Pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs Islamiyah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.64Keywords:
Kurikulum, Merdeka Belajar, Modul AjarAbstract
Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum baru sebagai pengganti kurikulum 2013. Kurikulum merdeka belajar memungkinkan inovasi pendidik dan penyelenggara pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran. MTs Islamiyah Palangka Raya pada tahun pelajaran 2022/2023 belum menerapkan kurikulum merdeka belajar karena masih kurangnya informasi dan pelatihan, serta kesiapan madrasah. Untuk itu dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan kurikulum merdeka belajar. Motode yang digunakan adalah diskusi dan informasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan tes pemahaman awal dan akhir. Kegiatan ini dihadiri seluruh pendidik di MTs Islamiyah dan terlaksana dengan baik dan menarik. Setelah pelatihan selesai, hasil postes menunjukkan perubahan drastis, dimana 70% peserta memahami dan mampu merumuskan perangkat pembelajaran terkait kurikulum merdeka. Hal ini dapat diartikan bahwa pelaksanaan pelatihan berhasil dengan peningkatan yang tinggi dalam pemahaman materi sebelum dan sesudah pelatihan.
Downloads
References
Arfandi Saddam Dwi, Rozaq, Y. A., Febiyanti, W., Yudhistira, W., & Rahayu, E. T. (2023). Efektifitas Tactical Games Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Permainan Bola Basket Terhadap Kerjasama Siswa Sekolah Menengah Kejurusan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2808–2813. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11407
Surat Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) , Pub. L. No. 033/H/KR/2022 (2022).
Ciampa, K., & Wolfe, Z. M. (2021). Integrating character education into an elementary common core standards-aligned curriculum: a pilot study. Curriculum Perspectives, 41(1), 59–69. https://doi.org/10.1007/S41297-020-00116-2
Dale, O. F. W., Sia, G. H. N., Dewa, M. E. R., Mega, K. A., Mete, Y., Suku, M., Nana, G. P., Yano, V., Jawan, V. R., Hadon, H. L., Jogo, M. A., Pili, Y. Kristanto., Pala, N. D. P., Koryaru, M., Blikon, V. K. N., Sanita, R., & Tukan, G. D. (2023). Penguatan Belajar Dasar melalui Gebyar Aman Calistung Selama KKNT-PPM Terhadap Murid SD Kecamatan Nangaroro Kabupaten Nagekeo. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 138–147. https://doi.org/10.55506/ARCH.V2I2.55
Disdik, B. (n.d.). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Academia.Edu. Retrieved April 25, 2023, from https://www.academia.edu/download/34083466/UNIT-6_KTSP__2.pdf
Hastasasi, W., Harjatanaya, T., Kristiani, A., & Herutami, I. (2022). Panduan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan. https://repositori.kemdikbud.go.id/26058/
Husain, D. L., Agustina, S., Rohmana, & Alimin. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(1), 13–19. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375
Kesumawati, N., Destiniar, Octaria, D., Ningsih, Y. L., Fitriasari, P., Mulbasari, A. S., Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2021). Pelatihan pembuatan modul ajar bagi guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 246–256. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4589
Kibble, D. G. (1998). Moral education: dilemmas for the teacher. The Curriculum Journal, 9(1), 51–61. https://doi.org/10.1080/0958517970080105
Machmudah, Shari, D., Fitriyah, F. K., Saleh, N. R., Afandi, M. D., & Syaikhon, M. (2022). Pelatihan & Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Literasi Sosial Budaya Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 520–526. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.261
Marlina, E. (2023). PEMBINAAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97. https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266
Merliza, P. (2022). Pelatihan Materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Bagian 1 Bagi Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak Angkatan 2. Journal of Technologyand Social for Community Service(JTSCS), 3(2), 233–241. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2168
Nawawi, S., Antika, R. N., Wijayanti, T. F., & Abadi, S. (2017). Pelatihan pembuatan modul ajar berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding.Unipma.Ac.Id, 42–46. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHPM/article/view/4
Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya belajar mandiri bagi peserta didik di perguruan tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 108–112. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora
Okyranida, I. Y., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 158–166. https://doi.org/10.55506/ARCH.V2I2.57
Pike, M. A., Hart, P., Paul, S. A. S., Lickona, T., & Clarke, P. (2021). Character development through the curriculum: teaching and assessing the understanding and practice of virtue. Journal of Curriculum Studies, 53(4), 449–466. https://doi.org/10.1080/00220272.2020.1755996
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 92–106. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (n.d.). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Ejournal.Radenintan.Ac.Id, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.7633
Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64. https://doi.org/https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.12
Wijayanti, R., Yusron, R. M., Hermanto, D., & Novitasari, A. T. (2022). Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Pondok Pesantren Menggunakan Modul Ajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 3(2), 782–788. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.261
Yamin, M., & Syahrir. (2019). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Ejournal.Mandalanursa.Org, 6(1), 126–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mukhlis Rohmadi, Nurul Septiana, Triwid Syafarotun Najah, Afifah Nurul Humam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0