Pemberdayaan Masyarakat dalam Melakukan Promosi Maggot Melalui Media Sosial Facebook di KWT Mulyo Tani

Authors

  • Candra Wahyu Kurniawan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang
  • Sad Likah Politeknik Pembangunan Pertanian Malang
  • Fitria Nur Aini Politeknik Pembangunan Pertanian Malang

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.98

Keywords:

Facebook, Maggot, Media Sosial, Pemberdayaan, Promosi

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengembangan bidang pemasaran di KWT Mulyo Tani Desa Pelem, Kacamatan Pare, Kabupaten Kediri. Urgensi pelaksanaan PKM ini karena adanya kendala anggota KWT dalam melakukan pemasaran sehingga perlu adanya pemberdayaan dibidang pemasaran untuk keberlanjutan usaha budidaya maggot BSF. Tujuan dari PKM ini adalah untuk memotivasi anggota KWT agar mau melakukan promosi maggot BSF melalui media sosial Facebook. Sasaran dalam pemberdayaan ini adalah 20 orang. Pemberdayaan dilaksanakan di Rumah Maggot Mulyo Tani. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil dari PKM ini menunjukkan bahwa motivasi sasaran dalam melakukan promosi melalui media sosial Facebook sebelum pemberdayaan dengan skor sebesar 59,93 tergolong dalam kategori sedang meningkat menjadi 74,33 yang tergolong dalam kategori tinggi. Tingginnya motivasi sasaran dalam melakukan promosi maggot melalui Facebook berdampak pada tingkat efektivitas pemasaran sebesar 94,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amandanisa, A ; Suryadarma, P. (2020). Kajian Nutrisi dan Budi Daya Maggot ( Hermentia illuciens L .) Sebagai Alternatif Pakan Ikan di RT 02 Desa Purwasari , Kecamatan Dramaga , Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 796–804.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 45–46. https://doi.org/10.33021/firm.v4i2.780

Augustien, S., & Danial, M. (2019). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan (Studi Kasus Pada Cv. Proteksindo Jaya Abadi). Jurnal Akuntansi.

Databoks. (2022). Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak pada Oktober 2022. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/12/08/ini-media-sosial-dengan-pengguna-terbanyak-pada-oktober-2022

Dewa, W. A., Dwi Mumpuni, I., & Rahmawati, L. S. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Branding pada Mitra Anugrah Jaya untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Aneka Keripik “Extra Delicious.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 918–924. https://doi.org/10.21067/jpm.v7i2.7524

Fauzi, R. ula ananta, & Sari, E. R. N. (2018). Business Analysis of Maggot Cultivation as a Catfish Feed Alternative. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 7(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.industria.2018.007.01.5

Hidayat, A. R., & Sofia, S. (2023). Motivasi Petani Dalam Memanfaatkan Tyto Alba Sebagai Pengendali Hama Tikus Melalui Penerapan Rumah Burung Hantu di Desa Wringinrejo. Jurnal KIRANA, 4(2), 145. https://doi.org/10.19184/jkrn.v4i2.38634

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2013 tentang SKKNI Penyuluhan Pertanian.

Kamil, H., Aulia, K., Husna, A. S. M., Saputri, N. A., Kurniawati, R. W., & Kiswanto, H. (2023). Seminar Hukum dan Cara Pengelolaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Masyarakat. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 53–71. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.84

Karyaningsih, D., Safaah, E., Fachriah, E., Raya, U. S., Raya, J., No, C., Taktakan, K., & Serang, K. (2022). Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Slow Food Menggunakan Sosial Media Facebook. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 4(1), 1–7. https://doi.org/doi.org/10.21632/jpmi

Manik Pratiwi, A. A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.179

Maslow, A. (2018). Motivation and Personality. Cantrik Pustaka.

Musyarofah, N., Haryanto, Y., & Fadila. (2023). Motivasi Anggota Kelompok Tani dalam Penggunaan Asam Humat pada Budidaya Bawang Merah di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 18(2), 65–73. https://doi.org/https://doi.org/10.51852/jpp.v18i2.605

Njoto, D. P., & Sienatra, K. B. (2018). Pengaruh advertising, sales promotion, dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen Wenak Tok. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(5), 9–25. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/jp.v3i5.819

Nurseto, S. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 103–107. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22695

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 52 tahun 2009 tentang Metode Penyuluhan Pertanian.

Purbawa, I. N. T., Sujana, I. N., & Zukhri, A. (2019). Efektivitas Personal Selling Pada Pt. Wisundha Network Globalindo Tabanan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 313. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2

Raharjo, T., & Prasetyo, D. H. (2018). Pendampingan Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2), 288–306. https://doi.org/10.21009/jpmm.002.2.08

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rosa, H. T., Warnaen, A., & Riyanto. (2022). Perencanaan Sosial Media Marketing Kerupuk Susu Melalui Media Sosial Facebook sebagai Media Penyuluhan. Prosiding Seminar Nasional Polbangtan Yoma, 1. https://jurnal.polbangtanyoma.ac.id/pros2022yoma/issue/view/79

Rozi, F. (2017). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Kopi Luwak Arabika “Rollaas” terhadap Volume Penjualan pada PT. Rolas Nusantara Mandiri. Skripsi Universitas Brawijaya, 13(3).

Shobah, N. (2022). Mencapai Kualitas Kemandirian Psikologis Santriawati Melalui Pendampingan Transpersonal Creative Writing di Pondok Pesantren Nurul Quran Probolinggo. Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Sholahuddin, S., Wijayanti, R., Supriyadi, S., & Subagiya, S. (2021). Potensi Maggot (Black Soldier Fly) sebagai Pakan Ternak di Desa Miri Kecamatan Kismantoro Wonogiri. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(2), 161. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/prima.v5i2

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., & Purba, S. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. In Penerbit Yayasan Kita Menulis (Vol. 1, Issue 69).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharyati, & Isnainiyah, I. N. (2019). Internet Marketing bagi Perajin Tradisional Baduy. Jurnal MITRA, 3(2), 130–140. https://doi.org/https://doi.org/10.25170/mitra.v3i2.843

Togodly, E. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Di Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(July), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35797/jab.v6.i001.%25p

Undang-Undang 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Wasan, G. H., & Anita Sariningsih. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.7

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-21

How to Cite

Kurniawan, C. W., Likah, S., & Aini, F. N. (2024). Pemberdayaan Masyarakat dalam Melakukan Promosi Maggot Melalui Media Sosial Facebook di KWT Mulyo Tani. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 232–246. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.98

Issue

Section

Articles