Penguatan Generasi Cerdas Bermedia Sosial melalui Penguasaan Keterampilan Memirsa

Authors

  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang
  • Rawinda Fitrotul Mualafina Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang
  • Raden Yusuf Sidiq Budiawan Universitas PGRI Semarang https://orcid.org/0009-0005-2704-0752

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.117

Keywords:

Generasi Muda, Keterampilan Memirsa, Sosial Media, Generasi Cerdas

Abstract

Latar Belakang: Adiksi terhadap media sosial memunculkan berbagai dampak salah satunya ketidakwaspadaan pada informasi yang diperoleh. Hal itu disebabkan tidak semua informasi yang dibagikan berasal dari sumber yang kredibel. Tujuan: Untuk itu, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi generasi muda di SMK PGRI 03 Salatiga untuk cerdas dalam bermedia sosial melalui penguasaan keterampilan memirsa. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan dengan empat metode mencakup studi kasus, tanya jawab interaktif, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Hasil: Hasil pelaksanaan menunjukan bahwa peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan memirsa dalam aktivitas bermedia sosial. Melalui penguasaan keterampilan memirsa peserta mampu mengenali informasi yang diperoleh melalui media sosial. Hasil lain yang diperoleh ialah peserta lebih bijak dalam merespons informasi. Hal itu tampak pada respons atas postingan, peserta memberikan komentar dengan bahasa yang baik dan santun. Kesimpulan: Simpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah Melalui penguasaan keterampilan memirsa peserta mampu mengenali informasi yang diperoleh melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsawan, i W. E., Kariati, N. M., & Sukarta, I. W. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Community Development (Studi Eksploratorif di Kawasan Wisata Sangeh). Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 238–248.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.

Diavano, A., & Andalas, F. U. (2020). Peningkatan Aksesibilitas Informasi Melalui Inovasi Perpustakaan Digital Berbasis Aplikasi ( Studi di Aplikasi iSumbar Mambaco ) Increasing Information Accessibility through Application-Based Digital Library Innovations ( Study in the iSumbar Mambaco Appl. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 150–155. http://180.250.247.102/conference/index.php/knia/article/view/243

Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2020). Mengenal dan Mengantisipasi Hoax di Media Sosial pada Kalangan Pelajar. Jurnal Abdi MOESTOPO, 03(01), 9–12.

Handoko, W. (2013). Strategi Pengembangan Masyarakat (Comunity Development) melalui program pengembangan koperasi dan UMKM berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 1(2), 246–256.

Ibrahim, M. R., Cangara, H., & Yunus Amar, M. (2020). Aksesibilitas Informasi Global di Kalangan Masyarakat pada 2 Desa di Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu (Studi tentang Penggunaan Media Online di Daerah Pedesaan). Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 282–291.

Jannah, S. N. F., & Rosyiidiani, T. S. (2022). Gejala Fear of Missing Out dan Adiksi Media Sosial Remaja Putri di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 3(1), 1–14.

Kurniadi, F. (2022). Analisis Penyebaran Hoaks Di Kalangan Remaja. Research and Development Journal of Education, 8(2), 718. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12742

Mulyadi, Y., & Wikanengsih, W. (2022). Implementasi Keterampilan Berbahasa Memirsa Dalam Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototipe Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Pada Program Sekolah Penggerak. Semantik, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p47-60

Na, L. (2020). Pengembangan Masyarakat Sebagai Konsep Dakwah. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 2(02), 21–44. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.49

Nadzirah, S., Fitriani, W., & Yeni, P. (2022). DAMPAK SINDROM FoMO TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 54–69. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v10i1.3350

Rozan, Z. R., & Dewi, A. O. P. (2022). Penggunaan Internet sebagai Sumber Informasi pada Generasi Baby boomer berdasarkan Kemampuan Literasi Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(1), 23–42. https://doi.org/10.14710/anuva.6.1.23-42

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Sobandi, A. (2019). Internet Sebagai Media Informasi Pendidikan. Jurnal MANAJERIAL, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.17509/manajerial.v3i1.16490

Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1209

Taswiyah, T. (2022). Mengantisipasi Gejala Fear of Missing Out (fomo) Terhadap Dampak Sosial Global 4.0 dan 5.0 Melalui Subjective Weel-Being dan Joy of Missing Out (JoMO). Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 8(1), 103–119.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-09

How to Cite

Ulfiyani, S., Mualafina, R. F., Mukhlis, M., & Budiawan, R. Y. S. (2024). Penguatan Generasi Cerdas Bermedia Sosial melalui Penguasaan Keterampilan Memirsa. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.117