Pemanfaatan AI Dalam Pembuatan Modul Ajar Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Puardmi Damayanti Universitas Mulawarman https://orcid.org/0000-0001-9941-3486
  • Zeni Haryanto Universitas Mulawarman
  • Charlos Falentino Universitas Mulawarman
  • Saphira Devina Widya Putri Farida Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.173

Keywords:

Kecerdasan buatan, Modul ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Latar Belakang: Pemanfaatan teknologi menjadi krusial dalam mengatasi tantangan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya terkait keterbatasan waktu dan rendahnya literasi digital guru dalam menyusun modul ajar yang adaptif. Tujuan: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dalam pembuatan modul ajar dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Samarinda. Metode: Pendekatan Community Development digunakan melalui tahapan identifikasi kebutuhan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan secara daring dalam bentuk workshop. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dari 55 peserta aktif mengikuti pelatihan, namun hanya 26 peserta yang berhasil menghasilkan modul ajar mandiri berbasis AI. Hambatan utama adalah kurangnya literasi digital dan komunikasi peserta. Kesimpulan: Kegiatan ini membuktikan bahwa AI efektif digunakan untuk mendukung guru menyusun pembelajaran adaptif sesuai Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, perlu difokuskan pelatihan lanjutan dengan integrasinya dalam evaluasi pembelajaran dan penilaian berbasis proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alafnan, M. A., Dishari, S., Jovic, M., & Lomidze, K. (2023). ChatGPT as an Educational Tool: Opportunities, Challenges, and Recommendations for Communication, Business Writing, and Composition Courses. Journal of Artificial Intelligence and Technology, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.37965/jait.2023.0184 DOI: https://doi.org/10.37965/jait.2023.0184

Da’i, M., & Ramadhan, N. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan Menggunakan Artifical Intellegence (AI). COVIT(Community Service of Health) :Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 21–29. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/covit.v4i1.24964

Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381 DOI: https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173 DOI: https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: JurnalIlmiahPendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15 DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Khaidir, F., Amran, A., & Noor, I. A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education Vol.7, 7(2), 1–27. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v7i2.1944

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516 DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Lestari, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Tinjauan Kritis dari Perspektif Guru. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15582 DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15582

Merdekawaty, A., Suryani, E., & Nurhairunnisah. (2024). Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(2), 103–109. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3440 DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3440

Puspita, V., Marcelina, S., & Melindawati, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 235–240. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3402 DOI: https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3402

Putri, S. A., Damayanti, P., Nuryadin, A., & Sulaeman, N. F. (2024). Online Microteaching: Unveiling Female Pre-service Physics Teachers Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). KnE Social Sciences, 2024, 894–902. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16015 DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16015

Putri, S. A., Sulaeman, N. F., Damayanti, P., & Putra, P. D. A. (2021). Fostering TPACK in pre-service physics teachers during the covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012006 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012006

Rahmawati, A. Z., Haryanto, Z., & Sulaeman, N. F. (2021). Digital literacy of indonesian prospective physics teacher: Challenges beyond the pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012004 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012004

Reza, F., Rohmah, Z., & Abdullah, N. N. (2023). Challenges in Implementing Kurikulum Merdeka for EFL Teachers. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 10(2), 439–469. https://doi.org/10.30762/jeels.v10i2.1899 DOI: https://doi.org/10.30762/jeels.v10i2.1899

Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100 DOI: https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100

Setiyanti, A. (2022). Praktik Diskusi Sarasehan Dengan Pendekatan Community Development. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 5(1), 1. https://doi.org/10.24853/ma.5.1.1-15 DOI: https://doi.org/10.24853/ma.5.1.1-15

Tahir, M. A., & Syawal, S. (2024). Pengenalan Aplikasi Artificial Intelligence Dalam Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dan Implementasinya Bagi Guru SD Negeri 60 Paningcong. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNIPOL (Abdimas Unipol), 2(2), 37–40.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-08

How to Cite

Damayanti, P., Haryanto, Z., Falentino, C., & Farida, S. D. W. P. (2025). Pemanfaatan AI Dalam Pembuatan Modul Ajar Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 356–369. https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.173

Issue

Section

Articles