Edukasi Cybercrime di SDN 2 Kadipiro Bantul DIY Menggunakan Participation Action Research
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.47Keywords:
Edukasi, Kejahatan Dunia Maya, InternetAbstract
Pada era sekarang ini sangatlah mudah untuk mendapatan informasi. Informasi-informasi tersebut seolah-olah berseliweran disekitar kita. Kemudahan mendapat informasi secara realtime tersebut terwujud karena adanya internet. Internet tidak selalu memberikan dampak yang positif, namun terdapat pula dampak negatif, contohnya adalah kejahatan dunia maya (cybercrime). Tidak sedikit yang telah menjadi korban dari kejahatan dunia maya. Kejahatan dunia maya ini sangat berbahaya bagi kita, terlebih lagi bagi anak-anak yang belum cukup memiliki pengetahuan. Diperlukan pembekalan atau pendampingan mengenai kejahatan dunia maya agar generasi muda kita memiliki pengetahuan mengenai bahaya kejahatan dunia maya dan aman ketika berinternet. Model yang dipilih dalam pengabdian kepada masyarakat adalah model Participation Action Research (PAR). Hasil dari pengabdian menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan mengenai Cybercrime sebesar 72,02%.
Downloads
References
Aheniwati, A. (2019). Pengaruh Internet Bagi Anak. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 53–60.
Andanni, R. M. (2021). Analisis Tren Online Live Streaming Pada Website Dan Youtube Televisi Berita Di Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(1), 35–50. https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.2215
Arisandy, Y. O. (2021). Penegakan Hukum terhadap Cyber Crime Hacker. Indonesian Journal of Criminal Law and Criminology (IJCLC), 1(3), 162–169. https://doi.org/10.18196/ijclc.v1i3.11264
Atok, F. (2017). Analisis Konflik Rusia Dan Ukraina (Studi Kepustakaan Status Kepemilikan Krimea). Jurnal Poros Politik, 4(1), 11–15.
Badan Pusat Statistik, B. P. S. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia (1st ed.; E. Sari, L. Anggraini, and F. Herbowo, Eds.). Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Bakrie, C. R., Delanova, M. O., and Yani, Y. M. (2022). Perekonomian Negara Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Caraka Prabu, 6(1), 65–86. https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jcp.v6i1.1019
Bunga, D. (2019). Legal Response to Cybercrime in Global and National Dimensions. Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum, 6(1), 69–89. https://doi.org/10.22304/pjih.v6n1.a4
Gani, A. G. (2018). Cybercrime (Kejahatan Berbasis Komputer). Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 5(1), 16–29. https://doi.org/10.35968/jsi.v5i1.18
Karlina, D. A., Aeni, A. N., and Syahid, A. A. (2020). Jurnal Pasca Dharma Pengabdian. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 53–56. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24002
Kemenko-Polhukam RI, K.-P. R. (2022). Laporan TGIPF Tragedi Kanjuruhan.
Koto, I. (2021). Cyber Crime According to the ITE Law. IJRS: International Journal Reglement & Society, 2(2), 103–110. https://doi.org/https://doi.org/10.55357/ijrs.v2i2.124
McCrindle, M., and Fell, A. (2020). Understranding Generation Alpha (1st ed.). New South Wales: McCrindle Research Pty Ltd.
Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259–278. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261
Muis, A. A., and Pitra S., S. A. (2021). Peranan Internet Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah, 10(1), 189–222. https://doi.org/https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah
Nalendra, A. K., Fuad, M. N., Mujiono, M., Wahyudi, D., and Utomo, P. B. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Profile untuk Peternak Ikan KOI Kota Blitar Berbasis Wordpress. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–112. https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.38
Parsaorantua, P. H., Pasoreh, Y., and Rondonuwu, S. A. (2017). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-government di Kominfo Kota Manado). Jurnal Acta Diurna, 6(3), 12–28.
Priatna, Y. (2018). Hoax: An Information Society Challenge. Record and Library Journal, 4(2), 92–98. https://doi.org/DOI : 10.20473/rlj.V4-I2.2018.92-98
Rahmat, A., and Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177–187. https://doi.org/10.46937/17201926848
Umatin, C., Iliyyin, I. N., Laili, U. F., Septiana, N. Z., and Al Muiz, M. N. (2022). Bimbingan Belajar Ceria sebagai Pendamping Sekolah Online Selama Pandemi Covid-19 di Dusun Jegles Desa Tarokan Kediri. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.29
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tri Hastono, Prahenusa Wahyu Ciptadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0