Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartila di SMP Negeri 5 Kota Solok

Authors

  • Devi Elsi Susanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nana Sepriyanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.201

Keywords:

Pendampingan, Membaca Al-Qur’an, Tartilla

Abstract

Latar Belakang: Bantuan ini diperlukan mengingat masih banyaknya santri yang kesulitan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid, serta minimnya pemahaman mereka terhadap ketentuan bacaan. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, sesuai dengan konsep tajwid dan makhraj, dengan menggunakan teknik tartila. Metode: Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an siswa yang menggunakan metode tartila. Siswa menunjukkan peningkatan ketepatan dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah, memahami kaidah tajwid, dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan tartil dan khidmat. Kesimpulan: Penerapan teknik tartila dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an secara akurat dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, K. A. (2020). Sistem Pendidikan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini (Study Komparasi Penggunaan Metode Tartila Dan At-Tanzil Di Ra Ash-Shiddiqi Dan Ra Tarbiyatus Sholihin Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 7(2), 210–225. Https://Journal.Uim.Ac.Id/Index.Php/Alulum/Article/Download/840/573

Asmawadi, A. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btq). Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 9–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51878/Vocational.V1i1.31 DOI: https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.31

Assya’bani, R., Maulana, M. R., Maulana, M. R., Jalal, M. J., Rahman, S. A., Fatih, M., & Salim, A. (2022). Pkm Pengaplikasian Metode Makhraji Di Rumah Qur’an Mahasiswa Kkn Desa Padang Luar Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Guyub: Journal Of Community Engagement, 3(3), 221–230. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33650/Guyub.V3i3.4868 DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4868

Bariyah, K. B., Aniyah, Mardiyanto, & Nirwana. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Alquran. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 1–5. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57251/Hij.V1i1.67 DOI: https://doi.org/10.57251/hij.v1i1.67

Imron, M., Syarifudin, E., & Gunawan, A. (2022). Pendidikan Islam Dan Gerakan Islam Transnasional Di Indonesia. Jppm Jurnal Penelitian Dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 95–108.

Khaerul, K. U., Asisah, N., Muttaqin, Z., Anam, M. M., & Aziza, R. R. (2022). Peningkatan Kualitas Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Melalui Metode Particitory Action Reserach (Par). Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 411–416. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29303/Jppm.V5i4.4259 DOI: https://doi.org/10.29303/jppm.v5i4.4259

Maulana, I., Haq, A., & Jalil, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Al-Quran Melalui Metote Tartila Pada Siswa Di Mts Nurul Iman Sindet Lami Besuk Probolinggo. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(4), 134–140. Https://Jim.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Fai/Article/View/3271

Mida, K. K., & Maunah, B. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Program Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Mi Tholabuddin Gandusari Blitar. Ahdaf: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 97–110. Https://Doi.Org/10.47766/Ahdaf.V2i1.1476

Nimah, S., & Hamzah, A. (2021). Korelasi Hasil Belajar Ilmu Tajwid Dengan Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi Iat Iai Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 1–20. Https://Journal.Uiad.Ac.Id/Index.Php/Al-Mubarak/Article/View/491 DOI: https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v6i1.491

Nurochmah, A. D., Nabila, G., & Ritonga, M. (2022). Peran Tpq Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di Tpa Ar-Rahmah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1841–1848. Https://Bajangjournal.Com/Index.Php/Jpdsh/Article/View/2965

Putra, I. A., Rahmawati, R. D., & Rofiq, A. A. (2020). Pendampingan Mengajar Di Lembaga Taman Pendidikan Al-Quran Desa Brangkal. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–12. Http://Ejournal.Unwaha.Ac.Id/Index.Php/Abdimas_Agama/Article/View/1024 DOI: https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v1i1.1024

Sa’diah, K. (2013). Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tartila Di Tpq Sabilun Najah Sambiroto Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 1(2), 267–286. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15642/Jpai.2013.1.2.267-286 DOI: https://doi.org/10.15642/pai.2013.1.2.267-286

Saepudin, A., Setiawati, A. F., & Qoyim, N. (2022). Pengabdian Mahasiswa Di Masyarakat Terpencil (Studi Par Di Cigarukgak, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta). Adindamas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–139. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37726/Adindamas.V1i2.323 DOI: https://doi.org/10.37726/adindamas.v1i2.323

Sapuroh, S. (2022). Efektivitas Ekstrakulikuler Btq Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Smpn 9 Rejang Lebong. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1), 63–71. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51878/Educator.V2i1.1091 DOI: https://doi.org/10.51878/educator.v2i1.1091

Setyawati, D. P., Islamiyah, & Kurniawan, A. K. (2024). Tot Metode Tartila Bersajak Kepada Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Kampung Medang. Bakti Mulya: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 2(1), 48–54. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59166/Baktimulya.V2i1.113 DOI: https://doi.org/10.59166/baktimulya.v2i1.113

Susanti, M., Islam, M. H., & Inzah, M. (2025). Implementasi Metode Tartila Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Quran Para Santri Di Tpq Al-Hidayah Desa Karang Pranti Pajarakan Probolinggo. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 6(1), 59–73. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51672/Jbpi.V6i1.575 DOI: https://doi.org/10.51672/jbpi.v6i1.575

Syah, C. F. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Tartila Bil Qolam Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Siswa Kelas Iii Mi Nurul Falah Balibata Kebonsari Madiun [Iain Ponorogo]. Https://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/25009/1/203190023_Cahya Firman Syah_Pgmi.Pdf

Tanjung, E. F., Hayati, I., & Hasibuan, M. F. (2022). Application Of Al-Quran Learning With The Tartila Method For Junior High School Students In Sibolga. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1257–1270. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V14i1.1187 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1187

Umar, U. (2023). Development Of Islamic Educational Institutions In Increasing Competitiveness In The Modern Era. 1, 760–764. Https://Ejournal.Unuja.Ac.Id/Index.Php/Icesh/Article/View/6004

Wahyudi, I., & Salahuddin, R. (2024). Implementasi Penggunaan Metode At-Tartil Dalam Pembelajaran Btq Di Mi Thoriqussalam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1240–1245. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V24i2.5014 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5014

Yakin, A., & Ferdiyansyah, F. (2022). Pkm Akselerasi Baca Tulis Al-Quran Terhadap Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Dengan Metode Iqra’dan Tartila Di Madrasah. Journal Of Guyub, 3(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33650/Guyub.V3i3.4378 DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4378

Yudha, F., Aziz, A., & Tohir, M. (2021). Pendampingan Siswa Terdampak Covid-19 Melalui Media Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Online. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 964–978. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i3.4555

Zulherman, Z., Amirudin, A., & Aslam, A. (2021). Pelatihan Baca Al-Qur’an (Tahsin) Bersama Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Abdidas, 2(3), 545–550. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V2i3.320 DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.320

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-26

How to Cite

Susanti, D. E., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2025). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartila di SMP Negeri 5 Kota Solok . Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 76–86. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.201