Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi dalam Pendampingan Belajar Anak

Authors

  • Filda Febrinita Universitas Islam Balitar
  • Wahyu Dwi Puspitasari Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.48

Keywords:

Pemanfaatan Teknologi, Sumber Informasi, Pendampingan Belajar

Abstract

Pemberian fasilitas teknologi pada anak ternyata tidak serta merta membuat orang tua merasa lega, namun justru kesibukan mereka bertambah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh tim PKM pada kelompok PKK RT.03/08 Dusun Sekardangan, diperoleh informasi bahwa banyak orang tua mengeluhkan tentang penggunaan handphone saat belajar daring. Masalah yang timbul yaitu meningkatnya frekuensi penggunaan handphone oleh anak-anak serta ketidakcakapan orang tua dalam mengoperasikan handphone ketika mendampingi belajar anak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan metode sosialisasi dan pelatihan hambatan dalam menggunakan teknologi sebagai media pendamping belajar anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kelompok Ibu-ibu PKK RT.03/08 Dusun Sekardangan termotivasi untuk melakukan pemanfaatan teknologi sebagai sumber pendampingan terhadap anak-anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. POLYGLOT: A Journal Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 65–78.

Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Fransisca, M., Yunus, Y., & Saputri, R. P. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Workshop Media Pembelajaran Berbasis Android. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 180–187. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4854

Haryadi, R., & Selviana, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. AoEJ : Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.

Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal of Multidicsiplinary Research and Development, 4(3), 183–187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Maktabatun : Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 9–14.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 13 Kerinci. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Sopiah, C. (2021). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda, 8(2), 21–31.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Usmaedi. (2021). Educatiom Curiculum for Society 5,0 to The Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.

Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9.

Wiryany, D., Idris, A. Y., & Ferdiansyah, J. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi. Penerapan Sistem Bisnis Keuangan dalam Mendukung Society 5.0, 23–34.

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-12-01

How to Cite

Febrinita, F. ., & Puspitasari, W. D. . (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi dalam Pendampingan Belajar Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.48