Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang

Authors

  • Indica Yona Okyranida Universitas Indraprasta PGRI
  • Neng Nenden Mulyaningsih Universitas Indraprasta PGRI
  • Irnin Agustina Dwi Astuti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.57

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Kompetensi Guru, Karya Ilmiah

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh guru yang bertujuan mengatasi masalah dalam pembelajaran. Laporan PTK perlu dibuat oleh guru untuk keperluan kepangkatan dan karya ilmiah. Namun pada kenyataan di lapangan banyak guru yang kesulitan dalam membuat PTK. Metode pengenalan dilakukan secara luring terhadap mitra para guru Fisika yang tergabung dalam MGMP Fisika Kabupaten Karawang, yang dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai dengan bagian-bagian yang penting dalam pembuatan penelitian PTK, dilanjutkan pada tahap ke dua mendampingi mitra untuk membuat PTK. Tahap ketiga yaitu analisis dan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan tersebut. Peserta pelatihan lebih antusias dan yakin bahwa dapat secepatnya melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat 82% peningkatan guru mengenai pemahaman Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pelatihan PTK juga sebagai upaya untuk melatih guru agar terampil dalam membuat karya tulis ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education. Cengage Learning.

Creswell, W. J. (2012). Education Research: Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed).

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., & Hardinata, V. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas pada guru SMP. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 7–17. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17

Fauzia, E., & Marini, M. (2018). Sistem Informasi Laporan Monitoring Evaluasi (MONEV) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Tengah. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Hendrastuty, N., An’Ars, M. G., Damayanti, D., Samsugi, S., Paradisiaca, M., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Populer Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru Di Sman 4 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 301–305. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2212

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289

Junaidi, A. (2015). Internet of things, sejarah, teknologi dan penerapannya. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss3.2015.66

Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). Peningkatan profesionalisme guru sekolah menengah pertama negeri (smpn) dengan melakukan pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 383–386. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7474

Somatanaya, A. A. G., Herawati, L., & Wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi peningkatan karier guru-guru sekolah dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 3(1).

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Susanti, E., Susanti, D. H. E., & Hartanto, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(1), 151–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v1i1.1246

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan profesionalisme guru bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35

Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan PTK Bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 6–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p6-12

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-02-21

How to Cite

Okyranida, I. Y., Mulyaningsih, N. N., & Agustina Dwi Astuti, I. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 158–166. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.57

Issue

Section

Articles