Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva

Authors

  • Maguna Eliastuti Universitas Indraprasta PGRI
  • Rika Amelia Universitas Indraprasta PGRI
  • Fitri Marlina Batubara Universitas Indraprasta PGRI
  • Nunung Nuraini Universitas Indraprasta PGRI
  • Nisa Fardiah Universitas Indraprasta PGRI
  • Alfiani Damayanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Annisa Rizqiani Universitas Indraprasta PGRI
  • Eva Flora Wani Purba Universitas Indraprasta PGRI
  • Oktavianus Dore Paron Universitas Indraprasta PGRI
  • Risa Amelia Putri Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.62

Keywords:

Literasi Digital, Canva, Pelatihan

Abstract

Objek dalam pelatihan ini ialah peserta didik SMPN 66 Jakarta. Pelatihan penggunaan aplikasi Canva bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan literasi digital peserta didik SMPN 66 Jakarta dengan mengajarkan cara efektif memvisualisasikan informasi dan mempresentasikan ide melalui alat digital. Melalui pelatihan ini, peserta didik akan berlatih dan bereksperimen dengan aplikasi Canva, sehingga dapat meningkatkan literasi digital dan kemampuan kreativitas mereka. Diharapkan pelatihan ini akan membantu peserta didik menerapkan Canva dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah dan efektif. Pelatihan penggunaan aplikasi Canva bertujuan meningkatkan kemampuan menulis dan literasi digital peserta didik SMPN 66 Jakarta. Metode evaluasi yang digunakan meliputi diskusi dan persamaan persepsi, penyusunan modul pelatihan, penyusunan instrumen penilaian, pelatihan penggunaan canva, serta evaluasi dan penyusunan laporan. Hasil evaluasi ini akan memberikan gambaran tentang peningkatan kemampuan peserta didik dalam menggunakan Canva serta kepuasan mereka terhadap pelatihan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley and Computer Publishing.

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Government:, A. (2016). Defence White Paper. Australia Government, Department of Defence. Commonwelath of Australia. http://www.defence.gov.au/WhitePaper/Docs/2016-Defence-White-Paper.pdf

Hague, C., P. S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum Leadership Journal. http://www.curriculum.edu.au/leader/

Hague, & P. (2010). Digital literacy across the curriculum a Futurelab handbook.

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142-151.

Herlina, D., dan Syarif, S. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar melalui Metode Bercakap-Cakap pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan, 8(1), 1–10.

Khosrow-Pour, M. (2018). Encyclopedia of Information Science and Technology, Fourth Edition. IGI Global.

Koltay, T. (2011). The media and the literacies: Media literacy, information literacy, digital literacy. Media, Culture & Society, 33(2), 211–221. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.1177/0163443710393382

Kurniawati, J. dan Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu”. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.

Kwon, S., & Hyun, S. (2014). A study of the factor influencing the digital literacy capability of middle-aged people in online learning. Korean Journal of The Learning Science, 120–140.

Noh, Y. (2016). A study on the effect of digital literacy on information use behavior. Journal of Librarianship and Information Science, 49(1), 26–56.

Pelangi, G. (2020). “Pemanfaatana Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.” Jurnal Sasindo Unpam., 8(2).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suwatno. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Alfabeta.

UNESCO. (2011). ICT Competency Framework for Teachers. UNESCO.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Kwangsan, 4(2).

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43.

Yanuarti, A., Samakul, M., & Kusumah, W. (2021). LITERASI DIGITAL.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-06-20

How to Cite

Eliastuti, M. ., Amelia, R., Batubara, F. M., Nuraini, N., Fardiah, N., Damayanti, A., Rizqiani, A., Purba, E. F. W., Paron, O. D., & Putri, R. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 206–218. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.62

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)