Pelatihan Asesmen Prokastinasi untuk Guru BK SMK Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.58Keywords:
Pelatihan, Instrumen Prokrastinasi, Guru BK, SMKAbstract
Prokrastinasi adalah kegiatan menunda-nunda pekerjaan atau aktivitas tertentu atau tugas yang sudah diketahui dari awal. Guru BK di SMK menghadapi beberapa permasalahan terkait Prokrastinasi peserta didik, termasuk kurangnya pemahaman tentang pengalaman siswa, kesulitan dalam memberikan penanganan yang tepat, dan kekurangan alat ukur yang sesuai. Pengabdian ini bertujuan agar guru BK yang tergabung di MGBK SMK Kota Kediri mendapatkan keterampilan yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat Prokrastinasi peserta didiknya. Dalam mencapai tujuan, tim pengabdian masyarakat menerapkan metode ABCD (Asset-Based Community Development) . dalam aplikasinya, metode tersebut dilakukan mulai dari menentukan kekuatan, memetakan, mengidentifikasi dan analisis, memobilisasi, serta memonitoring dan evaluasi. Hasilnya adalah pelatihan instumen non kognitif Prokrastinasi Tuckman bermanfaat diberikan kepada guru BK yang tergabung dalam komunitas MGBK SMK Kota Kediri.
Downloads
References
Attakhidijah, S. (2022). The Effect of Discipline and Learning Motivation on Student Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3).
Burka, J., & Yuen, L. M. (2007). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Hachette UK.
Faradila, U. L., Lasan, B. B., & Permatasari, D. (2020). Pengembangan Inventori Prokrastinasi Akademik Bagi Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 23–30.
FARISAH, Y. (2013). Pengembangan Skala Prokrastinasi Murni.
Haines, A. (2014). Asset-based community development. In An introduction to community development (pp. 67–78). Routledge.
Kartadinata, I., & Sia, T. (2008). I love you tomorrow: Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu. Anima Indonesian Psychological Journal, 23(2), 109–119.
Khariroh, N. (2019). Panduan pelatihan manajemen waktu belajar untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah [Desertasi]. Universitas Negeri Malang.
Krisphianti, Y. D., Setyaputri, N. Y., & Gumilang, G. S. (2022). Ground, Understand, Revise, Use (GURU) Untuk Percaya Diri REmaja SMK Bisa. Penerbit Qiara Media.
Kuehn, M. (2019). The south african technical and vocational education and training system from a German perspective. Balkan Region Conference on Engineering and Business Education, 3(1), 226–234.
Mathie, A., & Cunningham, G. (2003). From clients to citizens: Asset-based community development as a strategy for community-driven development. Development in Practice, 13(5), 474–486.
Riyadah, R., Astuti, I., & Yuline, Y. (2018). STUDI KASUS TENTANG SISWA YANG MEMILIKI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 3 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3), 1–10.
Saeid, N., & Eslaminejad, T. (2017). Relationship between Student’s Self-Directed-Learning Readiness and Academic Self-Efficacy and Achievement Motivation in Students. International Education Studies, 10(1), 225–232.
Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673.
Senjaya, P., Kotamena, F., Ong, F., Andika, C. B., Purwanto, A., & Pramono, R. (2020). School environmental influences, student discipline and learning motivation toward increasing senior high students achievement. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 4572–4586.
Setyaputri, N. Y. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar (Teori dan Aplikasinya) Edisi 1. CV. Media Sains Indonesia.
Tuckman, B. W. (1990). Measuring Procrastination Attitudinally and Behaviorally.
Zacher, H., & Frese, M. (2011). Maintaining a focus on opportunities at work: The interplay between age, job complexity, and the use of selection, optimization, and compensation strategies. Journal of Organizational Behavior, 32(2), 291–318.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuanita Dwi Krisphianti, Guruh Sukma Hanggra, Setya Adi Sancaya, Khususiyah Khususiyah, Vivi Ratnawati, Restu Dwi Ariyanto, Santy Andrianie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0