Pelatihan dan Pembimbingan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran di Yayasan Pedidikan Nurul Hasaniah
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.112Keywords:
Software Canva, Kuis Interaktif, Aplikasi, Media PembelajaranAbstract
Proses pembelajaran sudah bertransformasi ke era digital 4.0. Materi pembelajaran digital diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan aktivitas belajar siswa, ini merupakann urgensi sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan. Tujuan adalah membuat meteri pembelajaran dengan aplikasi Canva dan pembuatan kuis interaktif mengunakan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan dilakukan di Yayasan Pedidikan Nurul Hasaniah yang mempunyai level pendidikan dari SD hingga SMA. Kegiatan diawali dengan memberikan penjelasan pentingnya media pembelajaran, pengenalan media kuis interaktif, pengenalan canva dan implementasi pengelolaan media pembelajaran kuis interaktif. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: a) Hasil evaluasi proses melalui observasi selama kegiatan, pemahaman peserta sangat baik dan isi kegiatan dinilai baik, b) Evaluasi produk menunjukkan bahwa seluruh peserta terampil dalam membuat media Canva. c) Respon peserta pelatihan sangat positif, hal ini tercermin dari keaktifan peserta dalam menghadapi tantangan yang ada.
Downloads
References
Alamsyah, A., Dewi, Yuliani, E., Kartika Ramadhan, N., Rosdiah, R., & Sudirman, S. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MATA PELAJARAN INFORMATIKA. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.603
Eliastuti, M., Amelia, R., Marlina Batubara, F., Nuraini, N., Fardiah, N., Damayanti, A., Rizqiani, A., Flora Wani Purba, E., Dore Paron, O., Amelia Putri, R., & Info ABSTRAK, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 206–218. https://doi.org/10.55506/ARCH.V2I2.62
Hajar, O., Kasiyun, S., Susanto, R. U., & Akhwani. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6404–6413. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3859
Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 943–947. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823
Jefryadi, & Khoriyah, U. (2022). PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS PEMBELAJARAN IPA (pp. 99–108). Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.4942
Johan, E. P. E., Rustam, R., & Sinaga, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Menulis Iklan Poster Di Smp Nasional Sariputra Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 137. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6644
Lutfiana, R. F., & Mansur, M. (2020). Pelatihan dan Pendampingan E-Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.29407/ja.v4i1.14054
Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 2. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716
Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia., 560–568.
Ruslan, A., Sugiono, S., Andi, A., Firlana, O., & Erlangga, G. (2023). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Di Abad 21. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 182–191. https://doi.org/10.24176/re.v13i2.8403
Sucahyanto, A’Rachman, F. R. A., & Syifa, I. (2023). pengaruh penggunaan media canva terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 9(24), 727–735. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10437656
Sucipto, S., Prasetya, D. D., & Widiyaningtyas, T. (2024). Educational Data Mining: Multiple Choice Question Classification in Vocational School. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, Dan Rekayasa Komputer, 23(2), 367–376. https://doi.org/10.30812/matrik.v23i2.3499
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Wardhanie, ayouvi P., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170
Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masa Kini. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 103–107. https://doi.org/10.23960/j-simbol/v10i2.2022.08
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229–234. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulita Molliq Rangkuti, Said Iskandar Al Idrus, Izwita Dewi, Nurliani Manurung, Insan Taufik, Ahmad Landong, Muhammad Noer Fadlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0