Peran Kader Cilik Asli Personal Hygiene di SDK Sadi
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.148Keywords:
Anak Sekolah, Kader Cilik, Personal HygieneAbstract
Latar Belakang: Masalah kurangnya personal hygiene dan PHBS pada anak sekolah dasar yang sering muncul adalah penyakit diare. Upaya kesehatan yang dapat dilakukan berupa pendidikan kesehatan, konseling, advokasi, serta tindakan keperawatan secara langsung dalam tingkatan pencegahan sehingga dapat meningkatkan kesehatan anak usia sekolah secara optimal. Proses ini dibutuhkan peran aktif kader sebagai penggerak masyarakat untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan: Tujuan PKM ini adalah meningkatkan peran kader melalui pelatihan. Metode: Metode yang digunakan adalah pembentukan dan pendampingan kader dengan beberapa tahapan kegiatan yaitu pretest, pemilihan kader dengan metode ORESTE, pelatihan kader yang terdiri dari penyuluhan, demonstrasi terkait personal hygiene dan demonstrasi observasi personal hygiene melalui 5 meja. Hasil: Peran kader dalam kategori baik dan meningkat dari 64% menjadi 100%. Kesimpulan: Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan kader efektif dalam meningkatkan peran kader.
Downloads
References
Chotimah, C., & Syarifuddin, I. (2022). Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Situasi Belajar Mengajar dengan Metode Demonstrasi di SMA An-Nur Malang. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 5(2), 42–47. Retrieved from https://doi.org/10.32764/allahjah.v5i2.3282
Ditjen PP & PI, K. R. (2012). Pedoman stigma & diskriminasi bagi pengelola program, petugas layanan kesehatan dan kader.
Fadillah, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual Di Kelas Rendah. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 16. Retrieved from https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. Retrieved from https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Hayes, C., Hardian, & Sumekar, T. A. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416. Retrieved from https://doi.org/10.14710/dmj.v6i2.18556
Huwriyati, J., & Misdayanti. (2021). Peningkatan Peran Kader Jumantik Melalui Metode PBL (Problem Based Learning) Untuk Memutus Mata Rantai Penularan Vektor DBD Di Kabupaten Konawe Utara. Ejurnal Binawakya, 15(11), 5679–5686. Retrieved from http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/
Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.
Ismail, M. I. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.
Kemenkes. (2018). Modul Pelatihan Bagi Pelatih Kader Kesehatan. Jakarta: Kemenkes (Pusat Pelatihan SDM Kesehatan).
Kemenkes. (2019). Panduan Orientasi Kader Posyandu. Jakarta: Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI.
Lubis, M. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kader Kesehatan Puskesmas Mandala Kecamatan Medan Tembung dengan Menggunakan Metode Oreste. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 1(4), 246–253.
Mahendra, G. S., Tampubolon, L. P., Herlina, Arni, S., Kharisma, L. P. I., Resmi, M. G., … Edi. (2023). Sistem Pendukung Keputusan (Teori dan Penerapannya dalam berbagai Metode). In Efitra & Sepriano (Eds.). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Marsuki, M. F., & Muthmainnah. (2023). Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Banyumas: Wawasan Ilmu.
Maru’ao, W. S. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di SMP PAB 8 Sampali Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 3(1).
Nies, M. A., & Mcewen, M. (2019). Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga. Singapore: Elsevier.
Notoatmojo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, D., Amir, M., & Nurkomala, N. (2023). Pengaruh Metode Simulasi Dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pena Edukasi, 10(1), 1. Retrieved from https://doi.org/10.54314/jpe.v10i1.1094
Nurasiah, A., Herwandar, F. R., & Sumardiyono, S. (2022). Problem Based Learning Untuk Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu Remaja Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 13(02), 126–134. Retrieved from https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.560
Nurbaya, N., Haji Saeni, R., & Irwan, Z. (2022). Peningkatan Pegetahuan Dan Keterampilan Kader Posyandu Melalui Kegiatan Edukasi Dan Simulasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 678. Retrieved from https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6579
PH, L., Yulianto, E., & Hermanto, H. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Personal Hygiene terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 4(1), 1–6. Retrieved from https://doi.org/10.33755/jkk.v4i1.2
Riset Kesehatan Dasar. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Retrieved from Jakarta:
Silalahi, V., & Putri, R. M. (2017). Personal Hygiene Pada Anak SD Negeri Merjosari 3. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 2(2). Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.33366/japi.v2i2.821
Sunarti, & Utami, S. (2018). Peran Kader Kesehatan Dalam Pelayanan Posyandu UPTD Puskesmas Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Keperawatan Malang, 3(2), 94–100. Retrieved from https://doi.org/10.36916/jkm.v3i2.63
Triasmari, U., & Kusuma, A. N. (2019). Determinan Personal Hygiene Pada Anak Usia 9–12 Tahun. Faletehan Health Journal, 6(1), 37–44. Retrieved from https://doi.org/10.33746/fhj.v6i1.47
Wahyudi, W. T., Gunawan, M. R., & Saputra, F. F. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Kader Terhadap Peran Kader Dalam Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukarame Kota Bandar Lampung. Malahayati Nursing Journal, 4(6), 1340–1350. Retrieved from https://doi.org/10.33024/mnj.v4i5.4963
Wikarta, B. A., & Jamaludin. (2020). Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Ketepatan Menendang Menggunakan Punggung Kaki Pada Permainan Sepak Bola. SPORTIF: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, 5(1), 11–15. Retrieved from https://doi.org/10.54438/sportif.v5i1.55
Wong, D. (2009). Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Veronika Nitsae, Yane Cristiana Ua Sanan, Elfrida Dana Frederita Riwoe Rohi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0