Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Metaverse Pembelajaran Bagi Guru Guru di SMP Negeri 1 Karangawen Demak

Authors

  • Achmad Buchori Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang https://orcid.org/0000-0003-4380-3594
  • Noviana Dini Rahmawati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.151

Keywords:

Pelatihan, Metaverse, Pembelajaran

Abstract

Latar Belakang: Perubahan teknologi, sosial, dan lingkungan sedang terjadi secara global membuat seorang pendidik atau guru perlu meningkatkan keterampilan dan kualitas agar dapat menyesuaikan diri serta memberikan edukasi efisien terhadap peserta didik. Tujuan: Melihat kurangnya beberapa kategori pendidikan di Indonesia membuat peran guru sangat penting untuk ditingkatkan. Permasalahan mitra adalah guru SMP Negeri 1 Karangawen Kabupaten Demak masih membutuhkan penyegaran dalam hal pembuatan media pembelajaran berbasis Metaverse. Media pembelajaran merupakan sarana yang sangat mendukung dalam penyampaian informasi kepada peserta didik guna mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Metode: Metode yang diterapkan dalam program pengabdian ini, yaitu metode presentasi, metode demonstrasi, dan metode praktik. Hasil: Hasil kegiatan dari pengabdian ini adalah peserta pelatihan berhasil memahami konsep dasar metaverse dan mampu mengaplikasikannya dalam desain pembelajaran interaktif. Kesimpulan: Guru-guru juga berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran virtual berbasis metaverse yang mendukung berbagai materi pelajaran, serta mengintegrasikan teknologi ini untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alinata, R. H., & Marsudi, M. (2024). Pemanfaatan Roblox sebagai Media Promosi Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep: Using Roblox As A Promotional Media Metaverse School SMP Negeri 3 Sumenep. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 57-70. DOI: https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1011

Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211-226.

Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I. DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.442

Buchori, A., Sulianto, J., & Osman, S. (2023). Interactive Learning Media With Augmented Reality (AR) Geogebra for Teaching Geometry in Elementary School. Profesi Pendidikan Dasar, 17-30. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v10i3.4469

Buchori, A., & Prasetyowati, D. (2020, March). Developing magic book math media based on augmented reality: Expert validity analysis. In 2nd International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2019) (pp. 194-199). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200318.038

Buchori, A., Ristanto, S., Setiawan, A., & Rahmawati, N. D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Terbarukan Bagi Guru-Guru SMAN 1 Singorojo Kendal. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 4(2), 108-117. DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v4i2.8471

Darmawan, D. (2019). Teknologi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139-147. DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587

Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615

Kamaruddin, S. A., & Nur, H. (2024). Pelatihan Kolaborasi Pendidik Di Era Society 5.0 Di SMA Negeri 10 Pangkep. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat Sawerigading, 3(2), 1-11.

Megawati, S. (2021). Pengembangan sistem teknologi internet of things yang perlu dikembangkan negara indonesia. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 5(1), 19-26. DOI: https://doi.org/10.26740/jieet.v5n1.p19-26

Nurlaili, E. I., Prakoso, A. F., Arif, A., Andriansyah, E. H., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., & Haq, A. S. (2023). Systematic Literature Review: The Contribution of Metaverse Contextual Economic Learning to Human Development in the Future. International Journal of Emerging Research and Review, 1(3), 000040-000040. DOI: https://doi.org/10.56707/ijoerar.v1i3.40

Oktaviana, D., Hopipiah, H., Muh, H. A., & Wahyuningsih, Y. (2022). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4282-4287.

Prayitno, S., Istifaroh, A. L., & Aprilia, L. R. (2024, November). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI ALTERNATIF DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI KELAS DENGAN TEKNOLOGI METAVERSE. In Prosiding Seminar SeNTIK (Vol. 8, No. 1, pp. 405-410).

Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan dampak penggunaan teknologi metaverse dalam pendidikan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 4(1), 48-57.

Sulistiani, H., Isnain, A. R., Rahmanto, Y., Saputra, V. H., Lovika, P., Febriansyah, R., & Chandra, A. (2023). Workshop Teknologi Metaverse Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 74-79.

Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., Aziz, A., & Ilhami, B. S. (2021). Strategi pendidik dengan media pembelajaran berbasis multimedia untuk menghadapi era society 5.0. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143-148. DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-21

How to Cite

Buchori, A., Sulianto, J., Prasetyowati, D., & Rahmawati, N. D. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Metaverse Pembelajaran Bagi Guru Guru di SMP Negeri 1 Karangawen Demak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 218–227. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.151