Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.76Keywords:
Internalisasi, Moderasi Beragama, Bimbingan BelajarAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mendalami internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan melalui bimbingan belajar di TPQ Al-IHSAN. TPQ Al-IHSAN dipilih sebagai lokasi pengabdian karena peran strategisnya dalam mendidik generasi muda agar memiliki pemahaman yang seimbang tentang ajaran agama dan keberagaman supaya mampu mengimplementasikan nilai moderasi dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini menggunakan metode PAR. Dalam pengabdian ini juga melakukan analisis dokumen program bimbingan belajar dan kurikulum TPQ. Hasil pengabdian menunjukkan bimbingan belajar di TPQ Al-IHSAN aktif mendorong siswa disamping memahami ilmu pengetahuan juga memahami nilai-nilai moderasi beragama melalui berbagai pendekatan, seperti penanaman nilai toleransi contohnya menyertakan pelajaran tentang keragaman budaya dan agama, diskusi kelompok seperti membantu memperdalam pemahaman tentang keyakinan agama lain, pemecahan konflik seperti menghadapi situasi atau tantangan konkret yang berkaitan perbedaan agama, dan penerapan dalam sosial kemasyarakatan.
Downloads
References
Abror, Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174
Afwadzi, B. (n.d.). Membangun Moderasi Beragama dengan Parenting Washatiyah dan Perpustakaan Qur’ani di Taman Pendidikan Al-Qur’an. 16(2).
Amelia, J. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk.
Anggraini, S. N., Rahman, A., Martono, T., Kurniawan, A. R., & Febriyani, A. N. (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(01), 30–39. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.93
Chrisantina, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama dengan Berbasis Multimedia pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. 25(2).
Gonibala, R., Anuli, W. Y., Zainal, N. F., & Sahibe, N. (2021). Kegiatan BTQ dan Bimbel Syarum di TPQ Nurul HAQ. 1(1).
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702
Haryanto, D., Nurdin, N., & Ubadah, U. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di TPQ Nurul Falah Desa Trimulya Kec. Poso Pesisir utara, Kab. Poso. 1.
Hidayah, V. R., & Azizah, N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Kegiatan Mengaji Al Qur’an di TPQ Nurul Khikmah. 1(2).
Murdiono, M. (2010). Straegi Internalisasi Nilai-Nilai Moral Religius dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.239
Omami, U. R., & Mubtadik, M. A. (n.d.). Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Bimbingan Belajar Di Dusun Ketangi Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom.
Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di TPQ Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Ramadhani, A., & Setyoningrum, M. U. (2023). Penguatan Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 76–89. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1802
Ridwanulloh, M. U., Surur, A. M., Setiawan, S., & Rahayu, I. P. (2023). Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Dusun Jegles Kecamatan Tarokan Kediri. Jurnal Anugerah, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.4588
Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama bagi Generasi Milenial Berbasis Al- Qur’an. Journal for Islamic Studies, 4(1).
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Tahir, I., & Tahir, M. I. (2020). Perembangan Pemahaman Radikalisme di Indonesia.
Wardani, W., & Oktapia, N. (2021). Bantuan Bimbingan Belajar TPQ Nurulhuda di Desa Margamulya Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 45–50. https://doi.org/10.53860/losari.v3i2.46
Widodo, P., & Karnawati, K. (2019). Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 9–14. https://doi.org/10.46494/psc.v15i2.61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ima Ferdilla, Rezki Suci Qamaria, Mochammad Nur Yasin, Siti Mukaromah, Risalatul Muawanah, Lyona Ghaisani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0