Pelatihan Penulisan Proposal dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru Bidang IPA

Authors

  • Natalia Rosa Keliat Universitas Kristen Satya Wacana
  • Pradita Putri Anggraini Universitas Kristen Satya Wacana
  • Nadia Patricia Tarigan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.100

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas , Perbaikan, Pembelajaran

Abstract

Urgensi pelaksanaan PTK bagi guru adalah mengembangkan ketercapaian pembangunan berkelanjutan melalui saran solusi praktis terhadap berbagai masalah kelas. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru ditemukan kesulitan guru dalam merancang, serta melaksanakan PTK, mengembangkan instrumen dalam PTK, sampai kesulitan dalam penyusunan laporan dan publikasi PTK. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membekali guru dengan pengetahuan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dalam PTK dan mendampingi guru dalam melaksanakan PTK sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran dan kesulitan-kesulitan siswa dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di SMA Negeri 1 Salatiga, dengan peserta adalah guru semua mata pelajaran. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan menggunakan metode presentasi, praktik singkat serta tanya jawab. Hasil PkM meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman kepada guru SMA Negeri 1 Salatiga tentang PTK serta memberikan pengetahuan tentang analisis hasil PTK dan penyusunan karya tulis ilmiah PTK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19

Anggraheni, M., Zuhri, M. S., & Sumarmiyati. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 253–264. https://doi.org/10.57094/ndrumi.v7i1.1477

Aulia, T., Titin, & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK, 4(2), 229–241. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Diana, R. F., Sufia, R., & Ixfina, F. D. (2021). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa New Normal. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 135–146. https://doi.org/10.24256/pijies.v4i2.2933

Ekawarna, E., Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 52–62. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13805

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahma, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.20

Gayatri, & Wirakusuma. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proporsal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), 1539–1554. https://doi.org/https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/issue/view/1855

Hastuti, S. P., Priyayi, D. F., Cahyaningrum, D. C., & Keliat, N. R. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru MGMP Biologi SMA Kabupaten Semarang. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04, 78–91. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/10079

Hopkins, D., Fawaid, A., & Qudsy, S. Z. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Jayanegara, S., Ismail, A., Nojeng, A., B, F. M., Rifqie, D. M., Akil, M., & Adiba, F. (2023). PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Kabupaten Sidrap. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 82–86. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.87

Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). In deepublisher (1st ed.). deepublish.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, T. P. P. (2017). Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Messikh, D. (2020). A Systematic Review of the Outcomes of Using Action Research in Education. Arab World English Journal, 11(1), 482–488. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol11no1.32

Mufidah, L. (2020). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Dalam Memperbaiki Praksis Pembelajaran. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 168–177. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1426

Nirmala, D., & Hendro, E. P. (2021). Petunjuk Praktis Perumusan Masalah Penelitian Kebahasaan Bagi Pemula. Harmoni, 5(2), 57. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/hm.5.2.52-57

Prasetiani, D. (2014). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Bahasa Jepang SMA/SMK se-Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 18(1), 13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/abdimas.v18i1.5720

Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 112–123. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.08

Purba, M., Syafitri, R., & Nurzanah, R. (2023). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 88–96. https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/

Santoso, E., Kania, N., Nurhikmayati, I., Gilar Jatisunda, M., & Suciawati, V. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Bentuk Pengembangan Profesionalisme Guru. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 504–509. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.832

Sukmawati, I., & Permadani, K. G. (2023). Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Biologi Sma di Kabupaten Magelang. Journal of Community Service in Public Education, 3(April), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/cspe.v3i1.260

Sutoyo, & Wartoyo. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Lanjut Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Sukoharjo. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 99. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3363

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-23

How to Cite

Keliat, N. R., Anggraini, P. P., & Tarigan, N. P. (2024). Pelatihan Penulisan Proposal dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru Bidang IPA. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 257–269. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.100

Issue

Section

Articles