Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.57Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Kompetensi Guru, Karya IlmiahAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh guru yang bertujuan mengatasi masalah dalam pembelajaran. Laporan PTK perlu dibuat oleh guru untuk keperluan kepangkatan dan karya ilmiah. Namun pada kenyataan di lapangan banyak guru yang kesulitan dalam membuat PTK. Metode pengenalan dilakukan secara luring terhadap mitra para guru Fisika yang tergabung dalam MGMP Fisika Kabupaten Karawang, yang dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai dengan bagian-bagian yang penting dalam pembuatan penelitian PTK, dilanjutkan pada tahap ke dua mendampingi mitra untuk membuat PTK. Tahap ketiga yaitu analisis dan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan tersebut. Peserta pelatihan lebih antusias dan yakin bahwa dapat secepatnya melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat 82% peningkatan guru mengenai pemahaman Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pelatihan PTK juga sebagai upaya untuk melatih guru agar terampil dalam membuat karya tulis ilmiah.
Downloads
References
Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education. Cengage Learning.
Creswell, W. J. (2012). Education Research: Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed).
Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., & Hardinata, V. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas pada guru SMP. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 7–17. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17
Fauzia, E., & Marini, M. (2018). Sistem Informasi Laporan Monitoring Evaluasi (MONEV) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Tengah. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Hendrastuty, N., An’Ars, M. G., Damayanti, D., Samsugi, S., Paradisiaca, M., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Populer Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru Di Sman 4 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 301–305. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2212
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289
Junaidi, A. (2015). Internet of things, sejarah, teknologi dan penerapannya. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss3.2015.66
Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). Peningkatan profesionalisme guru sekolah menengah pertama negeri (smpn) dengan melakukan pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 383–386. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7474
Somatanaya, A. A. G., Herawati, L., & Wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi peningkatan karier guru-guru sekolah dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 3(1).
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p
Susanti, E., Susanti, D. H. E., & Hartanto, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(1), 151–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v1i1.1246
Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan profesionalisme guru bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35
Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan PTK Bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 6–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p6-12
Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indica Yona Okyranida, Neng Nenden Mulyaningsih, Irnin Agustina Dwi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0