa PJKR UKAW https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/205 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Kebugaran jasmani anak Indonesia perlu disosialiasasikan dan dilakukan kepada siswa sejak usia dini. <strong>Tujuan:</strong> mensosialisasikan dan pelatihan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) kepada mahasiswa PJKR. <strong>Metode:</strong> menggunakan pendekatan sosialisasi dan pelatihan melalui ceramah dan demonstrasi untuk tahapan TKSI. <strong>Hasil:</strong> Kegiatan sosialisasi TKSI kepada mahasiswa untuk mengetahui tahapan pelaksanaan setiap item tes pada face A, B dan C. Kegiatan pelatihan, mahasiswa mendemonstrasikan TKSI face A meliputi tes kelentukanku, tes berdiri satu kaki, tes lambung tangkap, tes lari-bolak balik dan tes jalan lari. Face B yaitu <em>v sit and reach test</em>, <em>half up test</em>, <em>hand eye coordination test</em>, <em>t-test</em> dan <em>around the world</em> <em>test. </em>Fase C meliputi <em>child ball test</em>, <em>tok tok ball test</em>, <em>move the ball test</em>, <em>shuttle</em> <em>run</em> <em>test</em> dan <em>run test</em>. <strong>Kesimpulan:</strong> komponen kebugaran jasmani pada TKSI face A, B dan C meliputi kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, akurasi, kekuatan, kelincahan dan daya tahan.</p> Alventur Baun, Julian Jeminel Leko, Fredik Edison Nope, Yahya Jecson Palinata, Ramona Mathias Mae, Pnatmo Welhelmina Masi Copyright (c) 2025 Alventur Baun, Julian Jeminel Leko, Fredik Edison Nope, Yahya Jecson Palinata, Ramona Mathias Mae, Pnatmo Welhelmina Masi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/205 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Gerakan Free The Sea: Peran Mahasiswa Teologi Dalam Edukasi Dan Aksi Pelestarian Laut Di Pulau Buluh https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/208 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pencemaran laut di Pulau Buluh, Kota Batam, terutama oleh sampah plastik, mengancam ekosistem dan kehidupan masyarakat pesisir. <strong>Tujuan:</strong> Meningkatkan kesadaran ekologis anak-anak dan remaja gereja melalui edukasi berbasis nilai-nilai spiritual Kristen. <strong>Metode:</strong> Pendekatan partisipatif dan reflektif digunakan untuk menggabungkan pemahaman teologis dan tindakan ekologis nyata. <strong>Hasil:</strong> Program ini meningkatkan kesadaran ekologis di kalangan peserta dan masyarakat, serta menghasilkan model edukasi lingkungan berbasis spiritualitas Kristen yang kontekstual. <strong>Kesimpulan:</strong> Edukasi berbasis teologi terbukti efektif membangun kepedulian ekologis lintas generasi. Diperlukan pengembangan kurikulum ekoteologi dan replikasi program serupa di wilayah pesisir lainnya.</p> Talizaro Tafonao, Ronald Sianipar, Abraham Marsal Sakati, Agiana Her Visnhu Ditakristi, Timotius Mangiring Tua Togatorop Copyright (c) 2025 Talizaro Tafonao, Ronald Sianipar, Abraham Marsal Sakati, Agiana Her Visnhu Ditakristi, Timotius Mangiring Tua Togatorop https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/208 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Pemahaman Perbandingan Melalui Media PAKOPER di Sekolah Dasar https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/211 <p><strong>Latar Belakang: </strong>Memahami topik matematika yang bersifat abstrak seperti perbandingan masih menjadi tantangan besar bagi banyak siswa sekolah dasar, terutama karena kurangnya alat pembelajaran yang konkret dan relevan secara kontekstual.<strong> Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perbandingan pada siswa melalui penerapan media pembelajaran inovatif bernama PAKOPER (Papan Kotak Perbandingan). <strong>Metode:</strong> Pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan edukatif-partisipatif yang melibatkan siswa kelas V SDN Kebunan 1 Sumenep. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. <strong>Hasil:</strong> Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media PAKOPER berhasil meningkatkan nilai rata-rata siswa dari 55 menjadi 82, serta meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi. <strong>Kesimpulan:</strong> Media pembelajaran berbasis visual konkret seperti PAKOPER terbukti mampu mempermudah siswa dalam memahami konsep perbandingan dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.