Pelatihan dan Pembimbingan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran di Yayasan Pedidikan Nurul Hasaniah

Authors

  • Yulita Molliq Rangkuti Universitas Negeri Medan
  • Said Iskandar Al Idrus Universitas Negeri Medan
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan
  • Nurliani Manurung Universitas Negeri Medan
  • Insan Taufik Universitas Negeri Medan
  • Ahmad Landong Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah
  • Muhammad Noer Fadlan Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.112

Keywords:

Software Canva, Kuis Interaktif, Aplikasi, Media Pembelajaran

Abstract

Proses pembelajaran sudah bertransformasi ke era digital 4.0. Materi pembelajaran digital diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan aktivitas belajar siswa, ini merupakann urgensi sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan. Tujuan adalah membuat meteri pembelajaran dengan aplikasi Canva dan pembuatan kuis interaktif mengunakan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan dilakukan di Yayasan Pedidikan Nurul Hasaniah yang mempunyai level pendidikan dari SD hingga SMA. Kegiatan diawali dengan memberikan penjelasan pentingnya media pembelajaran, pengenalan media kuis interaktif, pengenalan canva dan implementasi pengelolaan media pembelajaran kuis interaktif. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: a) Hasil evaluasi proses melalui observasi selama kegiatan, pemahaman peserta sangat baik dan isi kegiatan dinilai baik, b) Evaluasi produk menunjukkan bahwa seluruh peserta terampil dalam membuat media Canva. c) Respon peserta pelatihan sangat positif, hal ini tercermin dari keaktifan peserta dalam menghadapi tantangan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, A., Dewi, Yuliani, E., Kartika Ramadhan, N., Rosdiah, R., & Sudirman, S. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MATA PELAJARAN INFORMATIKA. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.603

Eliastuti, M., Amelia, R., Marlina Batubara, F., Nuraini, N., Fardiah, N., Damayanti, A., Rizqiani, A., Flora Wani Purba, E., Dore Paron, O., Amelia Putri, R., & Info ABSTRAK, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 206–218. https://doi.org/10.55506/ARCH.V2I2.62

Hajar, O., Kasiyun, S., Susanto, R. U., & Akhwani. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6404–6413. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3859

Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 943–947. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823

Jefryadi, & Khoriyah, U. (2022). PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS PEMBELAJARAN IPA (pp. 99–108). Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.4942

Johan, E. P. E., Rustam, R., & Sinaga, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Menulis Iklan Poster Di Smp Nasional Sariputra Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 137. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6644

Lutfiana, R. F., & Mansur, M. (2020). Pelatihan dan Pendampingan E-Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.29407/ja.v4i1.14054

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 2. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia., 560–568.

Ruslan, A., Sugiono, S., Andi, A., Firlana, O., & Erlangga, G. (2023). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Di Abad 21. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 182–191. https://doi.org/10.24176/re.v13i2.8403

Sucahyanto, A’Rachman, F. R. A., & Syifa, I. (2023). pengaruh penggunaan media canva terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 9(24), 727–735. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10437656

Sucipto, S., Prasetya, D. D., & Widiyaningtyas, T. (2024). Educational Data Mining: Multiple Choice Question Classification in Vocational School. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, Dan Rekayasa Komputer, 23(2), 367–376. https://doi.org/10.30812/matrik.v23i2.3499

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Wardhanie, ayouvi P., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170

Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masa Kini. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 103–107. https://doi.org/10.23960/j-simbol/v10i2.2022.08

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229–234. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.127

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-06-30

How to Cite

Rangkuti, Y. M., Idrus, S. I. A., Dewi, I., Manurung, N., Taufik, I., Landong, A., & Fadlan, M. N. (2024). Pelatihan dan Pembimbingan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran di Yayasan Pedidikan Nurul Hasaniah. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 329–337. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.112

Issue

Section

Articles