Pengembangan Produk Batik dalam Usaha Menarik Minat Anak Muda Terhadap Produk Khas Kelurahan Dandangan

Authors

  • Wikan Sasmita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Najibulloh Muzaki Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rika Nur Safitri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Randy Mattin Arro’uf Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lutfi Verdia Lensi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Alfian NF Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rizki Azhar Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sanggita Nur Fadila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mathilda Yosephine J.T Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ananda Tria Budi Pertiwi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andara Sintho Retnoningtya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farhan Darnanda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Maulana Reza Darmawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mahesa Difa Ramadhan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfin Dhohan F.E Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • M. Andre Arif Wahyu.S Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Riski Nurwahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Pramadani Kusuma Fadila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfian Tri Puji Saputra Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.97

Keywords:

Pengembangan Produk , Budaya Batik , Anak Muda , UMKM, Nasionalisme

Abstract

Usaha padat karya, khas batik kelurahan Dandangan kota Kediri lebih mengandalkan tenaga manusia dibandingkan mesin dalam menyelesaikan produksinya. Motif batik diciptakan oleh pemilik khas batik, proses produksinya tidak memerlukan tenaga ahli. Anak muda masa kini lebih menyerap budaya timur dan barat, minat terhadap batik rendah. Tujuan pengembangan produk batik agar anak muda menyukai batik mulai dari memakai dan bahkan membuat sehingga menarik minat anak muda terhadap produk lokal batik khas. Metode yang digunakan adalah pendekatan analisis data non-statistik yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan penelitian, tipikal UMKM di kelurahan Dandangan kota Kediri menerapkan tiga strategi pengembangan perudahaan sebagai berikut: 1. Strategi inovasi dalam mengembangkan standar produk, 2. Strategi inovasi kualitas produk, 3. Membuka program pembelajaran bagi generasi muda untuk membangkitkan rasa nasionalisme terhadap budaya membantik. Hasil menunjukkan produksi batik meningkat, kualitas batik menjadi lebih baik, rasa nasionalisme dan budaya membatik anak muda di kelurahan Dandanngan kota Kediri semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. (2022). PENCIPTAAN BATIK KONTEMPORER DENGAN CAP BERBAHAN KERTAS. Imajinasi Jurnal Seni, 16(1), 25–32. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v16i1.41992

Anis, M., & Indriyagandhi, A. H. (2020). ANALISIS FAKTOR PENDORONG MINAT MASYARAKAT TERHADAP PEMAKAIAN BATIK DALAM UPAYA PELESTARIAN BATIK PATI. Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO), 8. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11972

Aniyati, I., & Indayani, L. (2023). Global Marketing Success: Market Orientation, Innovation, Competitive Advantage. Academia Open, 8(1). https://doi.org/10.21070/acopen.8.2023.3888

Apriliyanto, G. (2019). INOVASI BATIK BANYUMAS (KAJIAN PERKEMBANGAN MOTIF). Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 15(2), 133–154. https://doi.org/10.25105/dim.v15i2.5641

Asih, P. (2020). Pengaruh Konsentrasi Deterjen Pencuci Terhadap Kualitas Kain Batik. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 2(1), 34–44. https://doi.org/10.37631/jri.v2i1.129

Astawinetu, E. D., Wijayanti, Y. K., & Hidayati, C. (2021). Inovasi Desain Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Batik. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 182. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6714

Elmiani, H. I. (2020). MOTIVASI MILENIAL PADA PENGGUNAAN OUTFIT BATIK. 8(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6680

Fitri, N., Tan, S., & Umiyati, E. (2022). Analisis pendapatan pengusaha industri rumah tangga batik di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 303–314. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.13717

Gaol, R. H. P. L. (2020). Perancangan Visual Branding Guna Peningkatan Citra Batik Kontemporer BATEEQU [Universitas Trisakti]. http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/open?a2RiPTAwMDAwMDAwMDAwMDAwMTAyMTcxJmtkYmQ9MTUyNzY3JmZpbGU9MjAyMF9UQV9TREtfMDkxMzAxNjAwMDM4X0hhbGFtYW4tSnVkdWwucGRmJnRva2VuPTMyMzQzMDMzMzIzNDMxMzEzMTMwMzQzMA

Hakim, L. M. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Nation State Journal of International Studies, 1(1), 61–90. https://doi.org/10.24076/NSJIS.2018v1i1.90

Handayani, R. A. (2016). PENGARUH MINAT REMAJA DALAM PEMAKAIAN BATIK TERHADAP PELESTARIAN BATIK KUDUS.

