Upaya Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa melalui Literasi Numerasi Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.203Keywords:
Literasi Numerasi, Motivasi Belajar, Berpikir Tingkat TinggiAbstract
Latar Belakang: Pengetahuan terkini menunjukkan rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir mahasiswa disebabkan oleh manajemen pembelajaran yang kurang optimal serta literasi numerasi yang tidak kontekstual. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran berbasis pengabdian masyarakat dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui literasi numerasi ilmiah. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek terdiri dari mahasiswa, dosen Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Quality, dan masyarakat Desa Parsambilan dalam program MBKM. Hasil: Integrasi pengabdian masyarakat dalam pembelajaran meningkatkan motivasi belajar (83%), kemampuan berpikir tingkat tinggi (75% sangat baik), dan literasi numerasi ilmiah. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis pengabdian masyarakat efektif dalam membentuk mahasiswa sebagai agen perubahan yang logis, reflektif, dan sosial. Studi lanjutan perlu mengeksplorasi penerapan pada skala yang lebih luas.
Downloads
References
Almulla, M. A. (2023). Constructivism learning theory: A paradigm for students’ critical thinking, creativity, and problem solving to affect academic performance in higher education. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2172929 DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2172929
Ashmel, M., Tlemsani, I., Mason-Jones, R., Matthews, R., & Ndrecaj, V. (2024). Higher education via the lens of industry 5.0: Strategy and perspective. Social Sciences and Humanities Open, 9(February), 100828. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.100828 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.100828
Carayannis, E. G., & Morawska-Jancelewicz, J. (2022). The Futures of Europe: Society 5.0 and Industry 5.0 as Driving Forces of Future Universities. Journal of the Knowledge Economy, 13(4), 3445–3471. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00854-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s13132-021-00854-2
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791 DOI: https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791
Daulay, A., Mahfuza, R., Sahara, A., Warahmah, Dongoran, S., & Hutagalung, M. F. (2024). Hubungan Antara Teori Pendidikan dan Praktek Pendidikan di Sekolah SD Muhammadiyah 01 Medan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 527–529. https://doi.org/10.5281/zenodo.10447347
Dias-Oliveira, E., Pasion, R., Vieira da Cunha, R., & Lima Coelho, S. (2024). The development of critical thinking, team working, and communication skills in a business school–A project-based learning approach. Thinking Skills and Creativity, 54(June 2023), 101680. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101680 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101680
Gloriani, Y., Setiyani, S., Firmasari, S., & Erawati, T. (2023). Relationship between Literacy and Numeracy for Junior High School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6048–6054. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3096 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3096
Khairunnisa, Fitrah, M., Lorosae, T. A., Ramadhan, S., & Munir. (2023). Penguatan Integrasi Kurikulum Program Studi dengan Dunia Kerja Melalui Studi Excursion dalam Pembelajaran Mahasiswa. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–98. https://doi.org/10.61461/sjpm.v2i2.29 DOI: https://doi.org/10.61461/sjpm.v2i2.29
Lisnasari, S. F., Jainab, J., & Syafnan, S. (2025). Scientific-Based Numeracy Literacy Teaching Materials in Learning Management: Student Motivation and Higher Thinking Skills. Jurnal Eduscience, 12(3), 738–752. https://doi.org/10.36987/jes.v12i3.7122 DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v12i3.7122
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mutawakkil, M., & Nuraedah, N. (2019). Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 135–152. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765 DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765
Nguyện, L. C., Hoa, H. Q., & Hien, L. H. P. (2025). Integrating design thinking into STEM education: Enhancing problem-solving skills of high school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(4), 1–11. https://doi.org/10.29333/ejmste/16084 DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/16084
Rahmawati, N. D., Amintoko, G., & Faizah, S. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Fungsi Pembangkit. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 21–31.
Rangkuti, A. N., Sitompul, L., Amran, A., Lubis, M. S., Hoiriyah, D., Sari, L. N. I., Nasution, M., & Rambe, S. (2024). the Influence of Scientific-Based Numeracy Literacy Teaching Materials on Students’ Motivation and Higher-Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(4), 583–596. https://doi.org/10.15294/88jfsm61 DOI: https://doi.org/10.15294/88jfsm61
Sumini, S., Sutejo, S., & Laksono, J. (2023). Pelatihan Budidaya Tanaman Cabai Dan Teknik Pengendalian OPT Secara Organik Pada Kelompok Wanita Tani Sejahtera Astra. Jurnal Pengabdian, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.58222/jp.v2i1.193 DOI: https://doi.org/10.58222/jp.v2i1.193
Wakifah, W., Fatimah, F., & Sulistiawati, M. (2023). Optimization of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in Islamic Education towards the Era of Society 5.0. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(2), 55–63. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5750 DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5750
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Srie Faizah Lisnasari, Jainab Naibaho, Pelista Br Karo Sekali, Syafnan, Mhd. Rafi’i Ma’arif Tarigan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0