Edukasi Personal Hygiene Dengan Teknik Sartoga (Smart Card, Story And Game) di SDK Sadi

Authors

  • Veronika Nitsae Universitas Timor
  • Melkianus Ratu Universitas Timor
  • Elfrida Dana Frederita Riwoe Rohi Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.96

Keywords:

Anak Sekolah, Peer Group, Personal Hygiene

Abstract

Permasalahan perilaku kesehatan anak usia sekolah berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dan kebersihan diri. Hasil survey pada mitra menunjukkan pengetahuan siswa/i terkait personal hygiene dalam kategori kurang 65,3%, cukup 21,7% dan baik 13%. Hasil observasi pada siswa/siswi terlihat kuku yang panjang dan kotor, gigi kuning dan kotor, rambut yang tidak rapi dan kotor serta telinga yang terdapat banyak serumen. Tujuan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pengetahuan siswa/i di SDK Sadi. Metode yang digunakan adalah Edukasi Personal Hygiene dengan Metode Peer Group: Teknik Sartoga (Smart Card, Story and Game) yang dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu story dengan media video pembelajaran, Peer Group Discussion dengan smart card, permainan edukasi terkait personal hygiene dengan bantuan kartu pintar dan demonstrasi. Hasil setelah dilakukan kegiatan pengetahuan siswa/i dalam kategori kurang 17,4%, cukup 30,4% dan baik 52,2%. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa/i dan program yang dilakukan sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Veronika Nitsae, Universitas Timor

Prodi Keperawatan

Melkianus Ratu, Universitas Timor

Prodi Keperawatan

Elfrida Dana Frederita Riwoe Rohi, Universitas Timor

Prodi Keperawatan

References

Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.53

Amalia, L., Ekawati, Y. N., & Saputra, N. E. (2020). Efektifitas Permainan Sehat-I Terhadap Personal Hgyiene Pada Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Jambi, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.22437/jpj.v6iJuli.11742

Anggraeni, W., Idayanti, T., & Sari, K. I. P. (2017). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Remaja Putri. Jurnal Keperawatan, 10(1), 43–51. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/60

Aty, Y. M. V. B. (2014). The Influence of Peer Group Support on the Compliance of Life-style Management and Drug Taking in Mild Hypertensive Patients Using Pre-experiment Health Promotion Model in Community Health Center, Ruteng. Jurnal Info Kesehatan, 12(1), 566–584. https://doi.org/10.31965/infokes.v12i1.41

Balitbangkes. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan.

Fahrurozi, S. K., Maryono, D., & Budiyanto, C. W. (2017). The Development of Video Learning to Deliver a Basic Algorithm Learning. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 1(1), 49–56. https://doi.org/10.20961/ijie.v1i2.12446

Harahap, H. G. (2013). Pola Penyakit Kulit Akibat Infeksi Jamur Superfisial di Departemen Ilmu Kulit dan Kelamin. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Hidayah, A. K., Prihantoro, C., & Fernandez, S. (2021). Implementasi Metode Linear Congruent Method Pada Game Edukasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Pseudocode, 8(1), 38–48. https://doi.org/10.33369/pseudocode.8.1.38-48

Ilkafah. (2016). he Effect of Peer Group Support to Psychological Response of Patient With Breast Cancer: A Quasy Experiment. Indonesian Contemporary Nursing Journal, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.20956/icon.v1i1.3361

Ismail, M. I. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur (1st ed.). Rajawali Pers.

Isro’in, & Andarmoyo. (2012). Personal Hygiene; Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan (Pertama). Graha Ilmu.

Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2013. Kementerian Kesehatan.

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2016. Kementerian Kesehatan.

Maru’ao, W. S. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di SMP PAB 8 Sampali Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 3(1).

Nies, M. A., & Mcewen, M. (2019). Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga. Elsevier.

Nur, N. H., & Sudarman, S. (2021). Pengaruh Peer Group Health Education terhadap Peningkatan Perilaku Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 530–535. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i4.1887

Parlindungan, D. P., Pakarti Mahardika, G., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. PROSIDING SEMNASLIT LPPM UMJ 2020, 167–174. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Peters, I. A. et al. (2014). Reproductive health peer education for multicultural target groups. Journal for Multicultural Education, 8(3), 162–178. https://doi.org/10.1108/JME-02-2014- 0013

Prensky, M. (2012). From digital natives to digital wisdom: hopeful essays for 21st century learning. : Corwin Press.

Prety, L., & Mageth, K. (2011). Recurent Aphtous Stomatitis. Journal Oral Maxillofac Pathol.

Purnamasari, N. K. N., Negara, I. G. A. O., & Suara, I. M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. JurnaL Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3165

Putra, A. (2012). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Demam Tifoid terhadap Kebiasaan Jajan Anak Sekolah Dasar. Universitas Diponegoro.

Rofi’ah, S., Widatiningsih, S., & Vitaningrum, D. (2017). Efektivitas pendidikan metode peer group terhadap tingkat pengetahuan dan sikap personal hygiene saat menstruasi. Jurnal Ilmiah Bidan, 2(2), 31–36. https://doi.org/https://doi.org/10.61720/jib.v2i2.31

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. UN.

Santrock, J. W. (2005). Adolescent Tenth Edition. The McGraF Hill.Co.Inc.

Solehati, T., Susilawati, S., Lukman, M., & Kosasih, C. E. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Skill Guru Serta Personal Hygiene Siswa SD. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 135. https://doi.org/10.15294/kemas.v11i1.3678

Susanti, E., Wijaya, A. H., & Yonita, R. (2022). Tata Kelola E-Marketing Produk UMKM Nagari Duo Koto, Tanjung Raya, Kabupaten Agam. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 29. https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.1367

Yulianti, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU, 5(1), 527–533.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-20

How to Cite

Nitsae, V., Ratu, M. ., & Rohi, E. D. F. R. (2024). Edukasi Personal Hygiene Dengan Teknik Sartoga (Smart Card, Story And Game) di SDK Sadi. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 208–218. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.96

Issue

Section

Articles