Pelatihan Perancangan Proposal Classroom Action Research bagi Guru PAUD di Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.81Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Guru, MasalahAbstract
Masalah sering terjadi dalam proses pembelajaran untuk itu dalam proses penyelesaikan masalah tersebut guru perlu melakukan penelitian. Namun masih banyak guru yang jarang melakukan penelitian dengan berbagai macam alasan. Padahal dalam proses pembelajaran yang dilakukan sehari-hari di kelas guru dapat melakukan penelitian. Penelitian yang dapat dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Karena guru adalah orang yang paling mengetahui kondisi kelasnya. Sehingga saat masalah timbul guru dapat menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran untuk menyelesaikan masalah peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara umum pelatihan yang diselenggarakan dapat menimbulkan perbedaan dan peningkatan pemahaman peserta dalam merancang proposal penelitian tindakan kelas pada guru TK di Bandar Lampung, Lampung. Hal tersebut juga diperkuat dengan terjadinya kenaikan rata-rata/mean sebesar 7.00 poin dari sebelum dan sesudah dilakukannya pelatihan.
Downloads
References
Ayat 1 Undang Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 1. (2005). Undang Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 1.
Hafidah, R., Dewi, N. K., Syamsudin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., & Sholeha, V. (2022). Meningkatkan kompetensi profesionalisme guru paud melalui pelatihan penerapan penelitian tindakan kelas (ptk). JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 19–34. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Fungsional Guru dan Angka membuat Karya Tulis Ilmiah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602
Haryono. (2015). Bimbingan Teknis Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Amara Books.
Mediatati, N., Heckie, D., & Jati, P. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289
Nasirun, M., Indrawati, & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia
Nasirun, Yulidensi, Indrawati, & Qalbi, Z. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Jundi Kota Bengkulu. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index
Nellitawati, & Ermalinda. (2014). Efektivitas Pelatihan Metode Peneletian Tindakan Kelas Bagi Guru SD di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1, 1–5.
Ngurah, D., Laksana, L., & Lawe, Y. U. (2021). Pendampingan Guru TK dan SD dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan di Masa Pandemi Covid-19. URNAL ABDIMAS ILMIAH CITRA BAKTI, 2(April), 24–32.
Nomor, 16 Tahun 2017 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2017.
Nurdin. (2021). Pelatihan Dan Pembimbingan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru TK di Wilayah Lombok. Abdi Masyarakat, 3(1), 15–29. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/issue/archive
Raihana, Hayati, N., Alucyana, Yuliana, & Sartika, E. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Bagi Guru PAUD di Kecamatan Tandun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 3(1), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.52436/1.jpmi.899
Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks.
Sumarni, S., & Rahelly, Y. (2022). Pelatihan dan Pembinaan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru TK Kartika II . I Palembang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 86–90. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Suriansyah, A., Wahdini, E., Purwanti, R., & Prastitasari, H. (2022). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAUD KKG Gugus Tulip Kabupaten Banjar. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 340–345. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/abdi.v4i2.301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ari Sofia, Asih Budi Kurniawati, Ulwan Syafrudin, Devi Nawangsasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0