Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.62Keywords:
Literasi Digital, Canva, PelatihanAbstract
Objek dalam pelatihan ini ialah peserta didik SMPN 66 Jakarta. Pelatihan penggunaan aplikasi Canva bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan literasi digital peserta didik SMPN 66 Jakarta dengan mengajarkan cara efektif memvisualisasikan informasi dan mempresentasikan ide melalui alat digital. Melalui pelatihan ini, peserta didik akan berlatih dan bereksperimen dengan aplikasi Canva, sehingga dapat meningkatkan literasi digital dan kemampuan kreativitas mereka. Diharapkan pelatihan ini akan membantu peserta didik menerapkan Canva dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah dan efektif. Pelatihan penggunaan aplikasi Canva bertujuan meningkatkan kemampuan menulis dan literasi digital peserta didik SMPN 66 Jakarta. Metode evaluasi yang digunakan meliputi diskusi dan persamaan persepsi, penyusunan modul pelatihan, penyusunan instrumen penilaian, pelatihan penggunaan canva, serta evaluasi dan penyusunan laporan. Hasil evaluasi ini akan memberikan gambaran tentang peningkatan kemampuan peserta didik dalam menggunakan Canva serta kepuasan mereka terhadap pelatihan ini.
Downloads
References
Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley and Computer Publishing.
Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827
Government:, A. (2016). Defence White Paper. Australia Government, Department of Defence. Commonwelath of Australia. http://www.defence.gov.au/WhitePaper/Docs/2016-Defence-White-Paper.pdf
Hague, C., P. S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum Leadership Journal. http://www.curriculum.edu.au/leader/
Hague, & P. (2010). Digital literacy across the curriculum a Futurelab handbook.
Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142-151.
Herlina, D., dan Syarif, S. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar melalui Metode Bercakap-Cakap pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan, 8(1), 1–10.
Khosrow-Pour, M. (2018). Encyclopedia of Information Science and Technology, Fourth Edition. IGI Global.
Koltay, T. (2011). The media and the literacies: Media literacy, information literacy, digital literacy. Media, Culture & Society, 33(2), 211–221. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.1177/0163443710393382
Kurniawati, J. dan Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu”. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.
Kwon, S., & Hyun, S. (2014). A study of the factor influencing the digital literacy capability of middle-aged people in online learning. Korean Journal of The Learning Science, 120–140.
Noh, Y. (2016). A study on the effect of digital literacy on information use behavior. Journal of Librarianship and Information Science, 49(1), 26–56.
Pelangi, G. (2020). “Pemanfaatana Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.” Jurnal Sasindo Unpam., 8(2).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suwatno. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Alfabeta.
UNESCO. (2011). ICT Competency Framework for Teachers. UNESCO.
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Kwangsan, 4(2).
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43.
Yanuarti, A., Samakul, M., & Kusumah, W. (2021). LITERASI DIGITAL.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maguna Eliastuti, Rika Amelia, Fitri Marlina Batubara, Nunung Nuraini, Nisa Fardiah, Alfiani Damayanti, Annisa Rizqiani, Eva Flora Wani Purba, Oktavianus Dore Paron, Risa Amelia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0