Peningkatan Pemahaman Perbandingan Melalui Media PAKOPER di Sekolah Dasar

Authors

  • Aris Dwi Saputra STKIP PGRI Sumenep
  • Nur Mukhlishah STKIP PGRI Sumenep
  • Eko Agustiawan STKIP PGRI Sumenep
  • Nur Fitriyah Indraswari STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.211

Keywords:

PAKOPER, Media Pembelajaran, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Latar Belakang:  Memahami topik matematika yang bersifat abstrak seperti perbandingan masih menjadi tantangan besar bagi banyak siswa sekolah dasar, terutama karena kurangnya alat pembelajaran yang konkret dan relevan secara kontekstual. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perbandingan pada siswa melalui penerapan media pembelajaran inovatif bernama PAKOPER (Papan Kotak Perbandingan). Metode: Pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan edukatif-partisipatif yang melibatkan siswa kelas V SDN Kebunan 1 Sumenep. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media PAKOPER berhasil meningkatkan nilai rata-rata siswa dari 55 menjadi 82, serta meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi. Kesimpulan: Media pembelajaran berbasis visual konkret seperti PAKOPER terbukti mampu mempermudah siswa dalam memahami konsep perbandingan dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiawan, E., & Faradiba, S. S. (2023). Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Materi Himpunan di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2468

Agustiawan, E., & Fuady, A. (2023). Analysis of Test Questions Description Midterm Exam Statistics Course. Jurnal Ilmu Pendidikan, 02(01), 16–23. https://doi.org/10.71392/ejip.v2i1.48 DOI: https://doi.org/10.71392/ejip.v2i1.48

Ananda, M. L., Puspita, A. M. I., & Kristanto, A. (2024). TREN RISET TPACK DALAM JURNAL PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 2020–2025. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20497

Anjaswuri, F., Mulyawati, Y., Hikmah, N., Pratama, M. A., & Sitompul, R. A. (2025). Optimalisasi Kompetensi Guru Melalui Penerapan Culturally Responsive Teaching Berbasis Digital Dengan Aplikasi Seesaw di SDN Bhayangkari Kota Bogor. 6(2), 2845–2853. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i2.6220

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57 DOI: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arianty, W., Mushlihuddin, R., Pohan, N., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II-A SDN 060913 MEDAN TEMBUNG MELALUI MEDIA PANGAN (PAPAN PERBANDINGAN) Improving. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 5, 1251–1261. https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i3.5943 DOI: https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i3.5943

Asia, N., Mukhlis, & Latief, S. A. (2025). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD OLEH MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Communnity Development Journal, 6(1), 1240–1243. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41976 DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41976

Asmiati, N., Atsari, A. Al, Anugrah, R. S., Az-zahra, F. A., & Bai, E. (2025). Edukasi Pendataan Disabilitas sebagai Upaya dalam Meningkatkan Pemerataan Hak Warga Disabilitas di Desa Pasanggrahan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 260–267. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.161 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.161

Astuti, A. D., Karima, R. N., Kharta, A., & Hariyati, S. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Platform Quizizz untuk Asesmen Sumatif. 4(2), 315–325. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.170 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.170

Azmi, M. P. (2025). Pendekatan Concrete Representational Abstract ( CRA ) dan Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 09, 90–104. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65663 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3836

Fitriana, R., Amaliyah, A., & Unaenah, E. (2024). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD Negeri Bojong 3 Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 776–781. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10652829

Fuady, A., Agustiawan, E., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2023). Pelatihan Pembelajaran Media Digital Berbasis Power Point Materi Statistika Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(3), 923–929. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4645 DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4645

Hamdani, F., Nuryadi, H., & Aulia, M. (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV Berbasis Multimedia. 4(2), 1260–1266. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5392 DOI: https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5392

Indraswari, N. F., & Minggani, F. (2022). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Pembangkit Berdasarkan Tipe Kepribadian Keirsey. Sigma, 7(2), 105–112. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1297 DOI: https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1297

Indraswari, N. F., Minggani, F., Muhammad, D., & Fitriyah, A. (2023). Pendampingan Implementasi Lesson Study Untuk Melatih Penalaran Aljabar Siswa SMP di Ujung Utara Kota Pamekasan. I-Com : Indonesian Community Journal, 3(4), 1726–1738. https://doi.org/https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3379 DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3379

Manu, A. S., & P, K. W. L. (2025). Sosialisasi Literasi Keuangan Berbasis Sampah di SMP Negeri 16 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 247–252. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.158 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.158

Najiyyah, N., & Faizah, S. N. (2020). Media Kertas Lipat Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas Iv Di Mi Murni Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 79. https://doi.org/10.30736/atl.v3i2.207 DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v3i2.207

Nata, I. K. W., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 5, 227–237. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726

Nufus, H., Prayitno, S., Baidowi, B., & Turmuzi, T. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.133 DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.133

Rahayu, S., Kartinah, Arfiningsih, Y., & Artarina, F. P. (2024). Perbedaan Model Konvensional dan Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas II SDN Mlatiharjo 01. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 972–982. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.661 DOI: https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.661

Rosmiati, A., Muslimah, A., & Rikmasari, R. (2024). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SD. Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 03, 43–51. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i3.10397 DOI: https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i3.10397

Setiowati, S. (2023). Implementasi Metode BSB 3P ( Pembelajaran Papan Pintar ) Matematika pada Kreativitas Siswa SDN Bareng 1 Nganjuk. Sains Data Jurnal Studi Matematika Dan Teknologi, 1, 1–8. https://doi.org/10.52620/sainsdata.v1i1.4 DOI: https://doi.org/10.52620/sainsdata.v1i1.4

Sinaga, S. S., & Sofiyah, K. (2024). Kesenangan di Sekolah Dasar dapat Ditingkatkan Melalui Permainan yang Membuat Belajar Matematika Menjadi Pengalaman yang Menyenangkan. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2), 575–579. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2794 DOI: https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2794

Soraya, S. Z. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN PERADABAN BANGSA. Southeast Asian Journal of Islamic, 12(1), 12. https://doi.org/10.51200/uji.v12i.3291 DOI: https://doi.org/10.51200/uji.v12i.3291

Wathon, A. (2025). MANAJEMEN NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i1.5572 DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i1.5572

Wijayanti, A., & Firdaus, A. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Kotak Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Panjang. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 2(2), 117–121. https://doi.org/10.62388/prisma.v2i2.376 DOI: https://doi.org/10.62388/prisma.v2i2.376

Yasa, I. G. P. A., & P, K. W. L. (2025). Sosialisasi Konsep 3R Sebagai Strategi Efektif Pengelolaan Sampah Di SDN 9 Sesetan. Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 238–246. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.157 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.157

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-26

How to Cite

Saputra, A. D., Mukhlishah, N., Agustiawan, E., & Indraswari, N. F. (2025). Peningkatan Pemahaman Perbandingan Melalui Media PAKOPER di Sekolah Dasar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 144–156. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.211