Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kelurahan Demang Lebar Daun Kota Palembang

Authors

  • Susi Dian Rahayu Universitas Islam 45 Bekasi
  • Arifudin Universitas Islam Assyafiiyah
  • Sefri Barkah Staf Ahli DPD RI

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.204

Keywords:

Pancasila, Sosialisasi, Society 5.0

Abstract

Latar Belakang: Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Sebagai ideologi bangsa, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diharapkan dapat menjadi pedoman dan landasan hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehar-hari. Terlebih di era society 5.0, keberadaan Pancasila diharapkan dapat menjadi counter dalam mengatasi penetrasi budaya asing. Tujuan: Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Metode: Metode yang digunakan adalah sosialiasi dengan penyampaian secara ceramah dan dengan metode diskusi yang melibatkan masyarakat peserta sosialisasi. Hasil: Antusiasme masyarakat dalam mengikuti sosialisasi dan pemahaman mereka dalam menarasikan nilai-nilai Pancasila dan urgensinya dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di era society 5.0. Kesimpulan: Sosialisasi yang dilakukan berdampak secara positif dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andani, M. (2024). Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Pendidikan Toleransi di Era Digital. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 33–43. DOI: https://doi.org/10.71153/arini.v1i1.85

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi nilai nilai pancasila dalam penguatan karakter bangsa. Widyadari, 21(2), 676–687.

Ashar, A., Hikmah, M. S., FR, N. A., Yusri, A. G., Asikin, N., Islam, A. F., Junaid, M. J. M., Prawira, F., & Harum, A. (2025). GERHANA: Program Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Botto Mendukung Terwujudnya Desa Anti Pernikahan Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 370–387. DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.177

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440–450. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 50–64. DOI: https://doi.org/10.24269/v2.n1.2017.59-72

Fadilah, N. (2025). Pendidikan Pancasila Di Era Society 5.0: Pembelajaran, Tantangan Dan Peluang. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(02), 204–211. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1286

Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan sebagai pedoman dalam menghadapi era society 5.0 mendatang. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(2), 767–773. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2391

Nurgiansah, T. H. (2023). Pendidikan Pancasila.

Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Rahman, A. (2018). Nilai Pancasila kondisi dan implementasinya dalam masyarakat global. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 34–48. DOI: https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i2.44

Rianto, H. (2015). PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN EWARGANEGARAAN MEMBANGUN GENERASI CERDAS DAN BERKARAKTER. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 14–21.

Rintayati, P., Riyadi, R., Kurniawan, S. B., & Kamsiyati, S. (2023). Peningkatan pemahaman dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi melalui metode pelatihan dan pendampingan pada guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1). DOI: https://doi.org/10.20961/jpd.v10i1.63494

Rusli, T. S., Boari, Y., Amelia, D. A., Rahayu, D., Setiaji, B., & Yuniwati, I. (2024). Pengantar metodologi pengabdian masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165–176. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a3549

Sukowati, A. P., Sholihah, S. N. Q., Sholikhah, N., Febrianti, R. T., Saputri, L. W., & Ghozali, I. (2024). Meningkatkan kesadaran bela negara dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di era globalisasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 184–194.

Syaddan, S. (2024). Sosialisasi Keamanan Data di Dunia Siber untuk Meningkatkan Kewaspadaan SMK 1 Negeri Tarakan Terhadap Ancaman Cybercrime. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 289–299. DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.103

Syafitri, A., & Dewi, D. A. (2022). Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Penemuan Jati Diri Bangsa di Era Digital. Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 2(2), 55–62. DOI: https://doi.org/10.56393/rhizome.v1i6.234

Wigena, N. R., Alghifari, M. D., Kamilah, N. R., Nurhalimah, H., & Nugraha, R. G. (2022). Pengaruh era society 5.0 terhadap nilai-nilai pancasila yang menjadi tantangan masyarakat INDONESIA. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1982–1986.

Zulfa, A., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi. Jurnal Kalacakra, 3(2), 65–71. DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.6267

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-26

How to Cite

Rahayu, S. D., Arifudin, A., & Barkah, S. (2025). Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kelurahan Demang Lebar Daun Kota Palembang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.204