Edukasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Kili Astarani STIKES RS Baptis Kediri https://orcid.org/0000-0002-5633-8612
  • Dian Taviyanda STIKES RS Baptis Kediri
  • Amelia Tabita STIKES RS Baptis Kediri
  • Ananda Crisstella STIKES RS Baptis Kediri
  • Andrian Kurnianto STIKES RS Baptis Kediri
  • Chaterina Zeofanny STIKES RS Baptis Kediri
  • Cut Nasya Obillia STIKES RS Baptis Kediri
  • Dessy Agusta STIKES RS Baptis Kediri
  • Devantyas Mey Pawestri STIKES RS Baptis Kediri
  • Dyah Ayu Puspitasari STIKES RS Baptis Kediri
  • Dyah Ayu Roro Anteng STIKES RS Baptis Kediri
  • Eunike Dwi Retno STIKES RS Baptis Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85

Keywords:

Edukasi Kesehatan, Penggunaan Gadget, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan gadget memiliki efek terhadap perkembangan emosional anak. Perhatian dan konsentrasi anak akan berkurang, serta merasa bosan dengan teman-temannya. Penggunaan gadget oleh siswa kelas 3 SD Negeri Bangsal 3 lebih dari 1 jam sehari. Pengabdian dilakukan mulai pengurusan ijin, pembuatan proposal tentang dampak penggunaan gadget di SD Negeri Bangsal 3, pemberian edukasi, serta evaluasi. Metode yang digunakan yaitu dengan ceramah menggunakan media powerpoint serta video animasi dalam upaya mengurangi penggunaan gadget sebagai upaya pencegahan penurunan perkembangan emosional pada anak. Pada saat edukasi, peserta dan tim pengabdi melakukan tanya jawab secara langsung mengenai materi yang telah disampaikan. Setelah diberikan edukasi, siswa mampu menjawab pertanyaan terkait pengetahuan tentang dampak penggunaan gadget baik lisan maupun tertulis, yaitu sebesar 88%. Pemberian edukasi dengan media powerpoint dan video dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas 3 di SD Negeri Bangsal 3 Kota Kediri tentang dampak penggunaan gadget.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajilaksana, B., Josi, A., Andrianto, S., Manufaktur Negeri Bangka Belitung, P., & Rekayasa Perangkat Lunak, T. (2023). Implementasi Metode Inkuiri dalam Game Edukasi Penalaran Siswa Kelas SD Berbasis Android. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V1I2.165

Ardiansyah, F., Sari Wardani, A., & Sucipto, S. (2023). Rancang Bangun Company Profile Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak Berbasis Website. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 1(2), 124–136. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V1I2.176

Astarani, K., & Richard, S. D. (2020). Bibliotherapy Strategy: Experimental Study To Reduce Hospitalization Stress In Pre-School Children. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 917–925. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.412

Boiliu, F. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 1(1), 25–38. https://doi.org/10.53547/realdidache.v1i1.73

Damayanti, E., Ahmad, A., & Nurhasanah, N. (2021). Meningkatkan Kesadaran Pengasuhan Anak di Era Digital Melalui Ceramah Berbasis Multimedia. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 36–59. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.36-59

Febriani, S. (2019). Video Tutorial Dapat Meningkatkan Keterampilan. Journal of Multidicsiplinary Research and Devolepment, 991–997.

Febrinita, F., Puspitasari, W. D., & Artikel, G. (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi dalam Pendampingan Belajar Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.55506/ARCH.V2I1.48

Harmain, H. A., Posangi, S. S., & Datunsolang, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 20–35. https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.559

Hidayati, R. (2020). Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396

Imron, R. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan emosional. Jurnal Keperawatan, XIII(2), 148–154.

Induniasih, & Ratna, W. (2017). Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan (Cetakan I). Yogyakarta; Pustaka Baru Press.

Iswara, P. D. (2020). Kumpulan metode pembelajaran/ pendampingan. 126.

Iswidharmanjaya, D., & Agency, B. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. EGC.

Kemdikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud, 2019, 1–58.

Kuss, D. J. (2013). Internet gaming addiction: Current perspectives. Psychology Research and Behavior Management, 6, 125–137. https://doi.org/10.2147/PRBM.S39476

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47.

Astarani, K., Yentus, A., Regita, A., Henny, C., Nelli, D., Irawanda, D., Sanjaya, D. A., Dwiseptyani, E., & Anggara, F. (2023). Upaya Peningkatan Ketrampilan Gosok Gigi Pada Anak di SD YBPK Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 139–149. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.198

Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y., Aprilia, H., & Candra, G. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84

Ramadhan, A. S. (2021). Pengembangan Aplikasi Monitoring Status Gizi Remaja (Montuza) Berbasis Smartphone Pada Siswa Menengah Atas. Journal Education and Development, 9(3), 301–305.

Salbiah, S., Amelia, R., & Pangestu, R. A. (2023). Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6579

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Sholeh, M., Rachmawati, Rr. Y., & Andayati, D. (2022). Edukasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Dan Media Internet Yang Berlebihan Bagi Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 69–77. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.670

Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Wulandari, S., Reski, S. M., Nasution, Y. A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-29

How to Cite

Astarani, K., Taviyanda, D., Tabita, A., Crisstella, A., Kurnianto, A., Zeofanny, C., Obillia, C. N., Agusta, D., Pawestri, D. M., Puspitasari, D. A., Anteng, D. A. R., & Retno, E. D. (2023). Edukasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 116-126. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85