Bimbingan Belajar Ceria sebagai Pendamping Sekolah Online Selama Pandemi Covid-19 di Dusun Jegles Desa Tarokan Kediri

Authors

  • Choiru Umatin Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Izza Nur Iliyyin Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Ummiy Fauziyah Laili Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nila Zaimatus Septiana Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Mochamad Nasichin Al Muiz Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.29

Keywords:

Bimbingan Belajar Ceria, Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak pada laju pertumbuhan Negara, salah satunya pada bidang pendidikan. Proses pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara tatap muka saat ini dialihkan dengan menggunakan sistem pembelajaran online. Pembelajaran online yang diimplementasikan menimbulkan banyak kendala, seperti kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran dan kurangnya pendampingan orang tua pada saat proses pembelajaran online berlangsung. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengadakan Bimbingan Belajar Ceria di Dusun Jegles Desa Tarokan Kabupaten Kediri. Pengabdian ini dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membantu permasalahan yang terjadi pada siswa SD/MI dan TK. Metode penelitian yang digunakan dalam pengabdian ini adalah PAR (Participatory Action Research). Hasil kegiatan pengabdian setelah ada pendampingan Bimbingan Belajar Ceria ini yaitu memberikan alternatif solusi dalam pendampingan belajar anak sehingga bisa menyelesaikan permasalahan para orang tua dan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(1), 13–18.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.

Atiqoh, L. N., & Dina, B. (2020). RESPON ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33474/THUFULI.V2I1.6925

Denzin N, L. Y. (2007). The SAGE Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice (Google eBook). 2007, 752.

Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2014). STUDI DESKRIPTIF MENGENAI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MENGIKUTI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SMP DI SEMARANG. PSIKODIMENSIA, 13(1), 115. https://doi.org/10.24167/PSIKO.V13I1.282

John W. Crewell. (2018). Qualitative Inquiry Research Design. SAGE Publications Asia-Pasific Pte. Ltd, 2013–2015.

Novena, O., & Soedjiwo, A. F. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH) di TPQ AL-MAGFIROH Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9–19. https://doi.org/10.53958/WB.V4I2.36

Purwanti, S. (2016). PERANAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.24042/ALIDARAH.V6I1.795

Samsul Rivai Harahap. (2020). Konseling: Kebiasaan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 2020. https://doi.org/10.30829/AL-IRSYAD.V10I1.7639

Sriyono, H. (2017). Bimbingan dan Konseling Belajar bagi Siswa di Sekolah. Depok: Rajawali Pers.

Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-06-20

How to Cite

Umatin, C., Iliyyin, I. N., Laili, U. F., Septiana, N. Z., & Al Muiz, M. N. (2022). Bimbingan Belajar Ceria sebagai Pendamping Sekolah Online Selama Pandemi Covid-19 di Dusun Jegles Desa Tarokan Kediri. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 77-84. https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.29

Issue

Section

Articles