Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental dan Karakter Peserta Didik di SMPN 2 Tanjungsiang
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.125Keywords:
Pelajar, Kesehatan Mental, Karakter, GawaiAbstract
Latar belakang: Di era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan pelajar. Meskipun gadget menawarkan banyak manfaat, penggunaan yang berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi para pelajar khususnya terhadap kesehatan mental dan perubahan karakter siswa di SMPN 2 Tanjungsiang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai bentuk edukasi kepada pelajar agar dapat menggunakan gadget secara bijak. Metode: Metode dalam kegiatan ini berupa metode kualitatif menggunakan pendekatan berupa penyampaian materi melalui ceramah dan diskusi, serta pendampingan dari guru dan pakar yang memiliki keahlian di bidang teknologi pendidikan. Hasil: Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa pelajar mampu menggunakan gadget secara bijak dan dapat memahami dampak bahaya dari penggunaan gadget yang tidak teratur. Kesimpulan: penyuluhan tentang dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan mental dan karakter peserta didik dapat diketahui bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif bagi siswa-siswi yang terlibat.
Downloads
References
Ariyani Ramadhani, Sandra Fitria Wardani, Samsiar. 2024. “Pemanfaatan Gadget Sebagai Teknologi Digital Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Potensi Berbahasa Anak Usia Dini.” Journal On Teachear Education 5(3): 2.
Chusna, Puji Asmaul. 2017. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17(2): 2.
Endah Robiatul Adawiyah. 2023. “Family Participation in Learning Sundanese at Mi Mq An-Nuur.” Indonesian Journal of Educational Science and Technology (Nurture) 2(1): 4.
Filda Febrinita, Wahyu Dwi Puspitasari, Ines Tyas Rahayu. 2024. “Peningkatan Keterampilan Penyusunan Soal Problem Solving Dalam Pembelajaran Bagi Guru MI Miftahul Huda 02 Papungan.” Jurnal APPI : Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2): 4.
Fitriana, Anizar Ahmad, Fitria. 2020. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga.” Psikoislamedia Jurnal Psikologi 5(2): 2.
Husni, L, S Narti, A Rufaridah, and ... 2024. “Edukasi Pengaruh Gadjet Terhadap Remaja Di Kelurahan Kubu Dalam Parak Parakah Tahun 2024.” JGEN: Jurnal … 2: 179–84.
Kamaruddin. 2023. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Kesehatan Mental Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah.” Journal on Education 6(1).
Kurniawati, Dian. 2020. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 2.
Marpaung, Junierissa. 2018. “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DALAM KEHIDUPAN (THE EFFECT OF USE OF GADGET IN LIFE).” Jurnal Kopasta 5(2): 59.
Pebriana, Putri Hana. 2017. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini 1(1): 2.
Ramdhan Witarasa, Rina Sri Mulyani Hadi, Nurhananik, Neneng Rini Haerani. 2018. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogik 6(1): 1.
Renylda, Reta, and Loriza Sativa Yan. 2023. “Upaya Meningkatkan Pengetahuan Remaja Dalam Mengatasi Adiksi Gadget.” ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 3(2): 221–30. doi:10.30812/adma.v3i2.2472.
Samrin. 2016. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib 9(1): 122–23.
Subarkah, Milana Abdillah. 2019. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak.” Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15(1): 2.
Yumarni, Vivi. 2022. “Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Literasiologi 8(2): 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pajar Nopal Akbar, Pajar, Dina Nur Alia, Listy Yasin Nurhafadhoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0