Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar

Authors

  • Ima Ferdilla Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Rezki Suci Qamaria Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Mochammad Nur Yasin Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Siti Mukaromah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Risalatul Muawanah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Lyona Ghaisani Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.76

Keywords:

Internalisasi, Moderasi Beragama, Bimbingan Belajar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mendalami internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan melalui bimbingan belajar di TPQ Al-IHSAN. TPQ Al-IHSAN dipilih sebagai lokasi pengabdian karena peran strategisnya dalam mendidik generasi muda agar memiliki pemahaman yang seimbang tentang ajaran agama dan keberagaman supaya mampu mengimplementasikan nilai moderasi dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini menggunakan metode PAR. Dalam pengabdian ini juga melakukan analisis dokumen program bimbingan belajar dan kurikulum TPQ. Hasil pengabdian menunjukkan bimbingan belajar di TPQ Al-IHSAN aktif mendorong siswa disamping memahami ilmu pengetahuan juga memahami nilai-nilai moderasi beragama melalui berbagai pendekatan, seperti penanaman nilai toleransi contohnya menyertakan pelajaran tentang keragaman budaya dan agama, diskusi kelompok seperti membantu memperdalam pemahaman tentang keyakinan agama lain, pemecahan konflik seperti menghadapi situasi atau tantangan konkret yang berkaitan perbedaan agama, dan penerapan dalam sosial kemasyarakatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Afwadzi, B. (n.d.). Membangun Moderasi Beragama dengan Parenting Washatiyah dan Perpustakaan Qur’ani di Taman Pendidikan Al-Qur’an. 16(2).

Amelia, J. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk.

Anggraini, S. N., Rahman, A., Martono, T., Kurniawan, A. R., & Febriyani, A. N. (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(01), 30–39. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.93

Chrisantina, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama dengan Berbasis Multimedia pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. 25(2).

Gonibala, R., Anuli, W. Y., Zainal, N. F., & Sahibe, N. (2021). Kegiatan BTQ dan Bimbel Syarum di TPQ Nurul HAQ. 1(1).

Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702

Haryanto, D., Nurdin, N., & Ubadah, U. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di TPQ Nurul Falah Desa Trimulya Kec. Poso Pesisir utara, Kab. Poso. 1.

Hidayah, V. R., & Azizah, N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Kegiatan Mengaji Al Qur’an di TPQ Nurul Khikmah. 1(2).

Murdiono, M. (2010). Straegi Internalisasi Nilai-Nilai Moral Religius dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.239

Omami, U. R., & Mubtadik, M. A. (n.d.). Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Bimbingan Belajar Di Dusun Ketangi Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom.

Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di TPQ Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Ramadhani, A., & Setyoningrum, M. U. (2023). Penguatan Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 76–89. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1802

Ridwanulloh, M. U., Surur, A. M., Setiawan, S., & Rahayu, I. P. (2023). Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Dusun Jegles Kecamatan Tarokan Kediri. Jurnal Anugerah, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.4588

Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama bagi Generasi Milenial Berbasis Al- Qur’an. Journal for Islamic Studies, 4(1).

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Tahir, I., & Tahir, M. I. (2020). Perembangan Pemahaman Radikalisme di Indonesia.

Wardani, W., & Oktapia, N. (2021). Bantuan Bimbingan Belajar TPQ Nurulhuda di Desa Margamulya Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 45–50. https://doi.org/10.53860/losari.v3i2.46

Widodo, P., & Karnawati, K. (2019). Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 9–14. https://doi.org/10.46494/psc.v15i2.61

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-18

How to Cite

Ferdilla, I., Qamaria, R. S., Yasin, M. N. ., Mukaromah, S., Muawanah, R., & Ghaisani, L. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar . Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.76

Most read articles by the same author(s)