Sosialisasi Pemanfaatan IT dalam Pembelajaran Santri bagi Guru Yayasan Daaru Ta’limil Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.150Keywords:
Sosialisasi, Pemanfaatan IT, Pembelajaran Santri, Guru SDAbstract
Latar Belakang: Lembaga pendidikan formal di YADTAQUN merupakan lembaga pendidikan baru dengan jumlah guru terbatas. Saat ini, pihak sekolah berupaya menyusun dan mengembangkan kurikulum pembelajaran yang mengintegrasikan kompetensi bidang teknologi namun terkendala oleh rendahnya motivasi dan pengetahuan guru terkait perkembangan dan pemanfaatan teknologi. Tujuan: Tujuan PKM adalah memberikan informasi dan pengetahuan pada guru tentang pemanfaatan IT dalam pembelajaran. Metode: PKM dilaksanakan melalui metode sosilisasi dengan tahapan kegiatan yaitu identifikasi masalah, pengkajian dan menentukan solusi, implementasi sosialisasi, dan evaluasi. Hasil: Hasil pengisian angket evaluasi menujukkan persentase kepuasan sebesar 93,72%. Selain itu, peserta termotivasi untuk belajar IT setelah mengikuti kegiatan sosialisasi. Kesimpulan: Kegiatan PKM memberikan guru pengetahuan dasar tentang IT dan cara mengunakan IT dalam proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan PKM mendapatkan respon positif dengan kategori kepuasan peserta adalah sangat puas.
Downloads
References
Akaadom, B. W., & Gorni, D. (2023). Basic School Teachers’ ICT Knowledge and Skills in Integrating Technology into Teaching and Learning. International Journal on Data Science and Technology, 9(2), 20–27. https://doi.org/10.11648/j.ijdst.20230902.11 DOI: https://doi.org/10.11648/j.ijdst.20230902.11
Azmy, A., & Malanov, F. (2021). Optimization of Technology Mastery as Part of Increasing Employee Performance in the E-Commerce Industry. International Journal of Management, Accounting & Economics, 8(10), 782–794. http://10.0.20.161/zenodo.5977629%0A
Cahyono, R., Kuswandi, Sanggarwati, D. A., & Sophan, T. D. F. (2022). Effect of Hard Skill , Workload and Technology on Job Satisfaction and Work Productivity. The International Journal of Bussiness & Management, 10(12), 31–38. https://doi.org/10.24940/theijbm/2022/v10/i12/BM2212-020 DOI: https://doi.org/10.24940/theijbm/2022/v10/i12/BM2212-020
Carstens, K. J., Mallon, J. M., Bataineh, M., & Al-Bataineh, A. (2021). Effects of Technology on Student Learning. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 20(1), 105–113. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1290791.pdf
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516 DOI: https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Djibran, A. K. S., Subiyanto, P., Wakhudin, W., & Rahayu, N. S. (2024). Transforming Education in The Digital Age : How Technology Affects Teaching and Learning Methods. Journal of Pedagogi: Jurnal Pendidikan, 1(3), 141–155. https://doi.org/10.62872/ksq9jc13 DOI: https://doi.org/10.62872/ksq9jc13
Dominado, N. L. (2020). Teachers Performance, Technology, and 21st Century Skills: A Basis for a Faculty Development Program. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 13(1), 1364–1375. www.ijicc.net
Fathahillah, Syahrul, Mappalotteng, A. M., Dirawan, G. D., Lestari, A., & Saharuna. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 143–150. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i2.164 DOI: https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i2.164
Febrinita, F., & Puspitasari, W. D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi dalam Pendampingan Belajar Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.48 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.48
Fransisca, M., Yunus, Y., & Saputri, R. P. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Workshop Media Pembelajaran Berbasis Android. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 180–187. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4854 DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4854
Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science, 1(2), 175–191. https://doi.org/10.21890/ijres.23596 DOI: https://doi.org/10.21890/ijres.23596
Gusho, L., Mucaj, A., Petro, M., & Vampa, M. (2023). The Use of Educational Technology to Improve the Quality of Learning and Teaching: A Systematic Research Review and New Perspectives. IJET: International Journal of Emerging Technologies in Learning, 18(15), 109–119. https://doi.org/doi.org/10.3991/ijet.v18i15.39641 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v18i15.39641
Hsu, L., & Chen, Y.-J. (2018). Teachers’ Knowledge and Competence in the Digital Age: Descriptive Research within the TPACK Framework. International Journal of Information and Education Technology, 8(6), 455–458. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.6.1081 DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.6.1081
Irviana, I. (2020). Understanding the Learning Models Design for Indonesian Teacher. IJAE: International Journal of Asian Education, 01(2), 95–106. https://doi.org/doi.org/1046966/ijae.v1i2.40 DOI: https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.40
Jihan, Iswantara, N., Murniarti, E., Nindiasari, H., & Arini, I. (2023). Reviewing the Effectiveness of Educational Technologies in Enhancing Student Learning Outcomes. International Journal Publishing INFLUENCE: International Journal of Science Review, 5(1), 223–232. https://influence-journal.net/index.php/influence/index223
Kusumaningrum, S. R., Widiati, U., Anwar, K., & Farisia, H. (2022). Integrating the Technology in Teaching and Learning Process Through Digital Media Creation as A Way to Improve Indonesian EYL Teachers’ Competence. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(5), 197–204. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15268 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15268
Legi, H., Damanik, D., & Giban, Y. (2023). Transforming Education Through Technological Innovation In The Face Of The Era Of Society 5.0. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i2.822 DOI: https://doi.org/10.55904/educenter.v2i2.822
Liu, Z. Y., Vobolevich, A., & Oparin, A. (2023). The Influence of AI ChatGPT on Improving Teachers’ Creative Thinking. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(12), 124–139. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.12.7 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.22.12.7
Patty, J., & Lekatompessy, J. (2024). Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SD Negeri Tiakur. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(3), 18–24. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i3.726
Surani, D., Septiyani, R. D., Saptala, O., & Syifaturahamah, A. N. (2024). Sosialisasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa untuk Meningkatkan Literasi Media Pembelajaran Digital Guru SD. JABB: Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 334–338. https://doi.org/19.46306/jabb.v5i1.802 DOI: https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.802
Susanto, T. T. D., Maryati, S., Mela, A. G. K., Zebua, J. O., & Karomah, F. (2024). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi. PERPEKTIF Ilmu Pendidikan, 38(1), 37–46. https://doi.org/doi.org/10.21009/PIP/381.4 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.381.4
Utaminingsih, S., Fajrie, N., Bamiro, N. B., & Azman, M. N. A. (2023). Teachers and Students Perception of Technology and Sustainable Adoption Framework in the Pedagogical Process: A Systematic Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(12), 162–186. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.12.9 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.22.12.9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Filda Febrinita, Wahyu Dwi Puspitasari, Yusniarsi Primasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0