Pelatihan Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka Untuk Guru Sekolah Dasar Di Bontomarinra
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.113Keywords:
Pembelajaran Inovatif, Kurikulum Merdeka, Sekolah DasarAbstract
Urgensi peningkatan kualitas pendidikan di era Kurikulum Merdeka menuntut adanya inovasi dalam metode pembelajaran yang diterapkan oleh para guru. PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran inovatif kepada guru-guru sekolah dasar di Bontomarinra guna meningkatkan kompetensi mereka dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan berupa PkM terdiri dari tiga tahapan kegiatan yaitu pendahuluan, pelaksanaan dan hasil. Hasil yang diperoleh yaitu data pretest dan posttest sama-sama memiliki nilai signifikansi yang berdistribusi normal. Sedangkan varian posttest adalah sama atau homogeny. Dapat disimpulkan pelatihan ini telah menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, para guru di daerah terpencil dapat diberdayakan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif. Program ini tidak hanya meningkatkan kompetensi profesional guru, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan.
Downloads
References
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116
Aini, K., Misbahudholam, M. A., Arifah, S., Astutik, C., Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Sumenep, S., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Studi PBSI, P., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2023). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan Pengembangan E-Comic bagi SDN Kebunagung II Sumenep. JABB : Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622–1635. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2.741
Apriani, I. F., Saputra, E. R., Putri, A. R., Insani, A. M., & Syaripah, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru SD dalam Mendesain Local Instruction Theory untuk Mendukung Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka. DEDIKASI: Community Service Reports, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v6i1.79530
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Diah Pebriyanti, I. B. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa di Kelas Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1325–1334. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6050
Hariani, lilik S., Andayani, E., & Ain, N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/jpkm.v3i1.1622
Irmaningrum, R. N., Zativalen, O., & Nurhidayat, M. A. (2023). Pelatihan Model dan Media Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 455–464. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3344
Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Muhajir, M., Suardi, S., Pudjiastuti, S. R., Mathuro, M., Latief, A., Kasmawati, K., Nurhikma, N., & Nurfadilah, N. (2023). Strengthening Pancasila Student Profiles Based on Culture Character in the Mobilization School Program in Mobilizing Schools in Makassar City. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(2), 289–302. https://doi.org/10.26618/jed.v
Pagarra, H., Bundu, P., & Dkk. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 260–265. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16069 Abstract
Ramadhani, W., Laurens, T., Molle, J. S., & Sapulette, F. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi Merdeka Belajar. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/pakem.1.1.1-8
Rohartati, S. A. C. (2024). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru Di SDN Dewisari III. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 611–618. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7630
Sucipto, S., Indriati, R., Harini, D., Andriyanto, T., Nugroho, A., Pradhana, A. H., Azzaria, C., Islami, B. M., Aini, E. D. N., Kurniawan, A., & ... (2023). Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.187
Sunaengsih, C., Djuanda, D., Syahid, A. A., & Juneli, J. A. (2024). Peningkatan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 163–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i2.3881
Wahira, W., Hamid, A., & HB, L. (2023). Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.572
Yayuk, E., Restian, A., & Ekowati, D. W. (2023). Literasi numerasi dalam kerangka kurikulum merdeka berbasis art education. Interntional Journal of Community Service Learning, 7(2), 228–238. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56278
Zumrotun, E., Muzakki, M. A., Nichla, S., Attalina, C., Islam, U., & Ulama, N. (2023). Pemberdayaan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd Miftahussa ’ adah. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 373–379. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.485
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Raihan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0