Sosialisasi Literasi Numerasi Fundamental Motor Skill bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.87Keywords:
Literasi, Numerasi, Fundamental, Motor, SkillAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada siswa sekolah menengah pertama di Lamongan mengenai kurikulum baru dan literasi dan numerasi fundamental motor skill anak. Dosen terlibat dalam kegiatan di luar kampus ini pada tanggal 15 November 2023, melaksanakan sesi tatap muka di ruang Audio Visual Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lamongan. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah melalui survey, menyiapkan bahan dan media yang digunakan dalam sosialisasi. Sosialisasi, dan pendampingan. Evaluasi dilakukan secara kualitatif berdasarkan respon guru terhadap pelaksanaan kegiatan yang diungkap dalam kuesioner yang dibagikan kepada guru-guru. Keberhasilan kegiatan diukur dari peningkatan pemahaman siswa tentang kurikulum prototipe dan literasi dan numerasi fundamental motor skill, dengan target skor minimal 70. Hasil pre-test menunjukkan rerata pengetahuan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lamongan sebesar 48. Setelah mendapatkan materi dari tim dosen di luar kampus, terjadi peningkatan rerata menjadi 82.
Downloads
References
Adi Suriatno dan Rusdiana Yusuf. (2020). MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR. JOURNAL SPORT SCIENCE, HEALTH AND TOURISM OF MANDALIKA (JONTAK) e-ISSN 2722-3116, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.36312/jontak.v1i2.233
Amidjaja, A., Kurniasari, A. F., & Ekawati, N. I. (2021). Buku Panduan Peserta didik: Belajar dan Bermain Berbasis Buku. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Bakhtiar, S., Johor, Z., Oktarifaldi, O., & Putri, L. P. (2019). Implementation of Learning and Fundamental Motor Skill Measurement of Early Childhood Motor Skill for PAUD Teachers in Padang Panjang City. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–47. https://doi.org/10.24036/jha.0101.2019.04
Dapp, L. C., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2021). Physical activity and motor skills in children: A differentiated approach. Psychology of Sport and Exercise, 54, 101916. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101916
Gísladóttir, T., Haga, M., & Sigmundsson, H. (2019). Motor Competence in Adolescents: Exploring Association with Physical Fitness. Sports, 7(7), 176. https://doi.org/10.3390/sports7070176
Haripamyu, H., Alfiany, N., Putri, A. R., Bahri, S., & Helmi, M. R. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Swasta Islam Terpadu Karakter Anak Shalih Kota Padang. Jurnal Warta Pengabdian Andalas, 30(1), 116–123. https://doi.org/10.25077/jwa.30.1.116-123.2023
Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
LANDER, N., MORGAN, P. J., SALMON, J., & BARNETT, L. M. (2017). Improving Early Adolescent Girls’ Motor Skill. Medicine & Science in Sports & Exercise, 49(12), 2498–2505. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000001382
Luqmanul Hakim, Mulyono, I Gede Dharma Utamayasa, Eka Kurnia Darisman, & Brahmana Rangga P. (2022). PENDEKATAN PEMBELAJARAN PJOK MELALUI MATIKA RAGA (MATEMATIKA OLAHRAGA) UNTUK NUMERASI SISWA. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 211–217. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2189
Muharram, nur ahmad, & Lusianti, S. (2017). PENGEMBANGAN TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNARUNGU KATEGORI RINGAN DI SLB B KOTA KEDIRI TAHUN 2017. Peran Konseling Dalam Meningkatkan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045, 57–69. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Muharram, N. A. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN JASMANI DIMASA PANDEMI COVID 19. In Bunga Rampai.
Otero, R., Irene., Perez. R., & Miguel, L. (2018). ADOLESCENCE, MOTOR COORDINATION PROBLEMS AND COMPETENCE.
Praptawati, D., Permatasari, R., & Murtiningrum, A. (2023). Pendampingan Kegiatan Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Desa Bogares Lor Kecamatan Pangkah-Tegal. Indonesian Journal of Community Services, 5(1), 45. https://doi.org/10.30659/ijocs.5.1.45-52
Pratama, B. A., Sucipto, S., & Hanief, Y. N. (2022). Improving learning in physical education: Augmented reality mobile app-based for fundamental motor skill. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(2), 314–326.
Pratama, D. N., & Nurrochmah, S. (2022). Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(9), 430–439. https://doi.org/10.17977/um062v2i92020p430-439
Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sari, E. F. N., Siregar, N. M., Sukiri, S., Susanti, D., & Umar, F. (2023). Sosialisasi Aplikasi Android sebagai Materi Ajar Gerak Dasar Lokomotor bagi Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 14. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6613
Sucipto, S., Rahmayantis, M. D., Pramesti, Y. S., Sahari, S., Jatmiko, J., ..., Ramadhani, R. A., Mukmin, B. A., & Fauji, D. A. S. (2022). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Workshop Series Literasi Ilmiah Pada Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 128–138. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V2I2.99
Sulistyani, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Peserta didik: Proyek Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan numerasi dan STEAM untuk Satuan PAUD.
Tapo, Y. B. O., Bile, R. L., & Nenot, A. N. (2021). Pengembangan Model Latihan Spat-Desain Materi Bola Voli Dalam Pembelajaran PJOK pada Jenjang SMP. JURNAL PENJAKORA, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30738
Utami, E. L., Mulyadiprana, A., & Saputra, E. R. (2023). Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 302–312. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2550
Wijaya, M. A., & Kanca, I. N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6
Zulfikar, M., Hasmyati, H., Anwar, N. I. A., Mappanyukki, A. A., & Haeril, H. (2023). PKM Sosialisasi Pembelajaran Keterampilan Gerak Dasar untuk Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 4(2), 129–134. https://doi.org/10.26877/jpom.v4i2.17457
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Ahmad Muharram, Budiman Agung Pratama, Weda, Reo Prasetiyo Herpandika, M. Akbar Husein Allsabah, Wing Prasetya Kurniawan, Rendhitya Prima Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0