Mengatasi Kelemahan Internal Menggunakan Mc-Kinsey 7s Untuk Peningkatan Standar Mutu Pendidikan

Authors

  • Deny Jollyta Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Relita Buaton STMIK Kaputama
  • N Novriyenni STMIK Kaputama
  • Achmad Fauzi STMIK Kaputama

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.6

Keywords:

Standar Mutu Pendidikan, Kelemahan Internal, Model Mc-Kinsey 7s

Abstract

Mutu sebuah sekolah ditandai dengan berjalannya sistem penjaminan mutu di internal sekolah. Pencanangan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) oleh pemerintah menguatkan kenyataan bahwa penjaminan mutu sekolah sangat diperlukan dalam mencapai Standar Mutu Pendidikan. Terlaksananya penjaminan mutu sekolah merupakan early warning system untuk memperbaiki kesalahan sebelum situasi semakin parah. Kesulitan yang terjadi dalam pencapaian standar adalah kurangnya kesadaran sekolah terhadap kelemahan diri sendiri. Pemicu kelemahan tidak mampu diatasi dan cenderung diabaikan. Studi ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah model penyelesaian kelemahan internal sekolah dengan Mc-Kinsey 7s dalam mencapai mutu melalui gambaran sejumlah indikator yang disusun dalam bentuk angket. Data angket diolah menggunakan SPSS dengan hasil 33,33% dari indikator berada pada ranah Cukup, Kurang dan Sangat Kurang. Kelemahan pada indikator ini diperkuat dengan 7 elemen dari model Mc-Kinsey 7s untuk dihasilkan penyelesaian. Diharapkan penguatan melalui integrasi 7 elemen Mc-Kinsey dapat mengatasi kelemahan internal sekolah dalam menuju SMK PK yang berkualitas dan bermartabat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alshaher, A. A.-F. (2013). The McKinsey 7S Model Framework for E-Learning System Readiness Assessment. International Journal of Advances in Engineering & Technology, 6(5), 1948–1966.

Carvalho, A. M., Sampaio, P., Rebentisch, E., Carvalho, J. Á., & Saraiva, P. (2017). Operational excellence, organisational culture and agility: the missing link? Total Quality Management and Business Excellence, 30(13–14), 1495–1514. https://doi.org/10.1080/14783363.2017.1374833

Demir, E., & Kocaoglu, B. (2019). The use of McKinsey s 7S framework as a strategic planning and economic assestment tool in the process of digital transformation. Pressacademia Procedia, 9(25), 114–119. https://doi.org/10.17261/pressacademia.2019.1078

Jollyta, D., Oktarina, D., Astri, R., Kadim, L. A. N., & Dasriani, N. G. A. (2021). Cluster Analysis Based on McKinsey 7s Framework in Improving University Services. Journal of Artificial Intelligence and Engineering Applications, 1(1), 1–8.

Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tentang Program SMK Pusat Keunggulan, 73 (2021).

Kemp, S. E., Hort, J., & Hollowood, T. (2018). Descriptive Analysis in Sensory Evaluation. In A series of Books on Selected Topics in the Field of Sensory Evaluation (p. 18).

León-Mantero, C., Casas-Rosal, J. C., Pedrosa-Jesús, C., & Maz-Machado, A. (2020). Measuring attitude towards mathematics using Likert scale surveys: The weighted average. PLoS ONE, 15(October), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0239626

Ong, M. H. A., & Puteh, F. (2017). Quantitative Data Analysis: Choosing Between SPSS, PLS and AMOS in Social Science Research. International Interdisciplinary Journal of Scientific Research, 3(1), 14–25.

Pinfield, S., & Rutter, S. (2019). Extending McKinsey 7S model to understand strategic alignment in academic libraries. Library Management, 40(5), 313–326.

Ravanfar, M. M. (2015). Analyzing Organizational Structure based on 7s model of McKinsey. Global Journal of Management and Business Research, 15(10), 7–12. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v5-i5/1591

Şalvarlı, M. ustaf. S., & Doğu, K. (2018). An analysis of McKinsey 7-S model and its application on organizational efficiency. International Journal of Scientific and Technological Research, 4(7), 103–111.

Sarvitri, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p38

SISTEM PENJAMINAN MUTU SMK, 45 (2021).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-12-31

How to Cite

Jollyta, D., Buaton, R., Novriyenni, N., & Fauzi, A. (2021). Mengatasi Kelemahan Internal Menggunakan Mc-Kinsey 7s Untuk Peningkatan Standar Mutu Pendidikan. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 27-37. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.6