Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle

Authors

  • Sucipto Universitas Nusantara PGRI Kediri http://orcid.org/0000-0003-3412-002X
  • Erna Daniati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Harini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Najibulloh Muzaki Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anita Sari Wardani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Akmal Hisyam Pradhana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Theo Krisna Amarya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Maha Shelin Sahira Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Amelia Nur Fadhila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moh Kusen SMA Negeri 6 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.80

Keywords:

Moodle, E-learning, Sekolah

Abstract

eLearning merupakan metode pembelajaran yang menggunakan teknologi digital untuk menyampaikan materi pembelajaran secara daring. Elearning dalam masa pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran daring. Pada masa transisi covid-19 merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan sistem elearning. Implementasi dalam peningkatan sistem elearning dilakukan di SMAN 6 Kediri. peningkatan kemampuan sistem elearning bertujuan untuk solusi efektif dalam meningkatkan fleksibilitas pembelajaran, mengakomodasi gaya belajar yang beragam, dan memfasilitasi aksesibilitas pembelajaran. Pengenbangan elearning menggunakan platform moodle. Moodle adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran daring yang digunakan oleh institusi pendidikan di seluruh dunia. Metode Pkm yang digunakan adalah metode partisipatif. Penggunaan Elearning ini cukup praktis untuk proses pembelajaran daring maupun hybrid sehingga memudahkan siswa dalam proses menerima materi pelajaran. Implementasi pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat membantu optimalisasi proses pembelajaran maupun hybrid pada SMAN 6 Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakhri, S. (2019). Animasi interaktif pembelajaran huruf dan angka menggunakan model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi ….

Firliana, R., & Harini, D. (2017). Sistem Informasi Layanan Kredit UKM Berbasis SMS Gateway. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi ….

Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A systematic review on trends in using Moodle for teaching and learning. International Journal of STEM Education 2022 9:1, 9(1), 1–24. https://doi.org/10.1186/S40594-021-00323-X

Habib, A., & Kindhi, B. Al. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi ….

Herayanti, L., Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077

Khoir, H. M., Eka Murtinugraha, R., Musalamah, S., & Jakarta, U. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/JPENSIL.V9I1.13453

Kolla, V. R. K., & Kolla, V. R. K. (2022). Moodle as a tool for managing your own knowledge. International Journal of Managment Education for Sustainable Development, 5(5). https://www.ijsdcs.com/index.php/IJMESD/article/view/233

Makruf, I., Rifa’i, A. A., & Triana, Y. (2022). Moodle-Based Online Learning Management in Higher Education. International Journal of Instruction, 15(1), 135–152. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1518a

Nuryadi, N., Khuzaini, N., Kholifa, I., & Marhaeni, N. H. (2022). Pendampingan Pendesianan Hybrid Moodle System Pembelajaran Matematika Berbasis E-learning. Surya Abdimas, 6(2), 301–310. https://doi.org/10.37729/ABDIMAS.V6I2.1630

Papuangan, M., & Kopman, A. (2022). Sistem Informasi Objek Wisata Kabupaten Pulau Morotai Berbasis Andorid. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V1I1.156

Paramitha, A. A. I. I., Dewi, E. G. A., Wijaya, I. N. Y. A., & Sanjaya, K. O. (2022). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE UNTUK GURU DAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SUKAWATI. JURNAL SEWAKA BHAKTI, 8(2), 131–137. https://doi.org/10.32795/JSB.V8I2.2960

Sarosa, S., & Setyowati, A. R. (2022). Trust and Perceived Risks in High School Students’ Online Learning Behaviour During Covid19 Pandemic. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 6(1), 66–80. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V6I1.16477

Satriani, E., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Desain Konten Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif berbasis Aplikasi Moodle. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 74–82. https://doi.org/10.33394/JPU.V4I1.6866

Setiawan, D., Arifin, I., & Ardianto, R. (2018). Implementasi Pengembangan Sistem Media Pembelajaran Pengenalan Komputer: INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 127–135. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V2I2.12099

Sucipto, S., Indriati, R., Harini, D., Andriyanto, T., Nugroho, A., Pradhana, A. H., Azzaria, C., Islami, B. M., Aini, E. D. N., & Kurniawan, A. (2023). Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.187

Sucipto, S., Resti, N. C., Andriyanto, T., Karaman, J., & Qamaria, R. S. (2019). Transactional database design information system web-based tracer study integrated telegram bot. Journal of Physics: Conference Series, 1381(1), 012008. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1381/1/012008

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-28

How to Cite

Sucipto, S., Daniati, E., Harini, D., Muzaki, M. N. ., Wardani, A. S., Pradhana, A. H., Amarya, T. K., Sahira, M. S., Fadhila, A. N., & Kusen, M. (2023). Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–115. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.80

Most read articles by the same author(s)