</p> Aris Dwi Saputra, Nur Mukhlishah, Eko Agustiawan, Nur Fitriyah Indraswari Copyright (c) 2025 Aris Dwi Saputra, Nur Mukhlishah, Eko Agustiawan, Nur Fitriyah Indraswari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/211 Sat, 26 Jul 2025 00:00:00 +0700 Perancangan Buku Ilustrasi Pop-Up Pendidikan Seks Usia Dini untuk Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/206 <p><strong>Latar Belakang: </strong>Pelecehan seksual merupakan hal yang tidak bisa ditoleransi, ditambah maraknya kasus pelecehan seksual pada anak usia dini akhir-akhir ini di Indonesia, hal ini diperparah karena kurangnya pemahaman anak dan anggapan tabu terhadap pendidikan seks di PAUD <strong>Tujuan:</strong> Edukasi ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar inovatif berupa Pop-up Book untuk edukasi seks dini yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak<strong>. Metode:</strong> Metode ini melalui tahapan observasi, perancangan produk, sosialisasi dan evaluasi dengan pendekatan bercerita melalui perancangan buku interaktif semi-3D dengan visual mendukung, bekerja sama dengan TK Aisyiyah yang belum memiliki materi serupa. <strong>Hasil:</strong> Hasil dari sosialisasi edukasi ini adalah penggunaan media ajar meningkatkan minat belajar anak dalam mengenali bagian tubuh yang perlu dilindungi, informasi yang diberikan membuat anak-anak menjadi peduli dan waspada demi mencegah kekerasan seksual. <strong>Kesimpulan: </strong>Keberadaan media pop-up book ini menjadi solusi efektif untuk menyampaikan edukasi sensitif secara adaptif sesuai usia anak sedari dini.</p> Maria Veronika Br Halawa, Sunarsih, Nufikha Ulfah, Anjar Nur Cholifah Copyright (c) 2025 Maria Veronika Br Halawa, Sunarsih, Nufikha Ulfah, Anjar Nur Cholifah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/206 Sat, 02 Aug 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif dari Bahan Bekas pada Guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/209 <p><strong>Latar Belakang: </strong>Media pembelajaran anak usia dini sangat penting disiapkan guru sebelum kegiatan pembelajaran di mulai. Tanpa adanya media pembelajaran sebagai pengantar atau perantara, pembelajaran yang sedang berlangsung tidak akan menarik. Alat permainan edukatif dari bahan bekas akan membuat guru bisa kreatif dan dapat berinovasi dengan berbagai macam bentuj alat permainan yang mengandung nilai Pendidikan untuk anak usia dini <strong>Tujuan:</strong> Ativitas pengabdian masyarakat ini diselenggarakan atas tujuan untuk membiasakan para guru PAUD dalam berinovasi membuat alat permainan menggunakan bahan bekas <strong>Metode:</strong> Pelaksaan aktivitas pengabdian masyarakat melalui empat fase yakni investigasi, persiapan, tindakan, serta refleksi yang diwujudkan dalam pre-test ataupun post-test <strong>Hasil:</strong> Sesudah menjalankan aktivitas pelatihan para pengajar menjadi lebih kreatif z berinovasi dalam membuat media pembelajaran untuk anak-anak berusia dini dengan memanfaatkan berbagai bahan daur ulang <strong>Kesimpulan:</strong> Pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD untuk membuat media pembelajaran dari bahan bekas sehingga guru-guru dapat mengehemat biaya dalam mempersiapkan media pembelajaran anak usia dini.</p> Nurhayati, Sita Awalunisah, Durrotunnisa, Ahmad Rahmatullah Copyright (c) 2025 Nurhayati, Sita Awalunisah, Durrotunnisa, Ahmad Rahmatullah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/209 Sat, 02 Aug 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan Keterampilan Presentasi pada Era Teknologi https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/213 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Di lingkungan sekolah, kemampuan presentasi masih sering dipandang sebagai keterampilan tambahan yang kurang mendapat perhatian. Idealnya, setelah memaparkan ide, peserta didik seharusnya menerima umpan balik tidak hanya mengenai isi, yang selama ini menjadi tolok ukur utama kualitas presentasi, tetapi juga tentang cara penyampaiannya. <strong>Tujuan:</strong> Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan presentasi peserta didik secara menyeluruh melalui pelatihan yang mengintegrasikan kemampuan berbicara di depan umum, penggunaan teknologi digital, dan media interaktif yang menarik dan adaptif. <strong>Metode:</strong> Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini, yaitu: diskusi berbasis kasus, tanya jawab interaktif, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. <strong>Hasil:</strong> Peserta menguasai teknik presentasi yang menarik dan interaktif dengan indikator rerata skor 86 yang difokuskan pada lima aspek penilaian yaitu penggunaan bahasa, kejelasan penyampaian, komunikatif, kesesuaian materi, dan ketepatan waktu. <strong>Kesimpulan:</strong> Melalui rangkaian kegiatan yang terstruktur, peserta tidak hanya memperoleh pemahaman yang bersifat teoritis, tetapi juga kemampuan praktis dalam berpresentasi.