Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kelurahan Demang Lebar Daun Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.204Keywords:
Pancasila, Sosialisasi, Society 5.0Abstract
Latar Belakang: Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Sebagai ideologi bangsa, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diharapkan dapat menjadi pedoman dan landasan hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehar-hari. Terlebih di era society 5.0, keberadaan Pancasila diharapkan dapat menjadi counter dalam mengatasi penetrasi budaya asing. Tujuan: Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Metode: Metode yang digunakan adalah sosialiasi dengan penyampaian secara ceramah dan dengan metode diskusi yang melibatkan masyarakat peserta sosialisasi. Hasil: Antusiasme masyarakat dalam mengikuti sosialisasi dan pemahaman mereka dalam menarasikan nilai-nilai Pancasila dan urgensinya dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di era society 5.0. Kesimpulan: Sosialisasi yang dilakukan berdampak secara positif dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila.
Downloads
References
Andani, M. (2024). Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Pendidikan Toleransi di Era Digital. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 33–43. DOI: https://doi.org/10.71153/arini.v1i1.85
Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi nilai nilai pancasila dalam penguatan karakter bangsa. Widyadari, 21(2), 676–687.
Ashar, A., Hikmah, M. S., FR, N. A., Yusri, A. G., Asikin, N., Islam, A. F., Junaid, M. J. M., Prawira, F., & Harum, A. (2025). GERHANA: Program Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Botto Mendukung Terwujudnya Desa Anti Pernikahan Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 370–387. DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.177
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440–450. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 50–64. DOI: https://doi.org/10.24269/v2.n1.2017.59-72
Fadilah, N. (2025). Pendidikan Pancasila Di Era Society 5.0: Pembelajaran, Tantangan Dan Peluang. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(02), 204–211. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1286
Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan sebagai pedoman dalam menghadapi era society 5.0 mendatang. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(2), 767–773. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2391
Nurgiansah, T. H. (2023). Pendidikan Pancasila.
Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597
Rahman, A. (2018). Nilai Pancasila kondisi dan implementasinya dalam masyarakat global. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 34–48. DOI: https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i2.44
Rianto, H. (2015). PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN EWARGANEGARAAN MEMBANGUN GENERASI CERDAS DAN BERKARAKTER. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 14–21.
Rintayati, P., Riyadi, R., Kurniawan, S. B., & Kamsiyati, S. (2023). Peningkatan pemahaman dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi melalui metode pelatihan dan pendampingan pada guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1). DOI: https://doi.org/10.20961/jpd.v10i1.63494
Rusli, T. S., Boari, Y., Amelia, D. A., Rahayu, D., Setiaji, B., & Yuniwati, I. (2024). Pengantar metodologi pengabdian masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165–176. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a3549
Sukowati, A. P., Sholihah, S. N. Q., Sholikhah, N., Febrianti, R. T., Saputri, L. W., & Ghozali, I. (2024). Meningkatkan kesadaran bela negara dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di era globalisasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 184–194.
Syaddan, S. (2024). Sosialisasi Keamanan Data di Dunia Siber untuk Meningkatkan Kewaspadaan SMK 1 Negeri Tarakan Terhadap Ancaman Cybercrime. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 289–299. DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.103
Syafitri, A., & Dewi, D. A. (2022). Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Penemuan Jati Diri Bangsa di Era Digital. Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 2(2), 55–62. DOI: https://doi.org/10.56393/rhizome.v1i6.234
Wigena, N. R., Alghifari, M. D., Kamilah, N. R., Nurhalimah, H., & Nugraha, R. G. (2022). Pengaruh era society 5.0 terhadap nilai-nilai pancasila yang menjadi tantangan masyarakat INDONESIA. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1982–1986.
Zulfa, A., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi. Jurnal Kalacakra, 3(2), 65–71. DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.6267
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susi Dian Rahayu, Arifudin, Sefri Barkah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0