Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental dan Karakter Peserta Didik di SMPN 2 Tanjungsiang

Authors

  • Pajar Nopal Akbar STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Pajar STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Dina Nur Alia STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Listy Yasin Nurhafadhoh STAI Riyadhul Jannah Subang

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.125

Keywords:

Pelajar, Kesehatan Mental, Karakter, Gawai

Abstract

Latar belakang: Di era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan pelajar. Meskipun gadget menawarkan banyak manfaat, penggunaan yang berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi para pelajar khususnya terhadap kesehatan mental dan perubahan karakter siswa di SMPN 2 Tanjungsiang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai bentuk edukasi kepada pelajar agar dapat menggunakan gadget secara bijak. Metode: Metode dalam kegiatan ini berupa metode kualitatif menggunakan pendekatan berupa penyampaian materi melalui ceramah dan diskusi, serta pendampingan dari guru dan pakar yang memiliki keahlian di bidang teknologi pendidikan. Hasil:  Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa pelajar mampu menggunakan gadget secara bijak dan dapat memahami dampak bahaya dari penggunaan gadget  yang tidak teratur. Kesimpulan: penyuluhan tentang dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan mental dan karakter peserta didik dapat diketahui bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif bagi siswa-siswi yang terlibat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani Ramadhani, Sandra Fitria Wardani, Samsiar. 2024. “Pemanfaatan Gadget Sebagai Teknologi Digital Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Potensi Berbahasa Anak Usia Dini.” Journal On Teachear Education 5(3): 2.

Chusna, Puji Asmaul. 2017. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17(2): 2.

Endah Robiatul Adawiyah. 2023. “Family Participation in Learning Sundanese at Mi Mq An-Nuur.” Indonesian Journal of Educational Science and Technology (Nurture) 2(1): 4.

Filda Febrinita, Wahyu Dwi Puspitasari, Ines Tyas Rahayu. 2024. “Peningkatan Keterampilan Penyusunan Soal Problem Solving Dalam Pembelajaran Bagi Guru MI Miftahul Huda 02 Papungan.” Jurnal APPI : Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2): 4.

Fitriana, Anizar Ahmad, Fitria. 2020. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga.” Psikoislamedia Jurnal Psikologi 5(2): 2.

Husni, L, S Narti, A Rufaridah, and ... 2024. “Edukasi Pengaruh Gadjet Terhadap Remaja Di Kelurahan Kubu Dalam Parak Parakah Tahun 2024.” JGEN: Jurnal … 2: 179–84.

Kamaruddin. 2023. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Kesehatan Mental Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah.” Journal on Education 6(1).

Kurniawati, Dian. 2020. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 2.

Marpaung, Junierissa. 2018. “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DALAM KEHIDUPAN (THE EFFECT OF USE OF GADGET IN LIFE).” Jurnal Kopasta 5(2): 59.

Pebriana, Putri Hana. 2017. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini 1(1): 2.

Ramdhan Witarasa, Rina Sri Mulyani Hadi, Nurhananik, Neneng Rini Haerani. 2018. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogik 6(1): 1.

Renylda, Reta, and Loriza Sativa Yan. 2023. “Upaya Meningkatkan Pengetahuan Remaja Dalam Mengatasi Adiksi Gadget.” ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 3(2): 221–30. doi:10.30812/adma.v3i2.2472.

Samrin. 2016. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib 9(1): 122–23.

Subarkah, Milana Abdillah. 2019. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak.” Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15(1): 2.

Yumarni, Vivi. 2022. “Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Literasiologi 8(2): 4.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-09

How to Cite

Akbar, P. N., Adawiyah, E. R., Alia, D. N., & Nurhafadhoh, L. Y. (2024). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental dan Karakter Peserta Didik di SMPN 2 Tanjungsiang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 86–92. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.125