Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi dalam Pendampingan Belajar Anak
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.48Keywords:
Pemanfaatan Teknologi, Sumber Informasi, Pendampingan BelajarAbstract
Pemberian fasilitas teknologi pada anak ternyata tidak serta merta membuat orang tua merasa lega, namun justru kesibukan mereka bertambah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh tim PKM pada kelompok PKK RT.03/08 Dusun Sekardangan, diperoleh informasi bahwa banyak orang tua mengeluhkan tentang penggunaan handphone saat belajar daring. Masalah yang timbul yaitu meningkatnya frekuensi penggunaan handphone oleh anak-anak serta ketidakcakapan orang tua dalam mengoperasikan handphone ketika mendampingi belajar anak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan metode sosialisasi dan pelatihan hambatan dalam menggunakan teknologi sebagai media pendamping belajar anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kelompok Ibu-ibu PKK RT.03/08 Dusun Sekardangan termotivasi untuk melakukan pemanfaatan teknologi sebagai sumber pendampingan terhadap anak-anaknya.
Downloads
References
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. POLYGLOT: A Journal Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 65–78.
Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Fransisca, M., Yunus, Y., & Saputri, R. P. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Workshop Media Pembelajaran Berbasis Android. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 180–187. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4854
Haryadi, R., & Selviana, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. AoEJ : Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.
Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal of Multidicsiplinary Research and Development, 4(3), 183–187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603
Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Maktabatun : Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 9–14.
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36
Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 13 Kerinci. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603
Sopiah, C. (2021). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda, 8(2), 21–31.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Usmaedi. (2021). Educatiom Curiculum for Society 5,0 to The Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.
Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555
Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9.
Wiryany, D., Idris, A. Y., & Ferdiansyah, J. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi. Penerapan Sistem Bisnis Keuangan dalam Mendukung Society 5.0, 23–34.
Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Filda Febrinita, Wahyu Dwi Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0