Pemberdayaan Literasi Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi

Authors

  • Fathiaty Murtadho Universitas Negeri Jakarta
  • Reni Nur Eriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Miftahulkhairah Anwar Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Saddam Haikal Universitas Negeri Jakarta
  • Nurieyya Fieka Azmuna Universitas Negeri Jakarta
  • Deafitri Puspa Ayu Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.40

Keywords:

Literasi Digital, Iklan, UMKM

Abstract

Kelemahan UMKM, salah satunya yaitu mengenai pemasaran (iklan). Era sekarang, iklan dilakukan dengan berbasis teknologi/digital. Oleh karena itu, pegiat UMKM harus memahami budaya iklan dalam literasi digital. Konten iklan dalam dunia literasi digital sangat variatif dan cepat perubahannya. Dengan memahami dan menguasai konten iklan yang baik dan menarik diharapkan UMKM dapat mengembangkan jejaring dan pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan penjualan. Untuk menambah pemahaman dan penguasaan pegiat UMKM terhadap konten iklan berbasis digital diperlukan adanya berbagai pelatihan khusus. Pelatihan ini dibuat dalam kerangka pengabdian kepada masyarakat yang dimulai dari paparan mengenai konten iklan sampai dengan mencoba mengimplementasikannya pada produk UMKM. Hasil dari pelatihan, pemahaman, sikap, dan keterampilan pelaku UMKM dalam berliterasi digital untuk menunjang kegiatan usaha yang dijalankan meningkat. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang diisi oleh para peserta yang berisikan kepuasan, kebermanfaatan, dan keberlanjutan rata-rata diisi pada kolom sangat puas (70-75%) dan puas (25-30%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiah, E. T., Hariyanto, D., Yunandar, R. T., & Apriyani, H. A. (2022). Pemanfaatan Content Management System (CMS) Berbasis PHP Sebagai Media Digital Upaya Branding Pengenalan Diri (Personal) Pada Komunitas Bogor Mengabdi. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(2), 74-80.

Berdesa. (2020). “Jenis Jenis UMKM yang Paling Banyak Dijalani di Indonesia”,

https://www.berdesa.com/jenis-jenis-umkm/, diakses pada 24 Juli 2022 pukul 06.00.

Djunaidy, Arif, dkk. (2018). Website Kelurahan Sebagai Media Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus Kelurahan Gebang Putih, Sukolilo, Surabaya). Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 15.17.

Fitriani, Yuni. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/2120. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 15.13.

Ginting, dkk. (2021). Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Di Era Globalisasi. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/10869. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 16.32.

Idah, Yusida Munsa, Muliasari Pinilih. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/1212. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 15.38.

Indonesia. Undang-undang (UU) Nomor 28 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008. BPK RI. Jakarta.

Kurniawan, dkk. (2021). Pemberdayaan Literasi Digital di Desa Waringin Kurung, Cimanggu, Pandeglang. https://www.researchgate.net/profile/Andi-Kurniawan-6/publication/354113436_Pemberdayaan_Literasi_Digital_di_Desa_Waringin_Kurung_Cimanggu_Pandeglang/links/61576df94a82eb7cb5e24519/Pemberdayaan-Literasi-Digital-di-Desa-Waringin-Kurung-Cimanggu-Pandeglang.pdf. Diakses pada 20 oktober 2022 puku; 16.26.

Liputan 6. (2022). “Akses Internet Kian Merata, Peluang Bisnis UMKM Terbuka Lebar”,

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4931377/akses-internet-kian-merata-peluang-bisnis- umkm-terbuka-lebar, diakses pada 24 Juli 2022 pukul 05.30.

Mamuju. (2022). http://mamujukab.go.id/literasi-digital-dorong-kemajuan-umkm-di-mamuju/. Diakses 20 Oktober 2022 pukul 16.07.

Meilinda, Nurly. (2018). Social Media on Campus: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61948864/JSM20200131-77345-e2mlw7-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1666253963&Signature=cFpIRjzSTN0Lz6GDVJYI-Uw5tMejvXN2Kitzf~20uLgeaA13jrokjwTteNb0z1WjaATa9-FF8qp5TxtoELLoEmp12dq6ixrfwXFiulSRJdMRrBrn3Hcu9eckLTu5dcos8zK~RDJUY93fOzfzLUv037SaphPjyNQ8UqXsonQr7BILHebNplLWuKaIBJuSm4u4kJWWTXDK2pHN2Rqm~dVUhmiPixuOMfyJYhfEMPKUYyCeYpiTDl97Gugnu0z-HYRfTKTBgriTEjk~0DRMNzBcwpBnWwpgKWrewe0J7Cy2cw8SgGqLTa3qZ9Jy9ICFKusYnvNApQytVi3QszByFsEMQQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.28.

Mukhsin, Mukhsin. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi. https://teknokom.unwir.ac.id/index.php/teknokom/article/view/43. Diakses pada 20 Oktober 2020 pukul 15.05.

Pradiani, Theresia. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/45. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.48.

Priyatna, Centurion Chandratama, dkk. Optimalisasi Teknologi Informasi oleh Lembaga Pemerintah Dalam Aktivitas Komunikasi Publik. http://journal.unpad.ac.id/jkk/article/view/26115. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.34.

Rafiq, A. Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. https://core.ac.uk/download/pdf/327205602.pdf. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.56.

Roosdhani, Mohamad Rifqy, Purwo Adi Wibowo, Anna Widiastuti. Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kab. Jepara. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/18. Diakses pada 20 Oktober 2022 pukul 14.41.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.

Yosepha, P. (2020). “Internet Mendukung UMKM Jangkau Pelanggan”,

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/27/internet-mendukung-umkm-jangkau- pelanggan, diakses pada 24 Juli 2022 pukul 05.40.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-12-01

How to Cite

Murtadho, F., Eriyani, R., Anwar, M. ., Haikal, M. S. ., Azmuna, N. F. ., & Ayu, D. P. . (2022). Pemberdayaan Literasi Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55506/arch.v2i1.40