Media Crocodile Physics untuk Pembelajaran Guru Fisika di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.4Keywords:
Crocodile Physics, Guru Fisika, Masa PandemiAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan mitra yang diidentifikasi meliputi (1) memberikan informasi dalam menggunakan media pembelajaran terutama untuk penunjang praktikum fisika, (2) pergeseran perubahan proses pembelajaran secara daring di era new normal tahun 2020 memaksakan guru dan siswa untuk belajar secara online dirumah, belajar mandiri, dan kreatif, (3) Guru SMA fisika membutuhkan media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan praktikum mata pelajaran fisika, memfasilitasi dan memotivasi kreativitas guru dan siswa. Hasil angket respon peserta workshop setelah melaksanakan kegiatan pelatihan mendapatkan persentase 84,5%. Guru MGMP Fisika SMA Serang sangat baik merasa terbantu menambah pengetahuan, pengalaman, dan kreatifitas dalam memahami Media Crocodile Physics. Hasil Pengabdian ini mampu memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat dan, guru merasa terbantu, menambah pengetahuan baru, serta pengalaman dan kreatifitas mereka dalam memberikan materi ke siswa yang berkaitan dengan praktikum yang tidak bisa dilakukan di era pandemi saat ini.
Downloads
References
Ali, Ahmad, Laila Khamsatul Mukharrami, Ana Yuniasti, Retno Wulandari, and Fatimatul Munawaroh. 2018. “Pengaruh Media Crocodile Physics Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Natural Science Education Research 1(1):65–72.
Astuti, Siwi Puji, Alhidayatuddiniyah TW, and Santy Handayani. 2019. “Pemanfaatan Media Crocodile Physics Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika.” Navigation Physics : Journal of Physics Education 1(1):1–5. doi: 10.30998/NPJPE.V1I1.189.
Dasmo, Dasmo, Yoga Budi Bhakti, and Napis Napis. 2020. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Phet Simulation Dalam Eksperimen Fisika.” Navigation Physics : Journal of Physics Education 1(1):18–21. doi: 10.30998/npjpe.v1i1.192.
Haqi L. n.d. “Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Matholi’ul Huda 02 Troso Jepara Tahun Pelajaran 2015 - Walisongo Repository.” Retrieved December 7, 2021 (http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4596/).
Marpaung, Rahel Rehuella, Nabeela Rahma Noor Aziz, and Popi Purwanti. 2021. “Analisis Nilai Sudut Deviasi Pada Prisma Menggunakan Software Crocodile Physics 605.” Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 2(1):1–7.
Musfiqon. 2012. “Pengembangan Media Dan Sumber Belajar.” PT. Prestasi Pustakarya.
Novianto, Abdi. 2018. “PENERAPAN PROGRAM CROCODILE PHYSIC SEBAGAI MEDIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FISIKA SISWA.”
Pembelajaran, DS Wahyuni-Matematika dan, and undefined 2016. n.d. “Pengaruh Efikasi Diri, Cara Belajar, Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru Dan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas.” Jurnal.Iainambon.Ac.Id.
Prasetyo, Udik, Irnin Agustina Dwi Astuti, Dasmo Dasmo, and Iman Noor. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB BLOG PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS.” Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 1(2):155–61. doi: 10.20527/FLUX.V13I2.3141.
Purwanti, Popi, and Dandan Luhur Saraswati. 2020. “Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak Dengan Laboratorium Virtual PhET Dan Riil Di Laboratorium Fisika.” Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika 5(4):321–27.
Rubiyah, Siti, Dasmo Dasmo, and Huri Suhendri. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Dan AVS Video Editor Untuk Siswa Kelas X SMK Mahadhika 2 Jakarta Timur.” Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 1(2):107–18.
Setiawan, Achmad, Aditin Putria, and Nunuk Suryani. 2016. “Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya.” Publikasi IAIN Batusangkar 4(2):21–42.
Yamin, M. 2007. “Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan.” Jakarta: Gaung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Popi Purwanti Popi, Yoga Budi Bhakti, Sri Mayanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0