Pendampingan dan Pelatihan Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.63Keywords:
Pelatihan, Pendampingan, LiterasiAbstract
Literasi baca tulis menjadi hal yang sangat diperlukan khususnya bagi mahasiswa PGSD. Mahasiswa PGSD yang ingin menjadi guru akan menghadapi sekulitan dalam proses belajar mengajar jika tidak mahir membaca dan menulis. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan implementasi ilmu pengetahuan khususnya dibidang baca tulis bagi mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih. Metode pengabdian yakni survey lapangan, pelaksanaan, dan evaluasi adalah tiga langkah dalam proses yang digunakan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa masih tidak memahami literasi baca tulis. Melalui kegiatan yang menyenangkan, mahasiswa akan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap membaca dan menulis dan meningkatkan kemampuan literasi. Hasil pengabdian ini menghasilkan respons yang positif dan antusias dari mahasiswa PGSD yang berarti literasi baca tulis akan meningkat.
Downloads
References
Alim Amri, N., Ramadhani, N., Aisyah, N., & Asitha Sari, R. (2023). IBM Bagi Guru Taman Kanak-kanak Pada Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi. 7(1), 765–772. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12685
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 13, Issue 1).
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi
Melalui Model Blanded Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3).
Hafid, et al. (2020). Pendampingan Litarsi Program Penguatan Baca Tulis Kelas Awal Wilayah Pinggiran. Januari, 3(1), 1–5.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum
Bahasa. KEMBARA. Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842
Listrianti., Kurniawan., Fauzi., & Damayanti. (2022). PKM Pelatihan dan Pendampingan Literasi (Baca Tulis)
untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan bagi Siswa MI Tarbiyatul Islam. Guyub: Journal of Commuunity Engagement, 3(2), 100-107. https://doi.org/10.33650/guyub.v3i2.4073
Keluarga, P., Baca, L., Kepada Anak, B., Kecamatan, D., Kaler, B., & Wuryani, W. (2020). Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/
Kemendikbud. 2016. Permendiknas No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Jakarta: Puskur Balitbang Kemendikbud.
Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206
OECD. 2019. PISA 2018 Assesment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.
Risdiando, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate,
April (January).
Samarapungavan, A., Patrick, H., & Mantzicopoulos, P. (2011). What kindergarten students learn
in Inquiry-Based science classrooms. Cognition and Instruction, 29(4). https://doi.org/10.1080/07370008.2011.608027
UNICEF. (2015). 14 Million Children Impacted by Conflicts in Syria and Iraq. UNICEF.
Wicaksana, M. F., Sudiatmi, T., & Septiari, W. D. (2022). Merintis Literasi Masyarakat Melalui One Home One Library di Kelurahan Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(1), 14. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.5013
Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tiffany Shahnaz Rusli, Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0