Pelatihan Aktivitas Fisik Sebagai Implementasi Pembentukan Karakter dan Disiplin Guru di Kota Kediri Melalui Outbound
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.39Keywords:
Aktivitas Fisik, Pendidikan Luar Ruang, Pembentukan KarakterAbstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan berupa pelatihan pemrograman aktivitas fisik melalui pendidikan luar ruang sebagai implementasi pembentukan karakter dan kedisiplinan bagi guru di kota Kediri. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan informasi kepada guru-guru di Kota Kediri tentang pemrograman aktivitas fisik melalui pendidikan luar ruang. Berdasarkan hasil praktek dilapangan pemahaman guru tentang jenis permainan pendidikan luar ruang dibagi menjadi 3 indikator yaitu hafal permainan sesuai petunjuk prosentase 89% atau sebanyak 53 guru, hafal permainan tetapi tidak sesuai petunjuk prosentase 11% atau sebanyak 7 Guru, tidak hafal permainan dengan prosentase 0%. Kesimpulannya bahwa permainan pendidikan luar ruang sangat diperlukan untuk membentuk karakter dan disiplin dari setiap guru olahraga di Kota Kediri.
Downloads
References
Dewi M, C. S., & Zuroidah, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri TPQ Asy-Syifa Bangsal melalui Metode Explicit Instruction. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33-45. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.61
Hinch, T., & Ito, E. (2018). Sustainable sport tourism in Japan. Tourism Planning & Development, 15(1), 96–101.
Irianto, D. P. (2018). Dasar-dasar latihan olahraga untuk menjadi atlet juara. Pohon Cahaya.
Khoirun Nisa, V. ., & Zunairoh, Y. . (2022). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 83-93. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.75
Morales, M. P. E. (2016). Participatory action research (par) cum action research (ar) in teacher professional development: A literature review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156–165.
Muharram, nur ahmad, & Lusianti, S. (2017). PENGEMBANGAN TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNARUNGU KATEGORI RINGAN DI SLB B KOTA KEDIRI TAHUN 2017. Peran Konseling Dalam Meningkatkan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045, 57–69. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Muharram, N. A. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN JASMANI DIMASA PANDEMI COVID 19. In Bunga Rampai.
Muharram, N. D. (2020). Test To Physical Condition Parameters: For The Football Athletes Persik Kediri Under – 20 At 2020. Jurnal Gandrung, 1(2), 13–19.
Puspodari & Muharram N.A. (2018). Evaluasi Tingkat VO₂Max Atlet Taekwondo Pemusatan Latihan Atlet Kota (PUSLATKOT) Kediri Tahun 2018. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2622–0156, 11–15.
Sucipto, S., Rahmayantis, M. D., Pramesti, Y. S., Sahari, S., Jatmiko, J., Ramadhani, R. A., Mukmin, B. A., & Fauji, D. A. S. (2022). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Workshop Series Literasi Ilmiah Pada Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 128-138. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.99
Valek, N. S., Shaw, M., & Bednarik, J. (2014). Socio-demographic characteristics affecting sport tourism choices: A structural model. Acta Gymnica, 44(1), 57.
Winarno, M. . . (2017). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. UM Press.
Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. SPORTIF, 6(1), 92–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nur Ahmad Muharram, Budiman Agung Pratama, Reo Prasetiyo Herpandika, Weda Weda, Slamet Junaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0