Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran bagi Guru di Phatnawitya School Yala, Songkhla Province, Thailand
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.74Keywords:
Pelatihan, Media Pembelajaran, Digital Book, Video PembelajaranAbstract
Pemanfaatan media pembelajaran terbarukan telah menjadi solusi yang efektif dalam memajukan kualitas dan kuantitas pendidikan, Salah satu permasalahan prioritas yang ditemukan di Pattanawittaya School, Yala Songkhla Province, Thailand, adalah penggunaan media pembelajaran terbarukan yang masih belum optimal. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan aplikasi dan media pembelajaran terbarukan. PKM ini bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada guru-guru mengenai media pembelajaran terbarukan sebagai alternatif media pembelajaran berbasis IT. Selain itu, melalui kegiatan ini juga dilakukan pelatihan kepada guru-guru Pattanawittaya School agar mampu memanfaatkan media pembelajaran terbarukan dengan baik. Program pengabdian ini memiliki tiga metode, yaitu metode presentasi, metode demonstrasi, dan metode praktik. Hasil luaran pengabdian ini antara lain peserta dapat membuat media pembelajaran terbarukan berupa digital book dan video. Dengan adanya kegiatan ini, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan dan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran terbarukan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Agnes. (2022). Optimalisasi Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari) di SMP Negeri 50 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 276–290.
Aprianis, A., Novalia, N., Anum, A., & Dharmawan, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SMAN 2 Negeri Katon. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(1), 127. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.1.127-136.2022
Asfani, K., & Sias, Quota Alief, Wahyono, I. D. (2012). Pengembangan dan Pelatihan Sistem Informasi Pemantau dan Pelaporan Perilaku Siswa MI-MTS Swasta Al-Huda Malang. Warta LPM, 434(2014), 138–142. https://doi.org/10.1016/j.agrformet.2007.11.012
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 88–93. https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/15550
Ely Satiyasih Rosali. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921
Faulinda Ely Nastiti, A. R. N. A. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Hadi, S. (2017). Prosiding TEP & PDs : Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan …, 97(1), 15. https://core.ac.uk/download/pdf/267023793.pdf
Hamalik. (2014). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Hamdan Husein Batubara, D. N. A. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/741/0
Laura Monica Gorghiu, Gabriel Gorghiu, Mihai Bîzoi, A. M. S. (2011). The electronic book - a modern instrument used in teachers’ training process. Procedia Computer Science, 3, 563–567. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050910004680
Made Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.
Maslifah, M., & Wahyuningsih, U. (2020). Penerapan Media Video Pembelajaran Kompetensi Dasar Membuat Pola Blus Sesuai Desain. E-Journal Universitas Negeri Surabaya, 09, 1–6.
Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nurseto, T. (2021). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.
Ramdania DR, Sutarno H, W. (2017). Penggunaan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–6.
Riyanto, Lukman, S. (2019). Pengembangan Framework Sistem Buku Tiga Dimensi untuk Diseminasi Informasi. Jurnal LIPI 1, 1(1), 1–13. https://ojs.unm.ac.id/JETCLC/article/view/26474
Saputra, K. B., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF dapat menimbulkan keinginan dan minat baru bagi siswa , menghasilkan dapat membuat siswa lebih dinamis dalam mengembangkan Filmora sebagai media pembelajaran adalah sah , dapat digunakan secara Aplikasi Wondersha. 251–267.
Shideqy D.A., L. (2020). Pemanfaatan Buku Elektronik untuk Pembelajarandi Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional.
Yuniawatika, Y., & Ibrahim Sani Ali Manggala. (2022). Peningkatan Keterampilan ICT melalui Pelatihan Pembuatan Kuis Online. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 327–336. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8382
Zulhelmi, Z. (2021). Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 217. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31209
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Senowarsito, Achmad Buchori, Raden Yusuf Sidiq Budiawan, Dina Prasetyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0