Pelatihan Perancangan Proposal Classroom Action Research bagi Guru PAUD di Bandar Lampung

Authors

  • Ari Sofia Universitas Lampung
  • Asih Budi Kurniawati Universitas Lampung
  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung
  • Devi Nawangsasi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.81

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Guru, Masalah

Abstract

Masalah sering terjadi dalam proses pembelajaran untuk itu dalam proses penyelesaikan masalah tersebut guru perlu melakukan penelitian. Namun masih banyak guru yang jarang melakukan penelitian dengan berbagai macam alasan. Padahal dalam proses pembelajaran yang dilakukan sehari-hari di kelas guru dapat melakukan penelitian. Penelitian yang dapat dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Karena guru adalah orang yang paling mengetahui kondisi kelasnya. Sehingga saat masalah timbul guru dapat menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran untuk menyelesaikan masalah peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara umum pelatihan yang diselenggarakan dapat menimbulkan perbedaan dan peningkatan pemahaman peserta dalam merancang proposal penelitian tindakan kelas pada guru TK di Bandar Lampung, Lampung. Hal tersebut juga diperkuat dengan terjadinya kenaikan rata-rata/mean sebesar 7.00 poin dari sebelum dan sesudah dilakukannya pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayat 1 Undang Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 1. (2005). Undang Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 1.

Hafidah, R., Dewi, N. K., Syamsudin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., & Sholeha, V. (2022). Meningkatkan kompetensi profesionalisme guru paud melalui pelatihan penerapan penelitian tindakan kelas (ptk). JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 19–34. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Fungsional Guru dan Angka membuat Karya Tulis Ilmiah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602

Haryono. (2015). Bimbingan Teknis Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Amara Books.

Mediatati, N., Heckie, D., & Jati, P. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289

Nasirun, M., Indrawati, & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia

Nasirun, Yulidensi, Indrawati, & Qalbi, Z. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Jundi Kota Bengkulu. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index

Nellitawati, & Ermalinda. (2014). Efektivitas Pelatihan Metode Peneletian Tindakan Kelas Bagi Guru SD di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1, 1–5.

Ngurah, D., Laksana, L., & Lawe, Y. U. (2021). Pendampingan Guru TK dan SD dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan di Masa Pandemi Covid-19. URNAL ABDIMAS ILMIAH CITRA BAKTI, 2(April), 24–32.

Nomor, 16 Tahun 2017 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2017.

Nurdin. (2021). Pelatihan Dan Pembimbingan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru TK di Wilayah Lombok. Abdi Masyarakat, 3(1), 15–29. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/issue/archive

Raihana, Hayati, N., Alucyana, Yuliana, & Sartika, E. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Bagi Guru PAUD di Kecamatan Tandun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 3(1), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.52436/1.jpmi.899

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks.

Sumarni, S., & Rahelly, Y. (2022). Pelatihan dan Pembinaan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru TK Kartika II . I Palembang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 86–90. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Suriansyah, A., Wahdini, E., Purwanti, R., & Prastitasari, H. (2022). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAUD KKG Gugus Tulip Kabupaten Banjar. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 340–345. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/abdi.v4i2.301

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-22

How to Cite

Sofia, A., Kurniawati, A. B., Syafrudin, U., & Nawangsasi, D. (2023). Pelatihan Perancangan Proposal Classroom Action Research bagi Guru PAUD di Bandar Lampung. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 84–94. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.81