Upaya Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa melalui Literasi Numerasi Ilmiah

Authors

  • Srie Faizah Lisnasari Universitas Quality
  • Jainab Naibaho Universitas Quality
  • Pelista Br Karo Sekali Universitas Quality Berastagi
  • Syafnan UIN Syahada Padang Sidempuan
  • Mhd. Rafi’i Ma’arif Tarigan STIT Hamzah Al-Fansuri Sibolga Barus

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.203

Keywords:

Literasi Numerasi, Motivasi Belajar, Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan terkini menunjukkan rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir mahasiswa disebabkan oleh manajemen pembelajaran yang kurang optimal serta literasi numerasi yang tidak kontekstual. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran berbasis pengabdian masyarakat dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui literasi numerasi ilmiah. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek terdiri dari mahasiswa, dosen Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Quality, dan masyarakat Desa Parsambilan dalam program MBKM. Hasil: Integrasi pengabdian masyarakat dalam pembelajaran meningkatkan motivasi belajar (83%), kemampuan berpikir tingkat tinggi (75% sangat baik), dan literasi numerasi ilmiah. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis pengabdian masyarakat efektif dalam membentuk mahasiswa sebagai agen perubahan yang logis, reflektif, dan sosial. Studi lanjutan perlu mengeksplorasi penerapan pada skala yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jainab Naibaho, Universitas Quality

WA No.  0812-6555-6136

Pelista Br Karo Sekali, Universitas Quality Berastagi

WA No.  0813-9749-8030

References

Almulla, M. A. (2023). Constructivism learning theory: A paradigm for students’ critical thinking, creativity, and problem solving to affect academic performance in higher education. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2172929 DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2172929

Ashmel, M., Tlemsani, I., Mason-Jones, R., Matthews, R., & Ndrecaj, V. (2024). Higher education via the lens of industry 5.0: Strategy and perspective. Social Sciences and Humanities Open, 9(February), 100828. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.100828 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.100828

Carayannis, E. G., & Morawska-Jancelewicz, J. (2022). The Futures of Europe: Society 5.0 and Industry 5.0 as Driving Forces of Future Universities. Journal of the Knowledge Economy, 13(4), 3445–3471. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00854-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s13132-021-00854-2

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791 DOI: https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Daulay, A., Mahfuza, R., Sahara, A., Warahmah, Dongoran, S., & Hutagalung, M. F. (2024). Hubungan Antara Teori Pendidikan dan Praktek Pendidikan di Sekolah SD Muhammadiyah 01 Medan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 527–529. https://doi.org/10.5281/zenodo.10447347

Dias-Oliveira, E., Pasion, R., Vieira da Cunha, R., & Lima Coelho, S. (2024). The development of critical thinking, team working, and communication skills in a business school–A project-based learning approach. Thinking Skills and Creativity, 54(June 2023), 101680. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101680 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101680

Gloriani, Y., Setiyani, S., Firmasari, S., & Erawati, T. (2023). Relationship between Literacy and Numeracy for Junior High School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6048–6054. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3096 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3096

Khairunnisa, Fitrah, M., Lorosae, T. A., Ramadhan, S., & Munir. (2023). Penguatan Integrasi Kurikulum Program Studi dengan Dunia Kerja Melalui Studi Excursion dalam Pembelajaran Mahasiswa. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–98. https://doi.org/10.61461/sjpm.v2i2.29 DOI: https://doi.org/10.61461/sjpm.v2i2.29

Lisnasari, S. F., Jainab, J., & Syafnan, S. (2025). Scientific-Based Numeracy Literacy Teaching Materials in Learning Management: Student Motivation and Higher Thinking Skills. Jurnal Eduscience, 12(3), 738–752. https://doi.org/10.36987/jes.v12i3.7122 DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v12i3.7122

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Mutawakkil, M., & Nuraedah, N. (2019). Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 135–152. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765 DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765

Nguyện, L. C., Hoa, H. Q., & Hien, L. H. P. (2025). Integrating design thinking into STEM education: Enhancing problem-solving skills of high school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(4), 1–11. https://doi.org/10.29333/ejmste/16084 DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/16084

Rahmawati, N. D., Amintoko, G., & Faizah, S. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Fungsi Pembangkit. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 21–31.

Rangkuti, A. N., Sitompul, L., Amran, A., Lubis, M. S., Hoiriyah, D., Sari, L. N. I., Nasution, M., & Rambe, S. (2024). the Influence of Scientific-Based Numeracy Literacy Teaching Materials on Students’ Motivation and Higher-Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(4), 583–596. https://doi.org/10.15294/88jfsm61 DOI: https://doi.org/10.15294/88jfsm61

Sumini, S., Sutejo, S., & Laksono, J. (2023). Pelatihan Budidaya Tanaman Cabai Dan Teknik Pengendalian OPT Secara Organik Pada Kelompok Wanita Tani Sejahtera Astra. Jurnal Pengabdian, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.58222/jp.v2i1.193 DOI: https://doi.org/10.58222/jp.v2i1.193

Wakifah, W., Fatimah, F., & Sulistiawati, M. (2023). Optimization of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in Islamic Education towards the Era of Society 5.0. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(2), 55–63. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5750 DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5750

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-26

How to Cite

Lisnasari, S. F., Naibaho, J., Br Karo Sekali, P., Syafnan, S., & Tarigan, M. R. M. (2025). Upaya Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa melalui Literasi Numerasi Ilmiah. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 109–120. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.203