Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.80Keywords:
Moodle, E-learning, SekolahAbstract
eLearning merupakan metode pembelajaran yang menggunakan teknologi digital untuk menyampaikan materi pembelajaran secara daring. Elearning dalam masa pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran daring. Pada masa transisi covid-19 merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan sistem elearning. Implementasi dalam peningkatan sistem elearning dilakukan di SMAN 6 Kediri. peningkatan kemampuan sistem elearning bertujuan untuk solusi efektif dalam meningkatkan fleksibilitas pembelajaran, mengakomodasi gaya belajar yang beragam, dan memfasilitasi aksesibilitas pembelajaran. Pengenbangan elearning menggunakan platform moodle. Moodle adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran daring yang digunakan oleh institusi pendidikan di seluruh dunia. Metode Pkm yang digunakan adalah metode partisipatif. Penggunaan Elearning ini cukup praktis untuk proses pembelajaran daring maupun hybrid sehingga memudahkan siswa dalam proses menerima materi pelajaran. Implementasi pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat membantu optimalisasi proses pembelajaran maupun hybrid pada SMAN 6 Kediri.
Downloads
References
Bakhri, S. (2019). Animasi interaktif pembelajaran huruf dan angka menggunakan model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi ….
Firliana, R., & Harini, D. (2017). Sistem Informasi Layanan Kredit UKM Berbasis SMS Gateway. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi ….
Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A systematic review on trends in using Moodle for teaching and learning. International Journal of STEM Education 2022 9:1, 9(1), 1–24. https://doi.org/10.1186/S40594-021-00323-X
Habib, A., & Kindhi, B. Al. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi ….
Herayanti, L., Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077
Khoir, H. M., Eka Murtinugraha, R., Musalamah, S., & Jakarta, U. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/JPENSIL.V9I1.13453
Kolla, V. R. K., & Kolla, V. R. K. (2022). Moodle as a tool for managing your own knowledge. International Journal of Managment Education for Sustainable Development, 5(5). https://www.ijsdcs.com/index.php/IJMESD/article/view/233
Makruf, I., Rifa’i, A. A., & Triana, Y. (2022). Moodle-Based Online Learning Management in Higher Education. International Journal of Instruction, 15(1), 135–152. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1518a
Nuryadi, N., Khuzaini, N., Kholifa, I., & Marhaeni, N. H. (2022). Pendampingan Pendesianan Hybrid Moodle System Pembelajaran Matematika Berbasis E-learning. Surya Abdimas, 6(2), 301–310. https://doi.org/10.37729/ABDIMAS.V6I2.1630
Papuangan, M., & Kopman, A. (2022). Sistem Informasi Objek Wisata Kabupaten Pulau Morotai Berbasis Andorid. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V1I1.156
Paramitha, A. A. I. I., Dewi, E. G. A., Wijaya, I. N. Y. A., & Sanjaya, K. O. (2022). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE UNTUK GURU DAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SUKAWATI. JURNAL SEWAKA BHAKTI, 8(2), 131–137. https://doi.org/10.32795/JSB.V8I2.2960
Sarosa, S., & Setyowati, A. R. (2022). Trust and Perceived Risks in High School Students’ Online Learning Behaviour During Covid19 Pandemic. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 6(1), 66–80. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V6I1.16477
Satriani, E., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Desain Konten Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif berbasis Aplikasi Moodle. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 74–82. https://doi.org/10.33394/JPU.V4I1.6866
Setiawan, D., Arifin, I., & Ardianto, R. (2018). Implementasi Pengembangan Sistem Media Pembelajaran Pengenalan Komputer: INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 127–135. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V2I2.12099
Sucipto, S., Indriati, R., Harini, D., Andriyanto, T., Nugroho, A., Pradhana, A. H., Azzaria, C., Islami, B. M., Aini, E. D. N., & Kurniawan, A. (2023). Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.187
Sucipto, S., Resti, N. C., Andriyanto, T., Karaman, J., & Qamaria, R. S. (2019). Transactional database design information system web-based tracer study integrated telegram bot. Journal of Physics: Conference Series, 1381(1), 012008. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1381/1/012008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sucipto, Erna Daniati, Dwi Harini, Muhammad Najibulloh Muzaki, Anita Sari Wardani, Akmal Hisyam Pradhana, Theo Krisna Amarya, Maha Shelin Sahira, Amelia Nur Fadhila, Moh Kusen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0