Bimbingan Belajar Ceria sebagai Pendamping Sekolah Online Selama Pandemi Covid-19 di Dusun Jegles Desa Tarokan Kediri
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.29Keywords:
Bimbingan Belajar Ceria, Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19Abstract
Pandemi covid-19 memberikan dampak pada laju pertumbuhan Negara, salah satunya pada bidang pendidikan. Proses pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara tatap muka saat ini dialihkan dengan menggunakan sistem pembelajaran online. Pembelajaran online yang diimplementasikan menimbulkan banyak kendala, seperti kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran dan kurangnya pendampingan orang tua pada saat proses pembelajaran online berlangsung. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengadakan Bimbingan Belajar Ceria di Dusun Jegles Desa Tarokan Kabupaten Kediri. Pengabdian ini dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membantu permasalahan yang terjadi pada siswa SD/MI dan TK. Metode penelitian yang digunakan dalam pengabdian ini adalah PAR (Participatory Action Research). Hasil kegiatan pengabdian setelah ada pendampingan Bimbingan Belajar Ceria ini yaitu memberikan alternatif solusi dalam pendampingan belajar anak sehingga bisa menyelesaikan permasalahan para orang tua dan guru.
Downloads
References
Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(1), 13–18.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.
Atiqoh, L. N., & Dina, B. (2020). RESPON ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33474/THUFULI.V2I1.6925
Denzin N, L. Y. (2007). The SAGE Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice (Google eBook). 2007, 752.
Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2014). STUDI DESKRIPTIF MENGENAI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MENGIKUTI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SMP DI SEMARANG. PSIKODIMENSIA, 13(1), 115. https://doi.org/10.24167/PSIKO.V13I1.282
John W. Crewell. (2018). Qualitative Inquiry Research Design. SAGE Publications Asia-Pasific Pte. Ltd, 2013–2015.
Novena, O., & Soedjiwo, A. F. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH) di TPQ AL-MAGFIROH Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9–19. https://doi.org/10.53958/WB.V4I2.36
Purwanti, S. (2016). PERANAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.24042/ALIDARAH.V6I1.795
Samsul Rivai Harahap. (2020). Konseling: Kebiasaan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 2020. https://doi.org/10.30829/AL-IRSYAD.V10I1.7639
Sriyono, H. (2017). Bimbingan dan Konseling Belajar bagi Siswa di Sekolah. Depok: Rajawali Pers.
Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Choiru Umatin, Izza Nur Iliyyin, Ummiy Fauziyah Laili, Nila Zaimatus Septiana, Mochamad Nasichin Al Muiz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0