Peningkatan Pemahaman Perbandingan Melalui Media PAKOPER di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.211Keywords:
PAKOPER, Media Pembelajaran, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Latar Belakang: Memahami topik matematika yang bersifat abstrak seperti perbandingan masih menjadi tantangan besar bagi banyak siswa sekolah dasar, terutama karena kurangnya alat pembelajaran yang konkret dan relevan secara kontekstual. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perbandingan pada siswa melalui penerapan media pembelajaran inovatif bernama PAKOPER (Papan Kotak Perbandingan). Metode: Pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan edukatif-partisipatif yang melibatkan siswa kelas V SDN Kebunan 1 Sumenep. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media PAKOPER berhasil meningkatkan nilai rata-rata siswa dari 55 menjadi 82, serta meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi. Kesimpulan: Media pembelajaran berbasis visual konkret seperti PAKOPER terbukti mampu mempermudah siswa dalam memahami konsep perbandingan dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Downloads
References
Agustiawan, E., & Faradiba, S. S. (2023). Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Materi Himpunan di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2468
Agustiawan, E., & Fuady, A. (2023). Analysis of Test Questions Description Midterm Exam Statistics Course. Jurnal Ilmu Pendidikan, 02(01), 16–23. https://doi.org/10.71392/ejip.v2i1.48 DOI: https://doi.org/10.71392/ejip.v2i1.48
Ananda, M. L., Puspita, A. M. I., & Kristanto, A. (2024). TREN RISET TPACK DALAM JURNAL PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 2020–2025. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20497
Anjaswuri, F., Mulyawati, Y., Hikmah, N., Pratama, M. A., & Sitompul, R. A. (2025). Optimalisasi Kompetensi Guru Melalui Penerapan Culturally Responsive Teaching Berbasis Digital Dengan Aplikasi Seesaw di SDN Bhayangkari Kota Bogor. 6(2), 2845–2853. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i2.6220
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57 DOI: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arianty, W., Mushlihuddin, R., Pohan, N., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II-A SDN 060913 MEDAN TEMBUNG MELALUI MEDIA PANGAN (PAPAN PERBANDINGAN) Improving. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 5, 1251–1261. https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i3.5943 DOI: https://doi.org/10.58578/masaliq.v5i3.5943
Asia, N., Mukhlis, & Latief, S. A. (2025). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD OLEH MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Communnity Development Journal, 6(1), 1240–1243. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41976 DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41976
Asmiati, N., Atsari, A. Al, Anugrah, R. S., Az-zahra, F. A., & Bai, E. (2025). Edukasi Pendataan Disabilitas sebagai Upaya dalam Meningkatkan Pemerataan Hak Warga Disabilitas di Desa Pasanggrahan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 260–267. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.161 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.161
Astuti, A. D., Karima, R. N., Kharta, A., & Hariyati, S. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Platform Quizizz untuk Asesmen Sumatif. 4(2), 315–325. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.170 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.170
Azmi, M. P. (2025). Pendekatan Concrete Representational Abstract ( CRA ) dan Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 09, 90–104. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65663 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3836
Fitriana, R., Amaliyah, A., & Unaenah, E. (2024). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD Negeri Bojong 3 Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 776–781. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10652829
Fuady, A., Agustiawan, E., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2023). Pelatihan Pembelajaran Media Digital Berbasis Power Point Materi Statistika Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(3), 923–929. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4645 DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4645
Hamdani, F., Nuryadi, H., & Aulia, M. (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV Berbasis Multimedia. 4(2), 1260–1266. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5392 DOI: https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5392
Indraswari, N. F., & Minggani, F. (2022). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Pembangkit Berdasarkan Tipe Kepribadian Keirsey. Sigma, 7(2), 105–112. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1297 DOI: https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1297
Indraswari, N. F., Minggani, F., Muhammad, D., & Fitriyah, A. (2023). Pendampingan Implementasi Lesson Study Untuk Melatih Penalaran Aljabar Siswa SMP di Ujung Utara Kota Pamekasan. I-Com : Indonesian Community Journal, 3(4), 1726–1738. https://doi.org/https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3379 DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3379
Manu, A. S., & P, K. W. L. (2025). Sosialisasi Literasi Keuangan Berbasis Sampah di SMP Negeri 16 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 247–252. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.158 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.158
Najiyyah, N., & Faizah, S. N. (2020). Media Kertas Lipat Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas Iv Di Mi Murni Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 79. https://doi.org/10.30736/atl.v3i2.207 DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v3i2.207
Nata, I. K. W., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 5, 227–237. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726
Nufus, H., Prayitno, S., Baidowi, B., & Turmuzi, T. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.133 DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.133
Rahayu, S., Kartinah, Arfiningsih, Y., & Artarina, F. P. (2024). Perbedaan Model Konvensional dan Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas II SDN Mlatiharjo 01. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 972–982. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.661 DOI: https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.661
Rosmiati, A., Muslimah, A., & Rikmasari, R. (2024). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SD. Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 03, 43–51. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i3.10397 DOI: https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i3.10397
Setiowati, S. (2023). Implementasi Metode BSB 3P ( Pembelajaran Papan Pintar ) Matematika pada Kreativitas Siswa SDN Bareng 1 Nganjuk. Sains Data Jurnal Studi Matematika Dan Teknologi, 1, 1–8. https://doi.org/10.52620/sainsdata.v1i1.4 DOI: https://doi.org/10.52620/sainsdata.v1i1.4
Sinaga, S. S., & Sofiyah, K. (2024). Kesenangan di Sekolah Dasar dapat Ditingkatkan Melalui Permainan yang Membuat Belajar Matematika Menjadi Pengalaman yang Menyenangkan. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2), 575–579. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2794 DOI: https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2794
Soraya, S. Z. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN PERADABAN BANGSA. Southeast Asian Journal of Islamic, 12(1), 12. https://doi.org/10.51200/uji.v12i.3291 DOI: https://doi.org/10.51200/uji.v12i.3291
Wathon, A. (2025). MANAJEMEN NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i1.5572 DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i1.5572
Wijayanti, A., & Firdaus, A. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Kotak Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Panjang. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 2(2), 117–121. https://doi.org/10.62388/prisma.v2i2.376 DOI: https://doi.org/10.62388/prisma.v2i2.376
Yasa, I. G. P. A., & P, K. W. L. (2025). Sosialisasi Konsep 3R Sebagai Strategi Efektif Pengelolaan Sampah Di SDN 9 Sesetan. Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 238–246. https://doi.org/https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.157 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aris Dwi Saputra, Nur Mukhlishah, Eko Agustiawan, Nur Fitriyah Indraswari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0