Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak melalui Kegiatan Membacakan Cerita Pendek di Depan Kelas

Authors

  • Bahjatun Nufus Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Rizkiah Awwaliah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Khairunnisa Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Siti Annisa Rahmah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Gusti Firda Raisya Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Anita Lestari Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Munawaroh Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Tatsbitul Azmi Hisbullah Dzaky Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Yulia Hairina Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin https://orcid.org/0000-0002-2194-1892
  • Mahdia Fadhila Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Shanty Komalasari Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.195

Keywords:

Komunikasi, Kepercayaan Diri, Bercerita

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah fase penting dalam mengembangkan potensi anak, terutama dalam keterampilan komunikasi lisan dan kepercayaan diri. Salah satu metode yang berpengaruh dalam menstimulasi kedua aspek ini adalah melalui metode bercerita Metode: Penelitian ini dilakukukan melalui pendekatan kualitatif yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 anak di PAUD Terpadu IT SBB Ar Rahmah, Martapura. Tindakan dilaksanakan dengan 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil: Delapan anak tampil secara sukarela menceritakan ulang cerita di depan kelas, menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kepercayaan diri dan keterampilan berbicara, meskipun tiga anak masih menunjukkan keterbatasan verbal. Kesimpulan: Kegiatan menceritakan ulang cerita animasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi anak pada usia dini. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan jangka panjang dan variasi media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipu, C. E. (t.t.). Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak di Kabupaten Boalemo.

Annisa, A., Musi, M. A., & Amal, A. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop- Up Book terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Mentari Kabupaten Takalar 3 DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol3.no02.a4248

Apriani, A. (2017). Penerapan Tari Kreatif dengan Eksplorasi Imagery Lingkungan Hidup Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(2), 64–75. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.118 DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.118

Azhari, N. A., Pratama, Y. H., Adli, M. S., Jumri, R., Pahrizal, P., & Sepika, S. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking guna Mengembangkan Kepercayaan Diri bagi Siswa SD Muhammadiyah BengkuluJurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 2(3), 490–494. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4224 DOI: https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4224

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536 DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118 DOI: https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Chrismanto, A. R., Magta, M., & Ardiana, R. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 176–187. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.490 DOI: https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.490

Citra Prasiska Puspita Tohamba & Ukbayana Ukbayana. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 255–269. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i2.1252 DOI: https://doi.org/10.47861/jdan.v2i2.1252

Hairina, Y., Komalasari, S., & Fadhila, M. (2023). Interpersonal Skill: Pengembangan Diri Yang Unggul. Nas Media Pustaka.

Nur Tanfidiyah & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02 DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Nurlailah. (2021). Lisan Melalui Metode Bercerita Pada Piaud Skb Ii Watang Bacukiki Kota Parepare. Al-Athfal, 03(2).

Rahayu, E. P. (t.t.). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Model Paired Storytelling dengan Media Wayang Kartun pada Siswa Kelas II SD Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul.

Robiah, R., Hendarman, H., & Hidayat, R. (2023). Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 528–539. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.262 DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.262

Rohmah, P. A., Rahim, A. M., Salam, R., Marthinu, E., Utami, D. D., & Sudrajat, S. (2024). Menyulam Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Islamic Story. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123–136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5604

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca pada Anak melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. 4.

Shofia, S., & Dirgayunita, A. (2024). Studi Literatur Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4–6 Tahun Bercerita. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 76–93. https://doi.org/10.46773/alathfal.v5i1.979 DOI: https://doi.org/10.46773/alathfal.v5i1.979

Sumiyati, S. (2018). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 78. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2509 DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2509

Vitrianti, V., Subroto, D. E., Nissa, I. R., Nuraeni, A., Kristiany, S., & Ahlia, N. Z. (t.t.). Penerapan Metode Storytelling untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Anak SD.

Wahyuni, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B Ra An-Nida. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumetra Utara, 5.

Widayawan, A. N., Budiman, M. A., & Fidrayani, F. (2024). Metode Bercerita Untuk Mengatasi Keterlambatan Bahasa Anak Usia Dini. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 2(2), 284–294. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i2.245 DOI: https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v2i2.245

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-26

How to Cite

Nufus, B., Awwaliah, R., Khairunnisa, K., Rahmah, S. A., Raisya, G. F., Lestari, A., Munawaroh, M., Dzaky, M. T. A. H., Hairina, Y., Fadhila, M., & Komalasari, S. (2025). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak melalui Kegiatan Membacakan Cerita Pendek di Depan Kelas. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 32–39. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.195

Most read articles by the same author(s)