Pemberdayaan Masyarakat dalam Melakukan Promosi Maggot Melalui Media Sosial Facebook di KWT Mulyo Tani
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.98Keywords:
Facebook, Maggot, Media Sosial, Pemberdayaan, PromosiAbstract
Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengembangan bidang pemasaran di KWT Mulyo Tani Desa Pelem, Kacamatan Pare, Kabupaten Kediri. Urgensi pelaksanaan PKM ini karena adanya kendala anggota KWT dalam melakukan pemasaran sehingga perlu adanya pemberdayaan dibidang pemasaran untuk keberlanjutan usaha budidaya maggot BSF. Tujuan dari PKM ini adalah untuk memotivasi anggota KWT agar mau melakukan promosi maggot BSF melalui media sosial Facebook. Sasaran dalam pemberdayaan ini adalah 20 orang. Pemberdayaan dilaksanakan di Rumah Maggot Mulyo Tani. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil dari PKM ini menunjukkan bahwa motivasi sasaran dalam melakukan promosi melalui media sosial Facebook sebelum pemberdayaan dengan skor sebesar 59,93 tergolong dalam kategori sedang meningkat menjadi 74,33 yang tergolong dalam kategori tinggi. Tingginnya motivasi sasaran dalam melakukan promosi maggot melalui Facebook berdampak pada tingkat efektivitas pemasaran sebesar 94,4%.
Downloads
References
Amandanisa, A ; Suryadarma, P. (2020). Kajian Nutrisi dan Budi Daya Maggot ( Hermentia illuciens L .) Sebagai Alternatif Pakan Ikan di RT 02 Desa Purwasari , Kecamatan Dramaga , Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 796–804.
Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 45–46. https://doi.org/10.33021/firm.v4i2.780
Augustien, S., & Danial, M. (2019). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan (Studi Kasus Pada Cv. Proteksindo Jaya Abadi). Jurnal Akuntansi.
Databoks. (2022). Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak pada Oktober 2022. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/12/08/ini-media-sosial-dengan-pengguna-terbanyak-pada-oktober-2022
Dewa, W. A., Dwi Mumpuni, I., & Rahmawati, L. S. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Branding pada Mitra Anugrah Jaya untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Aneka Keripik “Extra Delicious.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 918–924. https://doi.org/10.21067/jpm.v7i2.7524
Fauzi, R. ula ananta, & Sari, E. R. N. (2018). Business Analysis of Maggot Cultivation as a Catfish Feed Alternative. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 7(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.industria.2018.007.01.5
Hidayat, A. R., & Sofia, S. (2023). Motivasi Petani Dalam Memanfaatkan Tyto Alba Sebagai Pengendali Hama Tikus Melalui Penerapan Rumah Burung Hantu di Desa Wringinrejo. Jurnal KIRANA, 4(2), 145. https://doi.org/10.19184/jkrn.v4i2.38634
Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2013 tentang SKKNI Penyuluhan Pertanian.
Kamil, H., Aulia, K., Husna, A. S. M., Saputri, N. A., Kurniawati, R. W., & Kiswanto, H. (2023). Seminar Hukum dan Cara Pengelolaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Masyarakat. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 53–71. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.84
Karyaningsih, D., Safaah, E., Fachriah, E., Raya, U. S., Raya, J., No, C., Taktakan, K., & Serang, K. (2022). Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Slow Food Menggunakan Sosial Media Facebook. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 4(1), 1–7. https://doi.org/doi.org/10.21632/jpmi
Manik Pratiwi, A. A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.179
Maslow, A. (2018). Motivation and Personality. Cantrik Pustaka.
Musyarofah, N., Haryanto, Y., & Fadila. (2023). Motivasi Anggota Kelompok Tani dalam Penggunaan Asam Humat pada Budidaya Bawang Merah di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 18(2), 65–73. https://doi.org/https://doi.org/10.51852/jpp.v18i2.605
Njoto, D. P., & Sienatra, K. B. (2018). Pengaruh advertising, sales promotion, dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen Wenak Tok. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(5), 9–25. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/jp.v3i5.819
Nurseto, S. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 103–107. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22695
Peraturan Menteri Pertanian Nomor 52 tahun 2009 tentang Metode Penyuluhan Pertanian.
Purbawa, I. N. T., Sujana, I. N., & Zukhri, A. (2019). Efektivitas Personal Selling Pada Pt. Wisundha Network Globalindo Tabanan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 313. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2
Raharjo, T., & Prasetyo, D. H. (2018). Pendampingan Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2), 288–306. https://doi.org/10.21009/jpmm.002.2.08
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Rosa, H. T., Warnaen, A., & Riyanto. (2022). Perencanaan Sosial Media Marketing Kerupuk Susu Melalui Media Sosial Facebook sebagai Media Penyuluhan. Prosiding Seminar Nasional Polbangtan Yoma, 1. https://jurnal.polbangtanyoma.ac.id/pros2022yoma/issue/view/79
Rozi, F. (2017). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Kopi Luwak Arabika “Rollaas” terhadap Volume Penjualan pada PT. Rolas Nusantara Mandiri. Skripsi Universitas Brawijaya, 13(3).
Shobah, N. (2022). Mencapai Kualitas Kemandirian Psikologis Santriawati Melalui Pendampingan Transpersonal Creative Writing di Pondok Pesantren Nurul Quran Probolinggo. Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Sholahuddin, S., Wijayanti, R., Supriyadi, S., & Subagiya, S. (2021). Potensi Maggot (Black Soldier Fly) sebagai Pakan Ternak di Desa Miri Kecamatan Kismantoro Wonogiri. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(2), 161. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/prima.v5i2
Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., & Purba, S. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. In Penerbit Yayasan Kita Menulis (Vol. 1, Issue 69).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharyati, & Isnainiyah, I. N. (2019). Internet Marketing bagi Perajin Tradisional Baduy. Jurnal MITRA, 3(2), 130–140. https://doi.org/https://doi.org/10.25170/mitra.v3i2.843
Togodly, E. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Di Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(July), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35797/jab.v6.i001.%25p
Undang-Undang 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.
Wasan, G. H., & Anita Sariningsih. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Candra Wahyu Kurniawan, Sad Likah, Fitria Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0