</p> Rawinda Fitrotul Mualafina, Mukhlis, Siti Ulfiyani, Sunarya, Raden Yusuf Sidiq Budiawan Copyright (c) 2025 Rawinda Fitrotul Mualafina, Mukhlis, Siti Ulfiyani, Sunarya, Raden Yusuf Sidiq Budiawan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/213 Sat, 02 Aug 2025 00:00:00 +0700 Percepatan Capaian Vaksinasi dan Pencegahan Penularan Covid-19 di Desa Majasetra https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/164 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Penyebaran COVID-19 dengan cakupan vaksinasi yang rendah masih menjadi masalah mendesak di Desa Majasetra. Ketidaksesuaian data dan minimnya pemahaman masyarakat, terutama kelompok lansia, mengenai urgensi vaksinasi dan protokol kesehatan memperburuk situasi pandemi di tingkat desa. <strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi serta pemahaman masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan. <strong>Metode:</strong> Kegiatan dilakukan melalui pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan hybrid yang meliputi observasi lapangan, sosialisasi door to door, pendampingan posyandu, serta edukasi 3M di sekolah. Metode ini bersifat kuantitatif-deskriptif dengan pengukuran capaian vaksinasi sebelum dan sesudah intervensi. <strong>Hasil:</strong> Cakupan vaksinasi dosis pertama meningkat dari 61,3% menjadi 67,6%. Selain itu, terjadi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap urgensi vaksinasi dan kedisiplinan protokol kesehatan. <strong>Kesimpulan:</strong> Pendekatan langsung ke masyarakat menjadi strategi utama dalam terbukti efektif dalam meningkatkan cakupan vaksinasi dan kesadaran masyarakat.</p> Eka Yudha, Rizki Nurislaminingsih, Faoziah Ulfah Fatmawati, Resa Ana Dina Copyright (c) 2025 Eka Yudha, Rizki Nurislaminingsih, Faoziah Ulfah Fatmawati, Resa Ana Dina https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/164 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru-Guru di SDN Pandean Lamper 01 Semarang https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/197 <p><strong>:</strong> yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan pelatihan, tahap implementasi dan tahap evaluasi dan pendampingan. <strong>Hasil:</strong> para guru menunjukkan peningkatan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis AI, serta memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam proses belajar mengajar di sekolah. <strong>Kesimpulan:</strong> Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta mendukung transformasi digital di lingkungan SDN Pandean Lamper 01 Semarang.</p> Achmad Buchori , Titik Haryati, Noviana Dini Rahmawati, Muhammad Prayito, Dina Prasetyowati Copyright (c) 2025 Achmad Buchori , Titik Haryati, Noviana Dini Rahmawati, Muhammad Prayito, Dina Prasetyowati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/197 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0700 Peran Kuliah Kerja Nyata dalam Penyempurnaan Data Penduduk Desa Watalara https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/214 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pendataan penduduk memiliki urgensi tinggi dalam mendukung perencanaan pembangunan desa, penyusunan kebijakan publik, dan distribusi sumber daya yang adil. Desa Watalara di Kabupaten Kolaka masih menghadapi kendala dalam pengelolaan data penduduk yang tidak terstruktur dan kurang akurat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi solusi alternatif dengan memberdayakan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat. <strong>Tujuan: </strong>Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan menganalisis peran KKN dalam penyempurnaan data penduduk serta mengevaluasi dampaknya terhadap tata kelola desa. <strong>Metode: </strong>Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. <strong>Hasil:</strong> Hasil menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam KKN dapat meningkatkan kualitas pendataan melalui digitalisasi, pelatihan perangkat desa, dan partisipasi warga. <strong>Kesimpulan: </strong>Perbaikan data ini berkontribusi pada akurasi informasi serta peningkatan pelayanan publik. Temuan memberikan rekomendasi bagi pengembangan KKN yang lebih berkelanjutan dan solutif.