Edukasi Cybercrime di SDN 2 Kadipiro Bantul DIY Menggunakan Participation Action Research

Authors

  • Tri Hastono Universitas PGRI Yogyakarta
  • Prahenusa Wahyu Ciptadi Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.47

Keywords:

Edukasi, Kejahatan Dunia Maya, Internet

Abstract

Pada era sekarang ini sangatlah mudah untuk mendapatan informasi. Informasi-informasi tersebut seolah-olah berseliweran disekitar kita. Kemudahan mendapat informasi secara realtime tersebut terwujud karena adanya internet. Internet tidak selalu memberikan dampak yang positif, namun terdapat pula dampak negatif, contohnya adalah kejahatan dunia maya (cybercrime). Tidak sedikit yang telah menjadi korban dari kejahatan dunia maya. Kejahatan dunia maya ini sangat berbahaya bagi kita, terlebih lagi bagi anak-anak yang belum cukup memiliki pengetahuan. Diperlukan pembekalan atau pendampingan mengenai kejahatan dunia maya agar generasi muda kita memiliki pengetahuan mengenai bahaya kejahatan dunia maya dan aman ketika berinternet. Model yang dipilih dalam pengabdian kepada masyarakat adalah model Participation Action Research (PAR). Hasil dari pengabdian menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan mengenai Cybercrime sebesar 72,02%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aheniwati, A. (2019). Pengaruh Internet Bagi Anak. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 53–60.

Andanni, R. M. (2021). Analisis Tren Online Live Streaming Pada Website Dan Youtube Televisi Berita Di Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(1), 35–50. https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.2215

Arisandy, Y. O. (2021). Penegakan Hukum terhadap Cyber Crime Hacker. Indonesian Journal of Criminal Law and Criminology (IJCLC), 1(3), 162–169. https://doi.org/10.18196/ijclc.v1i3.11264

Atok, F. (2017). Analisis Konflik Rusia Dan Ukraina (Studi Kepustakaan Status Kepemilikan Krimea). Jurnal Poros Politik, 4(1), 11–15.

Badan Pusat Statistik, B. P. S. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia (1st ed.; E. Sari, L. Anggraini, and F. Herbowo, Eds.). Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bakrie, C. R., Delanova, M. O., and Yani, Y. M. (2022). Perekonomian Negara Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Caraka Prabu, 6(1), 65–86. https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jcp.v6i1.1019

Bunga, D. (2019). Legal Response to Cybercrime in Global and National Dimensions. Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum, 6(1), 69–89. https://doi.org/10.22304/pjih.v6n1.a4

Gani, A. G. (2018). Cybercrime (Kejahatan Berbasis Komputer). Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 5(1), 16–29. https://doi.org/10.35968/jsi.v5i1.18

Karlina, D. A., Aeni, A. N., and Syahid, A. A. (2020). Jurnal Pasca Dharma Pengabdian. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 53–56. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24002

Kemenko-Polhukam RI, K.-P. R. (2022). Laporan TGIPF Tragedi Kanjuruhan.

Koto, I. (2021). Cyber Crime According to the ITE Law. IJRS: International Journal Reglement & Society, 2(2), 103–110. https://doi.org/https://doi.org/10.55357/ijrs.v2i2.124

McCrindle, M., and Fell, A. (2020). Understranding Generation Alpha (1st ed.). New South Wales: McCrindle Research Pty Ltd.

Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259–278. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261

Muis, A. A., and Pitra S., S. A. (2021). Peranan Internet Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah, 10(1), 189–222. https://doi.org/https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah

Nalendra, A. K., Fuad, M. N., Mujiono, M., Wahyudi, D., and Utomo, P. B. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Profile untuk Peternak Ikan KOI Kota Blitar Berbasis Wordpress. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–112. https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.38

Parsaorantua, P. H., Pasoreh, Y., and Rondonuwu, S. A. (2017). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-government di Kominfo Kota Manado). Jurnal Acta Diurna, 6(3), 12–28.

Priatna, Y. (2018). Hoax: An Information Society Challenge. Record and Library Journal, 4(2), 92–98. https://doi.org/DOI : 10.20473/rlj.V4-I2.2018.92-98

Rahmat, A., and Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177–187. https://doi.org/10.46937/17201926848

Umatin, C., Iliyyin, I. N., Laili, U. F., Septiana, N. Z., and Al Muiz, M. N. (2022). Bimbingan Belajar Ceria sebagai Pendamping Sekolah Online Selama Pandemi Covid-19 di Dusun Jegles Desa Tarokan Kediri. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.29

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-12-01

How to Cite

Hastono, T. ., & Ciptadi, P. W. . (2022). Edukasi Cybercrime di SDN 2 Kadipiro Bantul DIY Menggunakan Participation Action Research. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.47