Sosialisasi dan Pelatihan Instrumen Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Kepada Mahasiswa PJKR UKAW
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.205Keywords:
Sosialisasi, Pelatihan, Tes Kebugaran SiswaAbstract
Latar Belakang: Kebugaran jasmani anak Indonesia perlu disosialiasasikan dan dilakukan kepada siswa sejak usia dini. Tujuan: mensosialisasikan dan pelatihan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) kepada mahasiswa PJKR. Metode: menggunakan pendekatan sosialisasi dan pelatihan melalui ceramah dan demonstrasi untuk tahapan TKSI. Hasil: Kegiatan sosialisasi TKSI kepada mahasiswa untuk mengetahui tahapan pelaksanaan setiap item tes pada face A, B dan C. Kegiatan pelatihan, mahasiswa mendemonstrasikan TKSI face A meliputi tes kelentukanku, tes berdiri satu kaki, tes lambung tangkap, tes lari-bolak balik dan tes jalan lari. Face B yaitu v sit and reach test, half up test, hand eye coordination test, t-test dan around the world test. Fase C meliputi child ball test, tok tok ball test, move the ball test, shuttle run test dan run test. Kesimpulan: komponen kebugaran jasmani pada TKSI face A, B dan C meliputi kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, akurasi, kekuatan, kelincahan dan daya tahan.
Downloads
References
Aprilo, I., Arfanda, P. E., Mappompo, M. A., Zainuddin, M. S., & Nurulita, R. F. (2023). Socialization of Phase C Indonesian Student Fitness Test (Tes Kebugaran Siswa Indonesia/TKSI). J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6), 1317–1322. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i6.6852 DOI: https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i6.6852
Aziza, N. S., Edwarsyah, Firdaus, K., & Sepriadi. (2024). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal JPDO, 7(12), 27141–27148. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1048 DOI: https://doi.org/10.24036/JPDO.7.5.2024.119
Habibie, M., Fitrianto, A. T., & Apriani, H. (2024). SOSIALISASI TES KEBUGARAN SISWA INDONESIA (TKSI) di MGMP PJOK SMA KOTA BANJARBARU. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1339–1343. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.161 DOI: https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.161
Hasibuan, D. (2022). Penggunaan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Hibrul Ulama : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.166 DOI: https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.166
Islam, R. W. H., Puspita, L., Kuncahyo, M. M., Hidayah, & Sutirta, H. (2024). Sosialisasi Literasi Tingkat Kebugaran Jasmani Anak Indonesia. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(3), 155–160. https://doi.org/10.26858/iptek.v3i3.65998
Lediana, Dhea, N., & Panamuan, F. B. (2024). Pengaruh Metode Ceramah , Diskusi Dan Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Peserta Didik. Jurnal BIMA: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1073 DOI: https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1073
Lubis, J., Wardoyo, H., Lubis, R. A., Handayani, P. D., Ningsih, L. F., & Sihombing, L. G. (2025). Pelatihan Tes Kebugaran Siswa Indonesia ( TKSI ) bagi guru-guru PJOK di Desa Bulak Jatibarang Baru Kabupaten Indramayu. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.17977/um075v5i12025p15-22
Mae, R. M., Palinata, Y. J., Baun, A., & Leko, J. J. (2024). Model Tes Kebugaran Pelajar Nusantara ( TKPN ) Bagi Siswa SMP Kristen 2 Mollo Utara. Jurnal Media Informatika (JUMIN), 6(2), 484–491. https://doi.org/https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jumin/article/view/4683
Muliadi, & Jauhar, S. (2022). PKM Pelatihan Pengukuran Kesegaran Jasmani Siswa SD Bagi Guru- Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Cina Kabupaten Bone. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.26858/iptek.v2i1.38151
Novero, F., Prabowo, A., & Nopiyanto, Y. E. (2022). Tingkat kebugaran jasmani siswa ditinjau dari kebiasaan berolahraga dimasa pandemi covid-19 di SMKN 3 kabupaten lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 107–119. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.18680 DOI: https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.18680
Pradana, K. A., Kurniawan, A. W., Winarno, M. E., & Kurniawan, R. (2023). Jurnal Kepelatihan Olahraga Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa di Sekolah Dasar Negeri Padangan 1. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v15i1.56191 DOI: https://doi.org/10.17509/jko-upi.v15i1.56191
Risaldi, M. Y. D., Herpandika, R. P., & Pratama, B. A. (2023). Penerapan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Di SDN Siwalan 1 Kabupaten Nganjuk. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 224–232. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.358 DOI: https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.358
Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical and Outdoor Education (JPOE), 2(1), 117–126. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31 DOI: https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31
Sofiya, A. R., Wahyuri, A. S., Antoni, D., Olahraga, P., Keolahragaan, F. I., Padang, U. N., & Kunci, K. (2025). Studi Tentang Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 27 Anak Air Kota Padang. Jurnal JPDO, 8(10), 3032–3041. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.10.2025.3
Tambunan, C. B. S., Sukendro, & Prabowo, B. Y. (2024). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP N 1 Betara Tanjung Jabung Barat. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 06(01), 42–53. https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i1.28143 DOI: https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i1.28143
Tumangger, M., Lubis, B., Manihuruk, D. P., Situmeang, R., Tampubolon, H. M., & Ginting, W. H. (2024). Uji Validitas Dan Reliabilitas Tes Kebugaran Siswa Indonesia pada Siswa Kelas XI SMAN 13 Medan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 303–311. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2240
Yudatama, G. (2021). Pengaruh Senam Bugar Muhammadiyah Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sd Negeri Bunut Kota Sukabumi Tahun 2021. Utile: Jurnal Kependidikan, 7(2), 68–74. https://doi.org/10.37150/jut.v7i2.1259 DOI: https://doi.org/10.37150/jut.v7i2.1259
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alventur Baun, Julian Jeminel Leko, Fredik Edison Nope, Yahya Jecson Palinata, Ramona Mathias Mae, Pnatmo Welhelmina Masi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0