Pelatihan Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka Untuk Guru Sekolah Dasar Di Bontomarinra

Authors

  • Siti Raihan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.113

Keywords:

Pembelajaran Inovatif, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi peningkatan kualitas pendidikan di era Kurikulum Merdeka menuntut adanya inovasi dalam metode pembelajaran yang diterapkan oleh para guru. PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran inovatif kepada guru-guru sekolah dasar di Bontomarinra guna meningkatkan kompetensi mereka dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan berupa PkM terdiri dari tiga tahapan kegiatan yaitu pendahuluan, pelaksanaan dan hasil. Hasil yang diperoleh yaitu data pretest dan posttest sama-sama memiliki nilai signifikansi yang berdistribusi normal. Sedangkan varian posttest adalah sama atau homogeny. Dapat disimpulkan pelatihan ini telah menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, para guru di daerah terpencil dapat diberdayakan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif. Program ini tidak hanya meningkatkan kompetensi profesional guru, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116

Aini, K., Misbahudholam, M. A., Arifah, S., Astutik, C., Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Sumenep, S., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Studi PBSI, P., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2023). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan Pengembangan E-Comic bagi SDN Kebunagung II Sumenep. JABB : Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622–1635. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2.741

Apriani, I. F., Saputra, E. R., Putri, A. R., Insani, A. M., & Syaripah, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru SD dalam Mendesain Local Instruction Theory untuk Mendukung Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka. DEDIKASI: Community Service Reports, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v6i1.79530

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Diah Pebriyanti, I. B. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa di Kelas Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1325–1334. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6050

Hariani, lilik S., Andayani, E., & Ain, N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/jpkm.v3i1.1622

Irmaningrum, R. N., Zativalen, O., & Nurhidayat, M. A. (2023). Pelatihan Model dan Media Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 455–464. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3344

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Muhajir, M., Suardi, S., Pudjiastuti, S. R., Mathuro, M., Latief, A., Kasmawati, K., Nurhikma, N., & Nurfadilah, N. (2023). Strengthening Pancasila Student Profiles Based on Culture Character in the Mobilization School Program in Mobilizing Schools in Makassar City. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(2), 289–302. https://doi.org/10.26618/jed.v

Pagarra, H., Bundu, P., & Dkk. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 260–265. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16069 Abstract

Ramadhani, W., Laurens, T., Molle, J. S., & Sapulette, F. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi Merdeka Belajar. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/pakem.1.1.1-8

Rohartati, S. A. C. (2024). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru Di SDN Dewisari III. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 611–618. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7630

Sucipto, S., Indriati, R., Harini, D., Andriyanto, T., Nugroho, A., Pradhana, A. H., Azzaria, C., Islami, B. M., Aini, E. D. N., Kurniawan, A., & ... (2023). Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.187

Sunaengsih, C., Djuanda, D., Syahid, A. A., & Juneli, J. A. (2024). Peningkatan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 163–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i2.3881

Wahira, W., Hamid, A., & HB, L. (2023). Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.572

Yayuk, E., Restian, A., & Ekowati, D. W. (2023). Literasi numerasi dalam kerangka kurikulum merdeka berbasis art education. Interntional Journal of Community Service Learning, 7(2), 228–238. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56278

Zumrotun, E., Muzakki, M. A., Nichla, S., Attalina, C., Islam, U., & Ulama, N. (2023). Pemberdayaan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Miftahussa ’ adah. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 373–379. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.485

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-06-30

How to Cite

Raihan, S. (2024). Pelatihan Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka Untuk Guru Sekolah Dasar Di Bontomarinra. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 338–348. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.113

Issue

Section

Articles