Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Keterampilan Menyusun Dokumen Ajuan Hak Cipta bagi Guru-Guru

Authors

  • Agus Muji Santoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Slamet Hariyadi Universitas Jember
  • Bea Hana Siswati Universitas Jember
  • Ericka Darmawan Universitas Tidar
  • Astri Rino Oktivasari Politeknik Negeri Madura
  • Rizhal Hendi Ristanto Universitas Negeri Jakarta
  • Sulistiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Budhi Utami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Ari Budiretnani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tutut Indah Sulistiyowati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ida Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Elysabet Herawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poppy Rahmatika Primandiri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Khoiriyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sujarwoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahid Ibnu Zaman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Heru Budiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wiji Arianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dila Elpin Setiani Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.73

Keywords:

Hak cipta, ODSIMED, Kurikulum merdeka, Inovasi pembelajaran, Profesional guru

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka telah memacu kreativitas guru untuk mengembangkan perangkat ajar sesuai dengan prinsip pembelajaran terdeferensiasi. Namun, kesadaran guru terhadap perlindungan kekayaan intelektual masih rendah. Oleh karena itu, program pemberdayaan guru SMA dirancang dengan menggunakan metode ODSIMED. Tujuan program untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun ajuan hak cipta. Program dilaksanakan selama tiga bulan berbasis hands on. Tes awal dan akhir diberikan secara elektronik untuk mendapatkan data pemahaman tentang hak cipta. Data keterampilan penyusunan ajuan hak cipta diperoleh dari hasil skoring penugasan. Program ini dinilai baik oleh mitra dengan indeks mutu layanan sangat baik (3,56). Ada peningkatan yang sangat baik pada pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun dokumen ajuan hak cipta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Br Sibarani, L., Dame Ifa Sihombing, Sanggam P. Gultom, Sharfina Haslin, & Aswar Tarigan. (2022). Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi serta Memperkenalkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 282 Tornaincat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 5131–5140. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i6.3430

Gidete, B. B., Amirulloh, M., & Ramli, T. S. (2022). Pelindungan Hukum atas Pelanggaran Hak Cipta pada Karya Seni yang dijadikan Karya Non Fungible Token (NFT) pada Era Ekonomi Digital. Jurnal Fundamental Justice, 3(1): 1-18. https://doi.org/10.30812/fundamental.v2i2.1736

Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886-893. https:// doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356-465. https://doi.org.id/10.31004/obsesi.v3i2.196

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2022). The development of students' worksheets using problem-based learning to improve creativity and time management skills of students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1, p. 030016). AIP Publishing LLC. https://doi.org/10.1063/5.0102665

Purwaningsih E., Rachmawati, E., & Islami, I. (2021b). Peningkatan Kesadaran Terhadap Hak Cipta Bagi Guru-Guru SMPN 77 Jakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 500-510. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.3946

Purwaningsih, E., Ariyanti, Nur, E.R., & Irwan, S. (2021a). Penulisan Karya Ilmiah Guru yang Berpotensi Hak Cipta dalam Upaya Menunjang Kompetensi Guru-Guru SMPN 32 Bekasi. Info Abdi Cendekia, 4(1): 110-121. https://doi.org/10.33476/iac.v4i1.52

Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Penggerak Dalam Menganalisis Prinsip Asesmen dan Prinsip Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 164–174. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1262

Rohmania, Q. N., Afifah, I. N., Fatnatin, F., Primandiri, P. R., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2022). Electronic module protist material based on ASICC learning strategies. Research and Development in Education (RaDEn), 2(1), 40-50. https://doi.org/10.22219/raden.v2i1.20363

Santoso, A. M., & Primandiri, P. R. (2020). IbM Bioinformatika Berbasis Hasil Riset Eksplorasi Gen Penting pada Ginseng Jawa dan Jarak Pagar bagi Guru Biologi SMA untuk Memperbaiki Konsep Biologi Sel dan Molekuler. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(2), 187-193. https://doi.org/10.28926/jppnu.v2i2.35

