Pemberdayaan Literasi Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.40Keywords:
Literasi Digital, Iklan, UMKMAbstract
Kelemahan UMKM, salah satunya yaitu mengenai pemasaran (iklan). Era sekarang, iklan dilakukan dengan berbasis teknologi/digital. Oleh karena itu, pegiat UMKM harus memahami budaya iklan dalam literasi digital. Konten iklan dalam dunia literasi digital sangat variatif dan cepat perubahannya. Dengan memahami dan menguasai konten iklan yang baik dan menarik diharapkan UMKM dapat mengembangkan jejaring dan pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan penjualan. Untuk menambah pemahaman dan penguasaan pegiat UMKM terhadap konten iklan berbasis digital diperlukan adanya berbagai pelatihan khusus. Pelatihan ini dibuat dalam kerangka pengabdian kepada masyarakat yang dimulai dari paparan mengenai konten iklan sampai dengan mencoba mengimplementasikannya pada produk UMKM. Hasil dari pelatihan, pemahaman, sikap, dan keterampilan pelaku UMKM dalam berliterasi digital untuk menunjang kegiatan usaha yang dijalankan meningkat. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang diisi oleh para peserta yang berisikan kepuasan, kebermanfaatan, dan keberlanjutan rata-rata diisi pada kolom sangat puas (70-75%) dan puas (25-30%).
Downloads
References
Alawiah, E. T., Hariyanto, D., Yunandar, R. T., & Apriyani, H. A. (2022). Pemanfaatan Content Management System (CMS) Berbasis PHP Sebagai Media Digital Upaya Branding Pengenalan Diri (Personal) Pada Komunitas Bogor Mengabdi. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(2), 74-80.
Berdesa. (2020). “Jenis Jenis UMKM yang Paling Banyak Dijalani di Indonesia”,
https://www.berdesa.com/jenis-jenis-umkm/, diakses pada 24 Juli 2022 pukul 06.00.
Djunaidy, Arif, dkk. (2018). Website Kelurahan Sebagai Media Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus Kelurahan Gebang Putih, Sukolilo, Surabaya). Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 15.17.
Fitriani, Yuni. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/2120. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 15.13.
Ginting, dkk. (2021). Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Di Era Globalisasi. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/10869. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 16.32.
Idah, Yusida Munsa, Muliasari Pinilih. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/1212. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 15.38.
Indonesia. Undang-undang (UU) Nomor 28 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008. BPK RI. Jakarta.
Kurniawan, dkk. (2021). Pemberdayaan Literasi Digital di Desa Waringin Kurung, Cimanggu, Pandeglang. https://www.researchgate.net/profile/Andi-Kurniawan-6/publication/354113436_Pemberdayaan_Literasi_Digital_di_Desa_Waringin_Kurung_Cimanggu_Pandeglang/links/61576df94a82eb7cb5e24519/Pemberdayaan-Literasi-Digital-di-Desa-Waringin-Kurung-Cimanggu-Pandeglang.pdf. Diakses pada 20 oktober 2022 puku; 16.26.
Liputan 6. (2022). “Akses Internet Kian Merata, Peluang Bisnis UMKM Terbuka Lebar”,
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4931377/akses-internet-kian-merata-peluang-bisnis- umkm-terbuka-lebar, diakses pada 24 Juli 2022 pukul 05.30.
Mamuju. (2022). http://mamujukab.go.id/literasi-digital-dorong-kemajuan-umkm-di-mamuju/. Diakses 20 Oktober 2022 pukul 16.07.
Meilinda, Nurly. (2018). Social Media on Campus: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61948864/JSM20200131-77345-e2mlw7-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1666253963&Signature=cFpIRjzSTN0Lz6GDVJYI-Uw5tMejvXN2Kitzf~20uLgeaA13jrokjwTteNb0z1WjaATa9-FF8qp5TxtoELLoEmp12dq6ixrfwXFiulSRJdMRrBrn3Hcu9eckLTu5dcos8zK~RDJUY93fOzfzLUv037SaphPjyNQ8UqXsonQr7BILHebNplLWuKaIBJuSm4u4kJWWTXDK2pHN2Rqm~dVUhmiPixuOMfyJYhfEMPKUYyCeYpiTDl97Gugnu0z-HYRfTKTBgriTEjk~0DRMNzBcwpBnWwpgKWrewe0J7Cy2cw8SgGqLTa3qZ9Jy9ICFKusYnvNApQytVi3QszByFsEMQQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.28.
Mukhsin, Mukhsin. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi. https://teknokom.unwir.ac.id/index.php/teknokom/article/view/43. Diakses pada 20 Oktober 2020 pukul 15.05.
Pradiani, Theresia. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/45. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.48.
Priyatna, Centurion Chandratama, dkk. Optimalisasi Teknologi Informasi oleh Lembaga Pemerintah Dalam Aktivitas Komunikasi Publik. http://journal.unpad.ac.id/jkk/article/view/26115. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.34.
Rafiq, A. Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. https://core.ac.uk/download/pdf/327205602.pdf. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.56.
Roosdhani, Mohamad Rifqy, Purwo Adi Wibowo, Anna Widiastuti. Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kab. Jepara. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/18. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.41.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.
Yosepha, P. (2020). “Internet Mendukung UMKM Jangkau Pelanggan”,
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/27/internet-mendukung-umkm-jangkau- pelanggan, diakses pada 24 Juli 2022 pukul 05.40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fathiaty Murtadho, Reni Nur Eriyani, Miftahulkhairah Anwar, Muhammad Saddam Haikal, Nurieyya Fieka Azmuna, Deafitri Puspa Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0