Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartila di SMP Negeri 5 Kota Solok
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.201Keywords:
Pendampingan, Membaca Al-Qur’an, TartillaAbstract
Latar Belakang: Bantuan ini diperlukan mengingat masih banyaknya santri yang kesulitan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid, serta minimnya pemahaman mereka terhadap ketentuan bacaan. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, sesuai dengan konsep tajwid dan makhraj, dengan menggunakan teknik tartila. Metode: Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an siswa yang menggunakan metode tartila. Siswa menunjukkan peningkatan ketepatan dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah, memahami kaidah tajwid, dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan tartil dan khidmat. Kesimpulan: Penerapan teknik tartila dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an secara akurat dan efektif.
Downloads
References
Aini, K. A. (2020). Sistem Pendidikan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini (Study Komparasi Penggunaan Metode Tartila Dan At-Tanzil Di Ra Ash-Shiddiqi Dan Ra Tarbiyatus Sholihin Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 7(2), 210–225. Https://Journal.Uim.Ac.Id/Index.Php/Alulum/Article/Download/840/573
Asmawadi, A. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btq). Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 9–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51878/Vocational.V1i1.31 DOI: https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.31
Assya’bani, R., Maulana, M. R., Maulana, M. R., Jalal, M. J., Rahman, S. A., Fatih, M., & Salim, A. (2022). Pkm Pengaplikasian Metode Makhraji Di Rumah Qur’an Mahasiswa Kkn Desa Padang Luar Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Guyub: Journal Of Community Engagement, 3(3), 221–230. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33650/Guyub.V3i3.4868 DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4868
Bariyah, K. B., Aniyah, Mardiyanto, & Nirwana. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Alquran. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 1–5. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57251/Hij.V1i1.67 DOI: https://doi.org/10.57251/hij.v1i1.67
Imron, M., Syarifudin, E., & Gunawan, A. (2022). Pendidikan Islam Dan Gerakan Islam Transnasional Di Indonesia. Jppm Jurnal Penelitian Dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 95–108.
Khaerul, K. U., Asisah, N., Muttaqin, Z., Anam, M. M., & Aziza, R. R. (2022). Peningkatan Kualitas Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Melalui Metode Particitory Action Reserach (Par). Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 411–416. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29303/Jppm.V5i4.4259 DOI: https://doi.org/10.29303/jppm.v5i4.4259
Maulana, I., Haq, A., & Jalil, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Al-Quran Melalui Metote Tartila Pada Siswa Di Mts Nurul Iman Sindet Lami Besuk Probolinggo. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(4), 134–140. Https://Jim.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Fai/Article/View/3271
Mida, K. K., & Maunah, B. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Program Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Mi Tholabuddin Gandusari Blitar. Ahdaf: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 97–110. Https://Doi.Org/10.47766/Ahdaf.V2i1.1476
Nimah, S., & Hamzah, A. (2021). Korelasi Hasil Belajar Ilmu Tajwid Dengan Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi Iat Iai Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 1–20. Https://Journal.Uiad.Ac.Id/Index.Php/Al-Mubarak/Article/View/491 DOI: https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v6i1.491
Nurochmah, A. D., Nabila, G., & Ritonga, M. (2022). Peran Tpq Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di Tpa Ar-Rahmah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1841–1848. Https://Bajangjournal.Com/Index.Php/Jpdsh/Article/View/2965
Putra, I. A., Rahmawati, R. D., & Rofiq, A. A. (2020). Pendampingan Mengajar Di Lembaga Taman Pendidikan Al-Quran Desa Brangkal. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–12. Http://Ejournal.Unwaha.Ac.Id/Index.Php/Abdimas_Agama/Article/View/1024 DOI: https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v1i1.1024
Sa’diah, K. (2013). Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tartila Di Tpq Sabilun Najah Sambiroto Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 1(2), 267–286. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15642/Jpai.2013.1.2.267-286 DOI: https://doi.org/10.15642/pai.2013.1.2.267-286
Saepudin, A., Setiawati, A. F., & Qoyim, N. (2022). Pengabdian Mahasiswa Di Masyarakat Terpencil (Studi Par Di Cigarukgak, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta). Adindamas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–139. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37726/Adindamas.V1i2.323 DOI: https://doi.org/10.37726/adindamas.v1i2.323
Sapuroh, S. (2022). Efektivitas Ekstrakulikuler Btq Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Smpn 9 Rejang Lebong. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1), 63–71. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51878/Educator.V2i1.1091 DOI: https://doi.org/10.51878/educator.v2i1.1091
Setyawati, D. P., Islamiyah, & Kurniawan, A. K. (2024). Tot Metode Tartila Bersajak Kepada Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Kampung Medang. Bakti Mulya: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 2(1), 48–54. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59166/Baktimulya.V2i1.113 DOI: https://doi.org/10.59166/baktimulya.v2i1.113
Susanti, M., Islam, M. H., & Inzah, M. (2025). Implementasi Metode Tartila Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Quran Para Santri Di Tpq Al-Hidayah Desa Karang Pranti Pajarakan Probolinggo. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 6(1), 59–73. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51672/Jbpi.V6i1.575 DOI: https://doi.org/10.51672/jbpi.v6i1.575
Syah, C. F. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Tartila Bil Qolam Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Siswa Kelas Iii Mi Nurul Falah Balibata Kebonsari Madiun [Iain Ponorogo]. Https://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/25009/1/203190023_Cahya Firman Syah_Pgmi.Pdf
Tanjung, E. F., Hayati, I., & Hasibuan, M. F. (2022). Application Of Al-Quran Learning With The Tartila Method For Junior High School Students In Sibolga. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1257–1270. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V14i1.1187 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1187
Umar, U. (2023). Development Of Islamic Educational Institutions In Increasing Competitiveness In The Modern Era. 1, 760–764. Https://Ejournal.Unuja.Ac.Id/Index.Php/Icesh/Article/View/6004
Wahyudi, I., & Salahuddin, R. (2024). Implementasi Penggunaan Metode At-Tartil Dalam Pembelajaran Btq Di Mi Thoriqussalam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1240–1245. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V24i2.5014 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5014
Yakin, A., & Ferdiyansyah, F. (2022). Pkm Akselerasi Baca Tulis Al-Quran Terhadap Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Dengan Metode Iqra’dan Tartila Di Madrasah. Journal Of Guyub, 3(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33650/Guyub.V3i3.4378 DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4378
Yudha, F., Aziz, A., & Tohir, M. (2021). Pendampingan Siswa Terdampak Covid-19 Melalui Media Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Online. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 964–978. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i3.4555
Zulherman, Z., Amirudin, A., & Aslam, A. (2021). Pelatihan Baca Al-Qur’an (Tahsin) Bersama Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Abdidas, 2(3), 545–550. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V2i3.320 DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.320
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Elsi Susanti, Martin Kustati, Nana Sepriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0