Pelatihan Penulisan Proposal dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru Bidang IPA
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.100Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas , Perbaikan, PembelajaranAbstract
Urgensi pelaksanaan PTK bagi guru adalah mengembangkan ketercapaian pembangunan berkelanjutan melalui saran solusi praktis terhadap berbagai masalah kelas. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru ditemukan kesulitan guru dalam merancang, serta melaksanakan PTK, mengembangkan instrumen dalam PTK, sampai kesulitan dalam penyusunan laporan dan publikasi PTK. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membekali guru dengan pengetahuan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dalam PTK dan mendampingi guru dalam melaksanakan PTK sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran dan kesulitan-kesulitan siswa dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di SMA Negeri 1 Salatiga, dengan peserta adalah guru semua mata pelajaran. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan menggunakan metode presentasi, praktik singkat serta tanya jawab. Hasil PkM meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman kepada guru SMA Negeri 1 Salatiga tentang PTK serta memberikan pengetahuan tentang analisis hasil PTK dan penyusunan karya tulis ilmiah PTK.
Downloads
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19
Anggraheni, M., Zuhri, M. S., & Sumarmiyati. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 253–264. https://doi.org/10.57094/ndrumi.v7i1.1477
Aulia, T., Titin, & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK, 4(2), 229–241. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Diana, R. F., Sufia, R., & Ixfina, F. D. (2021). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa New Normal. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 135–146. https://doi.org/10.24256/pijies.v4i2.2933
Ekawarna, E., Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 52–62. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13805
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahma, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.20
Gayatri, & Wirakusuma. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proporsal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), 1539–1554. https://doi.org/https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/issue/view/1855
Hastuti, S. P., Priyayi, D. F., Cahyaningrum, D. C., & Keliat, N. R. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru MGMP Biologi SMA Kabupaten Semarang. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04, 78–91. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/10079
Hopkins, D., Fawaid, A., & Qudsy, S. Z. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Jayanegara, S., Ismail, A., Nojeng, A., B, F. M., Rifqie, D. M., Akil, M., & Adiba, F. (2023). PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Kabupaten Sidrap. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 82–86. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.87
Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). In deepublisher (1st ed.). deepublish.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, T. P. P. (2017). Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Messikh, D. (2020). A Systematic Review of the Outcomes of Using Action Research in Education. Arab World English Journal, 11(1), 482–488. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol11no1.32
Mufidah, L. (2020). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Dalam Memperbaiki Praksis Pembelajaran. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 168–177. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1426
Nirmala, D., & Hendro, E. P. (2021). Petunjuk Praktis Perumusan Masalah Penelitian Kebahasaan Bagi Pemula. Harmoni, 5(2), 57. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/hm.5.2.52-57
Prasetiani, D. (2014). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Bahasa Jepang SMA/SMK se-Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 18(1), 13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/abdimas.v18i1.5720
Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 112–123. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.08
Purba, M., Syafitri, R., & Nurzanah, R. (2023). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 88–96. https://jurnal.diklinko.id/index.php/raziq/
Santoso, E., Kania, N., Nurhikmayati, I., Gilar Jatisunda, M., & Suciawati, V. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Bentuk Pengembangan Profesionalisme Guru. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 504–509. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.832
Sukmawati, I., & Permadani, K. G. (2023). Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Biologi Sma di Kabupaten Magelang. Journal of Community Service in Public Education, 3(April), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/cspe.v3i1.260
Sutoyo, & Wartoyo. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Lanjut Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Sukoharjo. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 99. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3363
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Natalia Rosa Keliat, Pradita Putri Anggraini, Nadia Patricia Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0