</p> Mardianto, Riskal Ashari, Israwati, Putri Prananda, Nurhikma, Syahlan Said, Nurwinda Nirwan, Erwin, Ainul Mutmainnah, Ainun Putri Fauziah, Indira Meylani Copyright (c) 2025 Mardianto, Riskal Ashari, Israwati, Putri Prananda, Nurhikma, Syahlan Said, Nurwinda Nirwan, Erwin, Ainul Mutmainnah, Ainun Putri Fauziah, Indira Meylani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/214 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0700 Inovasi Pelatihan G2G (Grease to Green): Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Produk Bernilai https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/216 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Masyarakat di Cijantung, Jakarta Timur, memiliki kebiasaan membuang minyak jelantah ke lingkungan, menyebabkan pencemaran air dan tanah serta risiko kesehatan akibat penggunaan berulang. <strong>Tujuan:</strong> Program G2G bertujuan mengedukasi dan memberdayakan ibu-ibu PKK dalam mengelola minyak jelantah menjadi produk bernilai guna dan ekonomi, yaitu lilin aromaterapi dan sabun cair, sekaligus meningkatkan kesadaran lingkungan dan potensi kewirausahaan. <strong>Metode:</strong> Pendekatan partisipatif dan edukatif diterapkan melalui sosialisasi, pelatihan praktik, dan pendampingan. Tahapan meliputi survei, koordinasi, penyusunan materi, serta pelaksanaan pelatihan pembuatan lilin dan sabun, diikuti monitoring dan evaluasi. <strong>Hasil:</strong> Kegiatan berhasil meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya limbah jelantah dan keterampilan mengolahnya. Mayoritas peserta menunjukkan ketertarikan tinggi untuk memproduksi secara mandiri (60% tertarik, 40% cukup tertarik), menghasilkan produk lilin aromaterapi dan sabun cair. <strong>Kesimpulan:</strong> Pelatihan G2G efektif dalam memberikan solusi limbah rumah tangga, menumbuhkan kesadaran ekologis, dan membuka peluang kewirausahaan.</p> Irnin Agustina Dwi Astuti, Ria Sumarni, Irawan Setiadi, Laila Dwi Putri Kurniawati Copyright (c) 2025 Irnin Agustina Dwi Astuti, Ria Sumarni, Irawan Setiadi, Laila Dwi Putri Kurniawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/216 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0700 Meningkatkan Kesadaran Penggunaan APD untuk Mengurangi Risiko PAK pada CV Ghalea Elka Persada https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/219 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Tingkat kecelakaan kerja di sektor konstruksi masih tinggi akibat rendahnya kesadaran pekerja terhadap penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Padahal, penggunaan APD berperan penting dalam mencegah penyakit akibat kerja (PAK). <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pekerja terhadap pentingnya penggunaan APD melalui edukasi langsung. <strong>Metode:</strong> Pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan one group pre-test and post-test. Aktivitas yang dilakukan meliputi pemberian sosialisasi, pelatihan langsung, serta evaluasi menggunakan instrumen kuisioner. <strong>Hasil:</strong> Dari 10 responden, 70% mengalami peningkatan nilai pasca-sosialisasi. Kategori “Sangat Baik” meningkat dari 7 menjadi 9 responden. <strong>Kesimpulan:</strong> Program PkM ini meningkatkan pemahaman dan kesadaran pekerja akan pentingnya APD dalam mencegah risiko kerja. Edukasi melalui ceramah, diskusi, praktik, dan media visual terbukti efektif, ditunjukkan dengan peningkatan hasil pre-test dan post-test.</p> Diana Luthfiyah, Merry Sunaryo, Ratna Ayu Ratriwardhani, Khalisah Afifah Ridwan, Muhammad Fatuh Rizqon Akbar Copyright (c) 2025 Diana Luthfiyah, Merry Sunaryo, Ratna Ayu Ratriwardhani, Khalisah Afifah Ridwan, Muhammad Fatuh Rizqon Akbar https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/219 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Kompetensi Guru Fisika melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) di Kota Bekasi https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/221 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru fisika menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21 dengan inovasi dan teknologi digital. <strong>Tujuan:</strong> Pelatihan guru fisika di Kota Bekasi ini bertujuan membekali keterampilan teknis dan kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran AR yang interaktif dan menarik. <strong>Metode:</strong> Kegiatan ini menggunakan metode survei kebutuhan, workshop pengenalan teknologi AR, pelatihan praktis pembuatan media AR menggunakan Unity 3D, serta evaluasi dan umpan balik dari peserta. <strong>Hasil:</strong> Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan guru menguasai teknologi AR dan kreativitas mengajar fisika. Respon positif sangat tinggi (wawasan baru 90%, percaya diri 80%), implementasi AR 85%, meningkatkan minat (80%), motivasi (75%), dan pemahaman konsep (90%). <strong>Kesimpulan:</strong> Pelatihan ini memperkuat kompetensi teknis dan inovasi guru, mendukung pembelajaran fisika efektif, adaptif, dan meningkatkan kualitas melalui teknologi AR.