Pendampingan Guru dan Orang Tua PAUD Manbaul Huda dalam Membangun Iklim Membaca Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.146Keywords:
Literasi, Minat Baca, PAUDAbstract
Latar Belakang: Berdasarkan data PISA 2018, posisi literasi siswa Indonesia masih berada di 10 terbawah dari 79 negara. Hal ini mencerminkan adanya krisis serius yang memerlukan intervensi sejak usia dini. Tujuan: Tujuan dari pengabdian ini yaitu meningkatkan sinergi antara guru dan orang tua dalam membangun iklim membaca yang kondusif guna meningkatkan literasi anak sejak dini. Metode: Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah Asset-Based Community Development (ABCD). Hasil: Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterlibatan orang tua dan guru dalam menciptakan iklim membaca anak. Kesimpulan: Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kolaborasi antara orang tua dan guru dapat meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini.
Downloads
References
Atwell, N. (1998). In The Middle: New Understandings About Writing, Reading, And Learning. Boynton/Cook Publishers, Inc., A Subsidiary Of Reed Elsevier Inc., 361 Hanover Street, Portsmouth, NH 03801-3912.
Freire, P. (2020). Pedagogy Of The Oppressed. In Toward A Sociology Of Education. Routledge.
Jonas, N., & Thorn, W. (2018). Literacy Skills And Family Configurations.
Maulidah, E. (2024). Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) Untuk Mengenalkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini Di PAUD Al Barokah 1 Karang Melok Tamanan Bondowoso. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 68-85.Sutini Dkk. (2020)
Montessori, Maria. Dr. Montessori's Own Handbook. Schocken. 2011
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur'Aini, F., Ulumuddin, I., Sulinar Sari, L., & Fujianita, S. (2021). Risalah Kebijakan Nomor 3, April 2021: Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018.
Nurul Anam, Buku Pedoman Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Berbasis Asset Based Community Development (ABCD) Tahun Akademik 2019/2020. Jember: LP3M. 2020.
Paramita, V. D. (2020). Montessori: Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja. Bentang Pustaka.
Salsa, D. I., Madyawati, L., & Laely, K. (2024). Keyakinan Dan Praktik Literasi Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad: Journal On Early Childhood, 7(1), 150-159.
Sugianto, S. (2023). Mewujudkan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 70-75.
Venty, V., Rakhmawati, E., Suyati, T., & Retnaningdyastuti, M. T. S. (2024). Program Kemitraan Masyarakat Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Membangun Budaya Literasi Anak Di Kelurahan Plalangan, Semarang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(4), 871-880.
Rusli, T. S., & Hidayah, H. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 219–225.
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi menumbuhkan literasi finansial pada anak usia dini di masa pandemi covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133-140.
Hajerah, H., Ilyas, S. N., Amal, A., & Asti, A. S. W. (2024). PKM Pelatihan Pembuatan Media Loose Parts Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Paramacitra Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 102-108.
Bunga, B. N., Kiling, I. Y., Mardani, A. S., & Alexandra, I. A. S. (2024). Pelatihan Penulisan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Literasi Anak di Kabupaten Sabu Raijua. Rural Community Service, 1(1), 54-60.
Herdina, Griselda & Hamdani, Annisa & Rahayu, Yuliarti. (2023). Membangun Desa Bisnis pada Pelaku UMKM Melalui Sertifikasi Produk Halal. NAJWA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 1. 111-121. 10.30762/najwa.v1i2.209.
Crawford, M. (2020). Ecological Systems theory: Exploring the development of the theoretical framework as con-ceived by Bronfenbrenner. J Pub Health Issue Pract, 4(2), 170.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Evi Maulidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0