Peningkatan Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Hasta Karya dari Sapu Tangan

Authors

  • Kili Astarani STIKES RS Baptis Kediri
  • Amelia Tabita STIKES RS Baptis Kediri
  • Chaterina Zeofanny STIKES RS Baptis Kediri
  • Devantyas Mey Pawestri STIKES RS Baptis Kediri
  • Dyah Ayu Puspitasari STIKES RS Baptis Kediri
  • Eunike Dwi Retno STIKES RS Baptis Kediri
  • Gideon Fidel STIKES RS Baptis Kediri
  • Imanuel Dwi Agung STIKES RS Baptis Kediri
  • Mariska Candrawati STIKES RS Baptis Kediri
  • Novinda Cicillia STIKES RS Baptis Kediri
  • Trivena Putri STIKES RS Baptis Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.99

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Kreativitas, Sapu Tangan

Abstract

Kreatifitas anak berkebutuhan khusus dapat dilatih melalui hasta karya dari sapu tangan. Pengembangan kreativitas anak di SLB Putera Asih Kediri belum dilakukan dengan maksimal. Tujuan Pengabdian ini adalah melakukan pendampingan kepada anak berkebutuhan khusu sehingga mereka memiliki kemampuan anak untuk berfikir dan berkreasi dalam membuat kreativitas serta melatih koordinasi tangan dan mata anak, sehingga perkembangan motorik halus anak dapat lebih berkembang. Metode yang dilakukan adalah dengan pendampingan pembuatan hasta karya dari sapu tangan. Hasil dari Pengabdian, setelah dilakukan tutorial 1 kali didapatkan anak kurang kratif, dalam kemandirian perlu bantuan sepenuhnya dan kurang terampil yaitu sebanyak 100%, setelah diberikan 3 kali tutorial terdapat peningkatan kreativitas sebanyak 25%, kemandirian meningkat sebanyak 32% dan ketrampilan meningkat 46%. Pemberian tutorial sebanyak tiga kali terbukti dapat meningkatkan kreativitas, kemandirian dan ketrampilan siswa/I di SLB Putera Asih Kota Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astarani, K., Taviyanda, D., Tabita, A., Crisstella, A., Kurnianto, A., Zeofanny, C., Obillia, C. N., Agusta, D., Pawestri, D. M., Puspitasari, D. A., Anteng, D. A. R., & Retno, E. D. (2023). Edukasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 116–126. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85

Diahwati, R., & Hanurawan, F. (2016). KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Jurnal Pendidikan:Teori,Penelitian,Dan Pengembangan, 1(8), 1612–1620. https://media.neliti.com/media/publications/210346-keterampilan-sosial-siswa-berkebutuhan-k.pdf

Diana, I. N., Khusna, S. L., & Puspitasari, E. (2024). ANALISIS PERMAINAN SAPU TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. 4(1), 41–53.

Dinie, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. 160.

Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Wijanarko, B. (2021). Meningkatkan Profesionalisme Guru Slb Melalui Pendampingan Permainan Adaptif Keterampilan Gerak Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 28. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21452

Insani, L. P. Z., Nurhasanah, Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2023). Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2815

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Lameky, V. Y., Lilipory, M., & Halalohun, C. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Anak Dengan Retardasi Mental Di Maluku Tengah. Molucca Medica, 15(2), 147–153. https://doi.org/10.30598/molmed.2022.v15.i2.147

Mardi Fitri, Dara Gebrina Rezieka, K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424

Mariati, P., Nafiah, N., Hartatik, S., & Rulyansah, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penciptaan Lagu Anak Tematik Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Indonesia Berdaya, 3(3), 403–408. https://doi.org/10.47679/ib.2022235

Muqtadiroh, F. A., Sirajuddin, A., Herdiyanti, A., Sani, N. A., Suryotrisongko, H., & Ghozali, K. (2018). SAKTI (Sanggar Anak Kreatif dan Teknologi Inklusif) Wadah Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Art Theraphy dan Computer Technology. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 1–6.

Padila, P., & Andri, J. (2023). Apakah Bermain Lego dan Finger Painting Efektif Mengukur Perkembangan Motorik Halus anak Berkebutuhan Khusus? Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 1808–1816. https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.5852

Padila, P., J, H., Andrianto, M. B., Sartika, A., & Ningrum, D. S. (2021). Pengalaman Orangtua dalam Merawat Anak Retardasi Mental. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2163

Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Intervention of Numbers Puzzle Against Short Memory Mental Retardated Children. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.31539/josing.v1i2.2332

Safrudin, A. (2014). PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Pendidikan, II(2), 182–204. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Saputra, A. E., & Priyanto, S. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi Dan Media Film Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalampembelajaran Dan Prestasi Belajar Sistem Rem. Taman Vokasi, 4(2), 151. https://doi.org/10.30738/jtvok.v4i2.499

Saswati, N., Harkomah, I., & Habibah, H. (2023). Family Support and Motivation Relationship with Care for Children with Mental Disable. Proceeding International Conference Health Polytechnic of Jambi, 1, 36–42. https://doi.org/10.35910/icohpj.v1i0.637

Sefriyanti, & Zarkasih, P. K. (2022). Analisis Hambatan Perkembangan Motorik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62–72. https://preschool.iain-jember.ac.id/index.php/preschool/article/view/34

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Andayati, D. (2022). Edukasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Dan Media Internet Yang Berlebihan Bagi Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 69–77. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.670

Suhaya, A. P. (2020). Musik Angklung Sebagai Media Terapi Motorik Dan Kognitif Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Skh 02 Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 554–561.

Supriyatna, T., & Suwarni. (2017). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Pemantauan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Abdi Pratama. Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 5, No(2), 304–312.

Susanto, S. I., & Wijaya, F. J. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Setelah Latihan Gymnastics. Jurnal Prestasi Olahraga, 107–113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/39593

Tutpai Getrudis, et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Bekebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Bhakti Luhur Banjarmasin. 3(July), 1–23.

Wahyuningtyas Nunuk, A. A. D. (2016). PROGRAM IPTEKS BAGI MASYARAKAT ( I b M ) I b M KELOMPOK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM BERKREASI DAN BEREKSPRESI PADA MEDIA.

Wani, E., Universitas, K., & Tamansiswa, S. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak-anak Panti Asuhan melalui Pelatihan Pembuatan Selampai Jumputan Teknik Ikat Abstrak Pendahuluan. November, 98–105.

Wardhani, P. I., Urrochman, A. A., Alimah, A. N., Fatmawati, I., Rifngatin, I., Dewi, N. B. S., Wibisono, R. H., Andriani, R., & Pratiwi, S. (2020). Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10773

Yatmiko. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Primary Education, 4(2), 77–84.

Yudha Pradana, M. D., Septi Sistiasih, V., & Jariono, G. (2022). Analisis Kemampuan Motorik Halus Anak Berkebutuhan Khusus di TK. Jurnal Porkes, 5(2), 562–570. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6640

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-21

How to Cite

Astarani, K., Tabita, A., Zeofanny, C., Pawestri, D. M., Puspitasari, D. A., Retno, E. D., Fidel, G., Agung, I. D., Candrawati, M., Cicillia, N., & Putri, T. (2024). Peningkatan Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Hasta Karya dari Sapu Tangan. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 247–256. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.99

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)