</p> Yoga Budi Bhakti, Siti Ayu Kumala, Rendi Prasetya Copyright (c) 2025 Yoga Budi Bhakti, Siti Ayu Kumala, Rendi Prasetya https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/221 Mon, 06 Oct 2025 00:00:00 +0700 Aplikasi ZPT Air Kelapa dalam Percepatan Pembibitan Mangrove Api-Api di Desa Mulyorejo untuk Mendukung Rehabilitasi Ekosistem Pesisir https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/223 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Ekosistem mangrove penting untuk melindungi pesisir dari abrasi dan mendukung keanekaragaman hayati. Salah satu kendala rehabilitasi mangrove adalah lambatnya pertumbuhan bibit karena lingkungan yang kurang mendukung. <strong>Tujuan:</strong> Diharapkan, program ini dapat meningkatkan keberhasilan pembibitan mangrove, mempercepat rehabilitasi ekosistem pesisir, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konservasi lingkungan berbasis teknologi ramah lingkungan. <strong>Metode</strong> Metode yang digunakan meliputi observasi awal, pelatihan pembuatan dan aplikasi ZPT air kelapa, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. <strong>Hasil:</strong> Kegiatan ini meningkatkan pemahaman peserta tentang ZPT alami, ditunjukkan oleh peningkatan skor post-test. Bibit mangrove yang diberi ZPT air kelapa tumbuh lebih cepat dibandingkan tanpa perlakuan. Peserta juga mampu mempraktikkan pembuatan dan aplikasi ZPT secara mandiri. <strong>Kesimpulan:</strong> Dengan pendekatan ini, program pengabdian berkontribusi dalam upaya pelestarian mangrove secara lebih efektif dan berkelanjutan.</p> Eka Adi Supriyanto, Ubad Badrudin, Sajuri, Muhammad Naoval Haris, Ahsarul Mufid, Immanuel Nugroho, Dinda Himatul Alya, Fifin Fauziyah, Dimas Rizqi Nugroho, Sania Rizqina Copyright (c) 2025 Eka Adi Supriyanto, Ubad Badrudin, Sajuri, Muhammad Naoval Haris, Ahsarul Mufid, Immanuel Nugroho, Dinda Himatul Alya, Fifin Fauziyah, Dimas Rizqi Nugroho, Sania Rizqina https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/223 Mon, 06 Oct 2025 00:00:00 +0700 Kesehatan dan Kebugaran Holistik Pelajar: Implementasi Tes Kebugaran Pelajar Nusantara, Pengukuran Tingkat Aktivitas Fisik, dan Skrining Kesehatan Pada Siswa SMPN 3 Tugu Kabupaten Trenggalek https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/224 <p><strong>Latar Belakang:</strong> Kebugaran fisik dan gaya hidup sehat sangat penting untuk kesuksesan akademik dan pencapaian visi Indonesia Emas 2045. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan tes dan pengukuran kebugaran jasmani, tingkat aktivitas fisik, dan skrining kesehatan pada siswa SMPN 3 Tugu kabupaten Trenggalek. <strong>Metode:</strong> Metode kegiatan menggunaan perencanaan strategis dengan tujuan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra. <strong>Hasil:</strong> Hasil menunjukkan bahwa 60% siswa memiliki kebugaran fisik yang memadai, 100% memiliki tingkat aktivitas fisik sedang, dan tekanan darah sistolik serta diastolik berada dalam rentang normal. Namun, kadar asam urat meningkat (rata-rata 8,95 mg/dL), sementara kadar gula darah tetap normal (rata-rata 101,25 mg/dL). <strong>Kesimpulan:</strong> Temuan ini menekankan pentingnya intervensi berbasis sekolah yang terstruktur untuk meningkatkan kebugaran siswa, mempromosikan gaya hidup aktif, dan mencegah penyakit tidak menular sejak usia dini.</p> Yulingga Nanda Hanief, Muhammad Putra Ramadhan, Supriatna, Dewi Sarirotul Afifa, Alief Kurnia Athiek, Lailatul Qodria, Faradilla Ainun Mahya, Muhammad Nathan Adani Copyright (c) 2025 Yulingga Nanda Hanief, Muhammad Putra Ramadhan, Supriatna, Dewi Sarirotul Afifa, Alief Kurnia Athiek, Lailatul Qodria, Faradilla Ainun Mahya, Muhammad Nathan Adani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.appipgri.id/index.php/arc/article/view/224 Mon, 06 Oct 2025 00:00:00 +0700