Pelatihan Asesmen Prokastinasi untuk Guru BK SMK Kota Kediri

Authors

  • Yuanita Dwi Krisphianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Guruh Sukma Hanggra Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Setya Adi Sancaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Khususiyah Khususiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Vivi Ratnawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Restu Dwi Ariyanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Santy Andrianie Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.58

Keywords:

Pelatihan, Instrumen Prokrastinasi, Guru BK, SMK

Abstract

Prokrastinasi adalah kegiatan menunda-nunda pekerjaan atau aktivitas tertentu atau tugas yang sudah diketahui dari awal. Guru BK di SMK menghadapi beberapa permasalahan terkait Prokrastinasi peserta didik, termasuk kurangnya pemahaman tentang pengalaman siswa, kesulitan dalam memberikan penanganan yang tepat, dan kekurangan alat ukur yang sesuai. Pengabdian ini bertujuan agar guru BK yang tergabung di MGBK SMK Kota Kediri mendapatkan keterampilan yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat Prokrastinasi peserta didiknya. Dalam mencapai tujuan, tim pengabdian masyarakat menerapkan metode ABCD (Asset-Based Community Development) . dalam aplikasinya, metode tersebut dilakukan mulai dari menentukan kekuatan, memetakan, mengidentifikasi dan analisis, memobilisasi, serta memonitoring dan evaluasi. Hasilnya adalah pelatihan instumen non kognitif Prokrastinasi Tuckman bermanfaat diberikan kepada guru BK yang tergabung dalam komunitas MGBK SMK Kota Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Attakhidijah, S. (2022). The Effect of Discipline and Learning Motivation on Student Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3).

Burka, J., & Yuen, L. M. (2007). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Hachette UK.

Faradila, U. L., Lasan, B. B., & Permatasari, D. (2020). Pengembangan Inventori Prokrastinasi Akademik Bagi Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 23–30.

FARISAH, Y. (2013). Pengembangan Skala Prokrastinasi Murni.

Haines, A. (2014). Asset-based community development. In An introduction to community development (pp. 67–78). Routledge.

Kartadinata, I., & Sia, T. (2008). I love you tomorrow: Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu. Anima Indonesian Psychological Journal, 23(2), 109–119.

Khariroh, N. (2019). Panduan pelatihan manajemen waktu belajar untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah [Desertasi]. Universitas Negeri Malang.

Krisphianti, Y. D., Setyaputri, N. Y., & Gumilang, G. S. (2022). Ground, Understand, Revise, Use (GURU) Untuk Percaya Diri REmaja SMK Bisa. Penerbit Qiara Media.

Kuehn, M. (2019). The south african technical and vocational education and training system from a German perspective. Balkan Region Conference on Engineering and Business Education, 3(1), 226–234.

Mathie, A., & Cunningham, G. (2003). From clients to citizens: Asset-based community development as a strategy for community-driven development. Development in Practice, 13(5), 474–486.

Riyadah, R., Astuti, I., & Yuline, Y. (2018). STUDI KASUS TENTANG SISWA YANG MEMILIKI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 3 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3), 1–10.

Saeid, N., & Eslaminejad, T. (2017). Relationship between Student’s Self-Directed-Learning Readiness and Academic Self-Efficacy and Achievement Motivation in Students. International Education Studies, 10(1), 225–232.

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673.

Senjaya, P., Kotamena, F., Ong, F., Andika, C. B., Purwanto, A., & Pramono, R. (2020). School environmental influences, student discipline and learning motivation toward increasing senior high students achievement. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 4572–4586.

Setyaputri, N. Y. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar (Teori dan Aplikasinya) Edisi 1. CV. Media Sains Indonesia.

Tuckman, B. W. (1990). Measuring Procrastination Attitudinally and Behaviorally.

Zacher, H., & Frese, M. (2011). Maintaining a focus on opportunities at work: The interplay between age, job complexity, and the use of selection, optimization, and compensation strategies. Journal of Organizational Behavior, 32(2), 291–318.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-06-20

How to Cite

Krisphianti, Y. D., Hanggra, G. S., Sancaya, S. A., Khususiyah, K., Ratnawati, V., Ariyanto, R. D., & Andrianie, S. (2023). Pelatihan Asesmen Prokastinasi untuk Guru BK SMK Kota Kediri. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 249–258. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.58

Issue

Section

Articles