Santoso, A. M., Damayanti, B. P., Firdhausi, A. F., Lianawati, D., Rachmah, I., Salsabela D.M., N. T.., Hidayati, A., Aristina, V. D., Sofiananda, V., Agustina, H., Yuanisyak, A., Kusuma, I. S., Aji, A. D. B., Dwiyantoko, F. N., Sholafudin, M., Annafinurika, M., & Dara, M. A. D. W. (2021b). Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Pengrajin Gerabah Tanah Liat Kedungsari di Kabupaten Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 66-74. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.84

Santoso, A. M., Hanggara, G. S., Afandi, Z., Mujiwati, E. S., Budiono, H., Primandiri, P. R., Setyowidodo, I., Nurfahrudianto, A., Irmayanti, E., Aizah, S., Darmawan, E., Ristanto, R. H., Siswati, B. H., Amin, M., Puspitasari, Y., & Julianto, T. (2021a). Penerapan Video Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Ramuan Herbal Selama Pandemi Covid-19 bagi Kelompok Remaja Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 126-137. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.34

Santoso, A. M., Sucipto, S., Istiqlaliyah, H., Ristyawan, A., Indriati, R., Afandi, Z., Sulistiono, S., Forijati, R., Firliana, R., Primandiri, P. R., Sutikno, S., Suciati, S., Rahajoe, D., Hadi, M. N., Tohari, A. F., Wibisono, R. M., Pratama, A., Annafinurika, M., As’ari, N., Rahayu, L. E., Wulandari, H. M., Rohmania, Q. N., Damayanti, B. P., Laili, V. C., & Gunawan, H. R. (2022). Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19-29. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.130

Santoso, A. M., Sulistiono, S., Budiretnani, D. A., Utami, B., Nurmilawati, M., Primandiri, P. R., Sulistiyowati, T. I., & Rahmawati, I. (2020). Deseminasi Praktik Terbaik Hasil Penelitian Bidang Eksplorasi Biodiversitas dan Pembelajaran Abad ke 21 untuk Penguatan Wawasan Guru IPA Kabupaten Kediri tentang Penelitian dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 54-67. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.16

Sucipto, S., Rahmayantis, M. D., Pramesti, Y. S., Sahari, S., Jatmiko, J., Ramadhani, R. A., Mukmin, B. A., & Fauji, D. A. S. (2022). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Workshop Series Literasi Ilmiah Pada Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 128-138. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.99

Wardoyo, Y.P., Regina, B.D., & Rezty, W.A. (2021). Penyuluhan Hukum tentang Urgensi Pendaftaran HKI pada Guru SD Muhammadiyah 8 DAU. Community Development Journal, 2(1):155-158. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1515

Wardoyo, Y.P., Regina, B.D., & Rezty, W.A. (2021). Penyuluhan Hukum tentang Urgensi Pendaftaran HKI pada Guru SD Muhammadiyah 8 DAU. Community Development Journal, 2(1):155-158. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1515

Winata, T. P., & Kansil, C. S. T. (2022).Perlindungan Hukum Terhadap Karya Seni Digital Non-Fungible Token (NFT) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, Syntax Literate:Jurnal Ilmiah Indonesia, (7)12: 1-11. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10779

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-06-20

How to Cite

Santoso, A. M., Hariyadi, S., Siswati, B. H., Darmawan, E., Oktivasari, A. R., Ristanto, R. H., Sulistiono, S., Utami, B., Budiretnani, D. A., Sulistiyowati, T. I., Rahmawati, I., Herawati, E., Primandiri, P. R., Khoiriyah, K., Sujarwoko, S., Zaman, W. I., Budiono, H., Arianti, W., & Setiani, D. E. (2023). Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Keterampilan Menyusun Dokumen Ajuan Hak Cipta bagi Guru-Guru . Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 276–289. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.73

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)