Pendampingan dan Pelatihan Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih

Authors

  • Tiffany Shahnaz Rusli Universitas Cenderawasih
  • Hidayah Universitas Cendrawasih

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.63

Keywords:

Pelatihan, Pendampingan, Literasi

Abstract

Literasi baca tulis menjadi hal yang sangat diperlukan khususnya bagi mahasiswa PGSD. Mahasiswa PGSD yang ingin menjadi guru akan menghadapi sekulitan dalam proses belajar mengajar jika tidak mahir membaca dan menulis. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan implementasi ilmu pengetahuan khususnya dibidang baca tulis bagi mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih. Metode pengabdian yakni survey lapangan, pelaksanaan, dan evaluasi adalah tiga langkah dalam proses yang digunakan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa masih tidak memahami literasi baca tulis. Melalui kegiatan yang menyenangkan, mahasiswa akan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap membaca dan menulis dan meningkatkan kemampuan literasi. Hasil pengabdian ini menghasilkan respons yang positif dan antusias dari mahasiswa PGSD yang berarti literasi baca tulis akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim Amri, N., Ramadhani, N., Aisyah, N., & Asitha Sari, R. (2023). IBM Bagi Guru Taman Kanak-kanak Pada Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi. 7(1), 765–772. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12685

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 13, Issue 1).

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi

Melalui Model Blanded Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3).

Hafid, et al. (2020). Pendampingan Litarsi Program Penguatan Baca Tulis Kelas Awal Wilayah Pinggiran. Januari, 3(1), 1–5.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum

Bahasa. KEMBARA. Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842

Listrianti., Kurniawan., Fauzi., & Damayanti. (2022). PKM Pelatihan dan Pendampingan Literasi (Baca Tulis)

untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan bagi Siswa MI Tarbiyatul Islam. Guyub: Journal of Commuunity Engagement, 3(2), 100-107. https://doi.org/10.33650/guyub.v3i2.4073

Keluarga, P., Baca, L., Kepada Anak, B., Kecamatan, D., Kaler, B., & Wuryani, W. (2020). Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Kemendikbud. 2016. Permendiknas No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jakarta: Puskur Balitbang Kemendikbud.

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

OECD. 2019. PISA 2018 Assesment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Risdiando, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate,

April (January).

Samarapungavan, A., Patrick, H., & Mantzicopoulos, P. (2011). What kindergarten students learn

in Inquiry-Based science classrooms. Cognition and Instruction, 29(4). https://doi.org/10.1080/07370008.2011.608027

UNICEF. (2015). 14 Million Children Impacted by Conflicts in Syria and Iraq. UNICEF.

Wicaksana, M. F., Sudiatmi, T., & Septiari, W. D. (2022). Merintis Literasi Masyarakat Melalui One Home One Library di Kelurahan Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(1), 14. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.5013

Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.2

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-06-20

How to Cite

Rusli, T. S., & Hidayah, H. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 219–225. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.63

Issue

Section

Articles