Sosialisasi Tes of Gross Motor Development-2 di Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Kedungpring Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.90Keywords:
Motorik, TGMD-2, Aktivitas Fisik, Koordinasi, Keterampilan GerakAbstract
Tes TGMD-2 merupakan salah satu tes pengembangan motorik yang dikembangkan oleh Ulirch pada tahun 1985. Kemampuan motorik memegang peranan penting setiap aktivitas supaya dapat melakukan aktivitas dengan baik. Dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan pendidikan masyarakat berupa sosialisasi tatap muka dan menggunakan pelatihan yang dilakukan dengan memperkenalkan berbagai jenis tes. Pelatihan yang dilakukan dengan memperkenalkan berbagai jenis tes. Sasaran utama program ini adalah anak-anak rentan berusia 3-10 tahun atau anak-anak rentan saat ini duduk di bangku sekolah dasar yang berdomisili di sekolah dasar kedungpring-lamongan. Tujuan Program khusus adalah memberikan pemahaman dan pelatihan kepada anak tentang berbagai jenis gerak motorik, dan cara melatih perkembangan motorik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif, meningkatkan pengetahuan guru terkait olahraga, dan menyoroti urgensi pemahaman perkembangan motorik pada siswa.
Downloads
References
Adi Suriatno dan Rusdiana Yusuf. (2020). MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR. JOURNAL SPORT SCIENCE, HEALTH AND TOURISM OF MANDALIKA (JONTAK) e-ISSN 2722-3116, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.36312/jontak.v1i2.233
FAJAR, M. (2017). Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664
Hidayat, I. (2018). Biomekanika: Pendekatan Sistem Pembelajaran Gerak. Bandung: Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Madrigal, L. (2020). The Development of a Behavior Checklist for Mentally Tough Behaviors in Volleyball. The Sport Psychologist, 34(3), 177–186.
Mitayani, Y., T, N. R., & Nursetiawati, S. (2015). HUBUNGAN STIMULASI IBU DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN (TODDLER). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 2(1), 59–67. https://doi.org/10.21009/JKKP.021.09
Muharram, nur ahmad, & Lusianti, S. (2017). PENGEMBANGAN TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNARUNGU KATEGORI RINGAN DI SLB B KOTA KEDIRI TAHUN 2017. Peran Konseling Dalam Meningkatkan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045, 57–69. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Muharram, N. A., & Kurniawan, W. P. (2019). Pengembangan Model Latihan Fartlek Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Pemain Bolavoli (Studi Pengembangan Pada Pemain Bola Voli Putra Tingkat Intermediet Di Kota Kediri). JURNAL KOULUTUS, 2(1), 50–60.
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1364. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12845
Rahyubi, H. (2017). Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Rohmatin, T., & Wulan, B. R. S. (2019). Kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar berdasarkan perbedaan status ekonomi keluarga. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 172. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5024
Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 1(2), 57. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664
Roziandy, M., & Budiwanto, S. (2020). Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Terhadap Power Otot Tungkai pada Atlet Bolavoli Putri. Indonesia Performance Journal, 4(1), 36–40.
Sari, E. F. N., Siregar, N. M., Sukiri, S., Susanti, D., & Umar, F. (2023). Sosialisasi Aplikasi Android sebagai Materi Ajar Gerak Dasar Lokomotor bagi Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 14. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6613
Souhir Ezzedini, Yousri Elghoul, et., Al. (2017). The Effect of Contents for Instruction in Physical Education on Cognitive and Psychomotor Development in Tunisian Students Aged from 9 Until 11 Years. International Journal of Sports Science and Physical Education, 2(2), 20–28.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukamti, E. R. (2017). Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY.
Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. SPORTIF, 6(1), 92–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Budiman Agung Pratama, Setyo Harmono, Nur Ahmad Muharram, Achmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0