Injelita, J., Kurochman, S. S. N., Azizah, A. F., Yulanda, R. A., Afifudin, & Sundhani, E. (2023). Peningkatan Eksistensi Batik Gumelem Melalui Pelatihan Membatik Pada Sekolah Perempuan Kelopak Gayatri di Desa Gumelem Kulon. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 2070–2080. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3466

Julia, A., & Indarti, N. (2023). Pemanfaat media online dalam penjualan batik dari kelompok Batik Cantik Suropati (BCS) Tembokrejo. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 11(2), 152. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17391

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1187822

Larasati, F. U., Aini, N., & Irianti, A. H. S. (2021). PROSES PEMBUATAN BATIK TULIS REMEKAN DI KECAMATAN NGANTANG. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT UNY, 16(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44664

Marganus, E. (2021). Analisis Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Ekspor Batik Indonesia. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(2). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i2.5069

Masrokhah, S., & Imron, A. (2024). Keunggulan Bersaing Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Berdampak Keberlanjutan Pengunjung Umkm Batik Wastralingga Purbalingga. 5(1). https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.859

Nayuni, A. P. (2021). INOVASI PEMERINTAHAN DAN PELAKU USAHA BATIK JUMPUTAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KAMPUNG TAHUNAN YOGYAKARTA). Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK), 1(3), Layouting. https://doi.org/10.18196/jpk.v1i3.12540

Nopriyantoro, D., & Widodo, M. W. (2023). KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM. 2. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3257/2541

Putra, R. Z. S. (2021). UPAYA PEMERINTAH TERHADAP PERLINDUNGAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL BATIK MOTIF PARANG SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA. 1.

Ramadhanti, A., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBERDAYAAN UMKM BATIK DI KABUPATEN BANYUWANGI. 16(1), 47–52. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.23452

Romanti, R. (2023, Oktober). Menilik Sejarah Batik, Salah Satu Duta Budaya Indonesia. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/menilik-sejarah-batik-salah-satu-duta-budaya-indonesia/

Ryu, D., Baek, K. H., & Yoon, J. (2021). Open Innovation with Relational Capital, Technological Innovation Capital, and International Performance in SMEs. Sustainability, 13(6), 3418. https://doi.org/10.3390/su13063418

Saputra, M. U. N., & Prasetyo, K. B. (2023). Reproduksi Budaya Batik Milenial: Upaya Pelestarian dan Inovasi Batik Tradisional di Identix Batik Semarang. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 126–140. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v4i2.8046

Sugiyono, S. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1879&keywords=

Trixie, A. A. (2020). FILOSOFI MOTIF BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA. 1(1), 1–9.

Yulianto, I., Sidik, P. M., & Roesli, M. (2023). MANIFESTASI SLOGAN “GLOBAL HOME OF BATIK” SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN EKSPOR BATIK INDONESIA. JURNAL PERSPEKTIF BEA DAN CUKAI, 7(1). https://doi.org/10.31092/jpbc.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-20

How to Cite

Sasmita, W., Muzaki, M. N., Safitri, R. N., Rahmawati, R., Arro’uf, R. M., Lensi, L. V., Alfian NF, M., Azhar, R., Fadila, S. N., Yosephine J.T, M., Pertiwi, A. T. B., Retnoningtya, A. S., Darnanda, F., Darmawan, M. R., Ramadhan, M. D., Dhohan F.E, A., Wahyu.S, M. A. A., Nurwahyudi, R., Fadila, P. K., & Saputra, A. T. P. (2024). Pengembangan Produk Batik dalam Usaha Menarik Minat Anak Muda Terhadap Produk Khas Kelurahan Dandangan . Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 219–231. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.97

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)