Pendampingan Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Tikrar di SMP Negeri 5 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.198Keywords:
Pendampingan, Menghafal Al-Qur’an, TikrarAbstract
Latar Belakang : Perlunya pendampingan ini dilatarbelakangi oleh berbagai kendala yang dialami oleh santri dalam menjaga hafalannya, antara lain hafalan yang kurang baik dan pemahaman kaidah tajwid terhadap ayat-ayat yang dihafalnya. Tujuan: Pendampingan ini bertujuan untuk menilai kelancaran hafalan dan ketepatan membaca Al-Qur'an sesuai kaidah tajwid. Metode: Pendekatan pendampingan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang meliputi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Hasil: Penerapan metode tikrar pada santri dapat meningkatkan proses hafalan, memudahkan mengulang ayat-ayat Al-Qur'an secara terus menerus dan tidak tergesa-gesa, serta hafalan dapat tertanam kuat dalam ingatan. Kesimpulan: Penerapan metode tikrar dapat meningkatkan kualitas hafalan dan bacaan Al-Qur'an santri sesuai kaidah tajwid, terbukti dari respon santri yang baik selama proses pendampingan.
Downloads
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, H. M., Kambau, R. A., Rahman, A. S., Sudirman, M., Jamilah, J., Kadir, A. N., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, N., Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (D. P. T. K. Islam, D. J. P. Islam, & K. A. Ri (Ed.); 1 Ed.). Direktor.
Alaika M. Bagus Kurnia Ps, & Aliah, N. D. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tartil Al-Qur’an Dalam Teori Tadarruj Dan Tikrar Ibnu Khaldun (Studi Analisis Pada Metode Bil Qolam Di Smp Khadijah Surabaya). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(1).
Albersa, R., Kustati, M., & Gusmirawati, G. (2023). Pendampingan Siswa Pada Kegiatan Tahfidz Alqur’an Dengan Metode Jibril Di Sd 14 Koto Panjang. Renata: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(3). Https://Doi.Org/10.61124/1.Renata.22 DOI: https://doi.org/10.61124/1.renata.22
Amalia Afifah, Y., Asma Hafifah, S., Al-Mas, S., & Sukabumi, Udiyah. (2023). Efektivitas Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 117–130. Https://Doi.Org/10.69768/Jt.V1i2.12 DOI: https://doi.org/10.69768/jt.v1i2.12
Astuti, M., & Fahmi, F. (2021). Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelas B Di Paud Sps Bhakti Pertiwi. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2). DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.11246
Aziz, A., Kustati, M., & Gusmirawati, G. (2023). Pendampingan Menghafal Alquran Melalui Metode Talaqqi Di Tpq Masjid Muhajirin Padang Besi Kota Padang. Al-Dyas : Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58578/Aldyas.V3i1.2013 DOI: https://doi.org/10.58578/aldyas.v3i1.2013
Aziz, U., & Isroani, F. (2021). Pendampingan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Tikrar Santri Di Ma As Sathi’. Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(2), 23–31. Https://Doi.Org/10.55606/Kreatif.V1i2.1315 DOI: https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i2.1315
Budianti, R., Mardianto, M., … Z. Z.-I. R. And, & 2020, U. (2020). Implementation Of Tikrar Methods In Memorizing Al-Qur’an In Tahfidzul Qur’an Foundation Al-Fawwaz Medan. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education, 3(2), 974–980. Https://Doi.Org/10.33258/Birle.V3i2.1025 DOI: https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1025
Chahnia, J., Kustati, M., & Amelia, R. (2023). Pendampingan Tahfiz Al-Qur’an Santri Menggunakan Metode Tasmi’ Di Mdta Nurul Yaqin Bukittinggi. Renata: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(3). Https://Doi.Org/10.61124/1.Renata.23 DOI: https://doi.org/10.61124/1.renata.23
Fadilla, K., Langsa, I., & Sabri, H. (2024). Peningkatan Hafalan Siswa Dengan Metode 3t1m. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.32505/Ikhtibar.V11i1.8612 DOI: https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v11i1.8612
Faiz, A., Kustati, M., & Gusmirawati, G. (2023). Pendampingan Pembelajaran Tahfidz Menggunakan Metode Talaqqi Kelas Xi Di Smk Kesehatan Genus Sumatera Barat. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1703–1714. Https://Gembirapkm.My.Id/Index.Php/Jurnal/Article/View/310
Hakim, A., Garancang, S., & Chalik, S. A. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Menghafal Al- Qur ’ An Untuk Mengembangkan Program Tahfiz Di Pesantren Sultan Hasanuddin , Gowa Mentoring And Training In Memorizing Al-Qur ’ An To Develop Tahfiz Program In Sultan Hasanuddin Islamic Boarding School , Gowa. Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 115–121. Https://Doi.Org/10.24252/Khidmah.V3i2.39992 DOI: https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.39992
Hakim, A., & Hammam, H. (2024). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Kekuatan Hafalan Pada Pelajar Boarding School Di Smp Menara Al-Qur’an Parakan. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1). Https://Attractivejournal.Com/Index.Php/Aj/Article/View/980
Hasbi, H., & Teguh, H. P. (2019). Pendidikan Agama Islam Era Modern (Hal. 444). Penerbit Leutikaprio.
Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V5i01.140 DOI: https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Izzan, A. (2011). Ulumul Qur’an: Telaah Tekstualitas Dan Kontekstualitas Alquran. Tafakur.
Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 14(1), 18–35. DOI: https://doi.org/10.19109/medinate.v14i1.2362
Mashuri, I., Muftiyah, A., & Nafisah, S. F. (2022). Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas Ix Mts Darul Amien Jajag Gambiran. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 6(1). Https://Doi.Org/10.29062/Tarbiyatuna.V6i1.1302 DOI: https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v6i1.1302
Maskur, M. (2019). Seni Baca Al-Quran: Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits. Quality, 7(2), 100–113. Https://Doi.Org/10.21043/Quality.V7i2.5783 DOI: https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5783
Mawaddati, I. R. (2021). Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pesantren Tahfidhul Qur’an Nahdlatut Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Journal Educational Research And Development, 5(1), 45–56. Https://Doi.Org/10.31537/Ej.V5i1.419 DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.419
Mu’minatun, D., Education, M. M.-J. I. M., & 2022, Undefined. (2022). Metode Tikrar Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden. Academia.Edudi Mu’minatun, M Misbahjurnal Ilmiah Mandala Education, 2022•Academia.Edu, 8(2). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V8i2.3070 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3070
Ridha, A. A. (2024). Penerapan Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur’an Santri Di Tk-Tpa An-Nisa Tonasa Ii, Biring Ere, Bungoro, Kab. Pangkep. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8513–8520. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V8i1.13672
Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33–37. Https://Doi.Org/10.15575/Kp.V1i1.7138 DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138
Rizki, M., & Hafizhoh, S. (2022). Implementasi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Dengan Menggunakan Metode 3t+1m (Talqin, Tafahhum, Tikrar Dan Muraja’ah). Ansiru Pai : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(2), 208–215. Https://Doi.Org/10.30821/Ansiru.V6i2.15674.G6777 DOI: https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.15674
Rosalinda, R., Luthfiyah, L., & Ferdiansyah, F. (2025). Implementasi Metode 3t+1m (Tasmi’, Tafahhum, Tikrar Dan Muroja’ah) Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di Smp Islam Tahfidz Qur’an (Itq) Kelurahan Kolo Kota Bima. Action Research Journal Indonesia (Arji), 7(1), 511-521–511 – 521. Https://Doi.Org/10.61227/Arji.V7i1.312 DOI: https://doi.org/10.61227/arji.v7i1.312
Sa’dulloh, A., & Muslih, I. (2022). Efektivitas Metode Mudarosah Dalam Menjaga Hafalan Al Quran Di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng. Indonesian Journal Of Instructional Technology. Https://Journal.Kurasinstitute.Com/Index.Php/Ijit/Article/View/217
Septrianto, W., Zubaidi, S., Ridho, D., Anggara, A., Firdaus, M. I., Muhammad, E., Sasongko, B., & Sasongko, Y. B. (2025). Pendampingan Metode 4t 1 Im (Tasmi’, Tilawah, Tafhim, Tikrar Dan Murojaah) Untuk Peningkatan Hafalan Al-Qurán Santri Tpa Jannatul Firdaus Siman Ponorogo. Journal Of Human And Education (Jahe), 5(1), 561–567. Https://Doi.Org/10.31004/Jh.V5i1.2198 DOI: https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2198
Syahril, M., Kustati, M., & Amelia, R. (2023). Pendampingan Program Tahfidz Dengan Menggunakan Buku Kontrol Hapalan Di Tpq Sabilun Najah Desa Tanjung Harapan. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(November), 899–906. Https://Pekatpkm.My.Id/Index.Php/Jp/Article/View/143
Tahiyah, T., & Maharani, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Juz 30 Dengan Metode Jama’dan Talaqqi. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi …, 4(2), 91–101. Https://Jurnalstitmaa.Org/Index.Php/Alasma/Article/View/74
Waliko, W. (2022). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Nusantara: Disertai Rujukan Lembaga Pedidikan Dan Pesantren Yang Menerapkan (1 Ed.). Wawasan Ilmu.
Yudha, F., Aziz, A., & Tohir, M. (2021). Pendampingan Siswa Terdampak Covid-19 Melalui Media Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Online. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 964–978. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i3.4555
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Yeka Damayanti, Martin Kustati, Nana Sepriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0