Peningkatan Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Hasta Karya dari Sapu Tangan
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.99Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Kreativitas, Sapu TanganAbstract
Kreatifitas anak berkebutuhan khusus dapat dilatih melalui hasta karya dari sapu tangan. Pengembangan kreativitas anak di SLB Putera Asih Kediri belum dilakukan dengan maksimal. Tujuan Pengabdian ini adalah melakukan pendampingan kepada anak berkebutuhan khusu sehingga mereka memiliki kemampuan anak untuk berfikir dan berkreasi dalam membuat kreativitas serta melatih koordinasi tangan dan mata anak, sehingga perkembangan motorik halus anak dapat lebih berkembang. Metode yang dilakukan adalah dengan pendampingan pembuatan hasta karya dari sapu tangan. Hasil dari Pengabdian, setelah dilakukan tutorial 1 kali didapatkan anak kurang kratif, dalam kemandirian perlu bantuan sepenuhnya dan kurang terampil yaitu sebanyak 100%, setelah diberikan 3 kali tutorial terdapat peningkatan kreativitas sebanyak 25%, kemandirian meningkat sebanyak 32% dan ketrampilan meningkat 46%. Pemberian tutorial sebanyak tiga kali terbukti dapat meningkatkan kreativitas, kemandirian dan ketrampilan siswa/I di SLB Putera Asih Kota Kediri.
Downloads
References
Astarani, K., Taviyanda, D., Tabita, A., Crisstella, A., Kurnianto, A., Zeofanny, C., Obillia, C. N., Agusta, D., Pawestri, D. M., Puspitasari, D. A., Anteng, D. A. R., & Retno, E. D. (2023). Edukasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 116–126. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85
Diahwati, R., & Hanurawan, F. (2016). KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Jurnal Pendidikan:Teori,Penelitian,Dan Pengembangan, 1(8), 1612–1620. https://media.neliti.com/media/publications/210346-keterampilan-sosial-siswa-berkebutuhan-k.pdf
Diana, I. N., Khusna, S. L., & Puspitasari, E. (2024). ANALISIS PERMAINAN SAPU TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. 4(1), 41–53.
Dinie, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. 160.
Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Wijanarko, B. (2021). Meningkatkan Profesionalisme Guru Slb Melalui Pendampingan Permainan Adaptif Keterampilan Gerak Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 28. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21452
Insani, L. P. Z., Nurhasanah, Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2023). Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2815
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Lameky, V. Y., Lilipory, M., & Halalohun, C. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Anak Dengan Retardasi Mental Di Maluku Tengah. Molucca Medica, 15(2), 147–153. https://doi.org/10.30598/molmed.2022.v15.i2.147
Mardi Fitri, Dara Gebrina Rezieka, K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424
Mariati, P., Nafiah, N., Hartatik, S., & Rulyansah, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penciptaan Lagu Anak Tematik Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Indonesia Berdaya, 3(3), 403–408. https://doi.org/10.47679/ib.2022235
Muqtadiroh, F. A., Sirajuddin, A., Herdiyanti, A., Sani, N. A., Suryotrisongko, H., & Ghozali, K. (2018). SAKTI (Sanggar Anak Kreatif dan Teknologi Inklusif) Wadah Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Art Theraphy dan Computer Technology. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 1–6.
Padila, P., & Andri, J. (2023). Apakah Bermain Lego dan Finger Painting Efektif Mengukur Perkembangan Motorik Halus anak Berkebutuhan Khusus? Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 1808–1816. https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.5852
Padila, P., J, H., Andrianto, M. B., Sartika, A., & Ningrum, D. S. (2021). Pengalaman Orangtua dalam Merawat Anak Retardasi Mental. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2163
Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Intervention of Numbers Puzzle Against Short Memory Mental Retardated Children. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.31539/josing.v1i2.2332
Safrudin, A. (2014). PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Pendidikan, II(2), 182–204. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311
Saputra, A. E., & Priyanto, S. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi Dan Media Film Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalampembelajaran Dan Prestasi Belajar Sistem Rem. Taman Vokasi, 4(2), 151. https://doi.org/10.30738/jtvok.v4i2.499
Saswati, N., Harkomah, I., & Habibah, H. (2023). Family Support and Motivation Relationship with Care for Children with Mental Disable. Proceeding International Conference Health Polytechnic of Jambi, 1, 36–42. https://doi.org/10.35910/icohpj.v1i0.637
Sefriyanti, & Zarkasih, P. K. (2022). Analisis Hambatan Perkembangan Motorik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62–72. https://preschool.iain-jember.ac.id/index.php/preschool/article/view/34
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Andayati, D. (2022). Edukasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Dan Media Internet Yang Berlebihan Bagi Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 69–77. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.670
Suhaya, A. P. (2020). Musik Angklung Sebagai Media Terapi Motorik Dan Kognitif Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Skh 02 Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 554–561.
Supriyatna, T., & Suwarni. (2017). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Pemantauan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Abdi Pratama. Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 5, No(2), 304–312.
Susanto, S. I., & Wijaya, F. J. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Setelah Latihan Gymnastics. Jurnal Prestasi Olahraga, 107–113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/39593
Tutpai Getrudis, et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Bekebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Bhakti Luhur Banjarmasin. 3(July), 1–23.
Wahyuningtyas Nunuk, A. A. D. (2016). PROGRAM IPTEKS BAGI MASYARAKAT ( I b M ) I b M KELOMPOK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM BERKREASI DAN BEREKSPRESI PADA MEDIA.
Wani, E., Universitas, K., & Tamansiswa, S. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak-anak Panti Asuhan melalui Pelatihan Pembuatan Selampai Jumputan Teknik Ikat Abstrak Pendahuluan. November, 98–105.
Wardhani, P. I., Urrochman, A. A., Alimah, A. N., Fatmawati, I., Rifngatin, I., Dewi, N. B. S., Wibisono, R. H., Andriani, R., & Pratiwi, S. (2020). Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10773
Yatmiko. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Primary Education, 4(2), 77–84.
Yudha Pradana, M. D., Septi Sistiasih, V., & Jariono, G. (2022). Analisis Kemampuan Motorik Halus Anak Berkebutuhan Khusus di TK. Jurnal Porkes, 5(2), 562–570. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6640
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kili Astarani, Amelia Tabita, Chaterina Zeofanny, Devantyas Mey Pawestri, Dyah Ayu Puspitasari, Eunike Dwi Retno, Gideon Fidel, Imanuel Dwi Agung, Mariska Candrawati, Novinda Cicillia, Trivena Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0