Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Bahasa Jawa
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.75Keywords:
Media Pembelajaran, Ular Tangga, Bahasa JawaAbstract
Media pembelajaran adalah sebuah Media perantara yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran. Guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif serta efisien sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran terutama materi pembelajaran bahasa jawa. Pembelajaran bahasa Jawa ternyata sulit dipahami siswa pada materi bahasa krama dan aksara Jawa. Siswa kesulitan mengingat huruf aksara Jawa dan mengaplikasikan tata krama dalam berbahasa yang memilki tiga tingkatan yakni ngoko, krama madya, dan krama inggil sarat dengan nilai-nilai kesopanan, penghormatan kepada yang lebih tua atau lebih dikenal dengan istilah unggah-ungguh dalam Bahasa Jawa sulit untuk berbicara bahasa krama terutama dengan orang yang lebih tua. Mahasiswa membuat sebuah inovasi dalam mengatasi kesulitan siswa dengan mengadakan sosialisasi penggunaan ular tangga untuk mengatasi kesulitan pembelajaran Bahasa Jawa. Metode pengabdian yang dilakukan menggunakan metode demonstrasi, presentasi, dan praktek. Hasil pengabdian peserta dapat mempelajari pelajaran Bahasa Jawa dengan menyenangkan menggunakan media ular tangga.
Downloads
References
Ambarwati, N. E. (2017). Analisis kelayakan buku teks padha bisa basa jawa kurikulum 2013 kelas VIII smp/mts terbitan yudhistira. Piwulang Jawi : Journal of Javanese Learning and Teaching. 5(2), 17–25. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/piwulang/article/view/19712. Available at: https://doi.org/10.15294/piwulang%20jawa.v5i2.19712
Arfianingrum, P. (2020). Penerapan unggah-ungguh bahasa jawa sesuai dengan konteks tingkat tutur budaya jawa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). Available at: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.6963
Arismadhani, A., Yuhana, U. L., & Kuswardayan, I. (2013). Aplikasi belajar menulis aksara jawa menggunakan android. Jurnal Teknik ITS, 2(1), A94–A98. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/2732%0A. https://ejurnal.its.ac.id. Available at: https://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v2i1.2732
Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika. Jkpm, 01(02), 193–203. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1187. Available at: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1187
Dayanti, Respati, & Gyartini. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik flipbook dalam pembelajaran seni rupa daerah siswa kelas v di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5.
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan percaya diri anak dengan permainan ular tangga edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Juniardi, Zukhruf, A., & Irmawanty. (2018). Kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa jawa serang sebagai muatan lokal di sekolah dasar (studi kasus sdi tirtayasa). Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 16, 519–522.
Kartikasari, D., & Nugroho, G. K. (2012). Media pembelajaran interaktif mata pelajaran bahasa jawa pokok bahasan aksara jawa pada sekolah menengah pertama negeri 2 tawangsari kabupaten sukoharjo. Journal SPEED: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 2(3), 1–6.
Kurnia, I., Pratiwi, N., & Aristya, P. D. (2018). Pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis android pada pokok bahasan gejala pemanasan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 54–61.
Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran muatan lokal bahasa jawa dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di sdn sambiroto 01. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 149–158.
Mahardika, S., Setyaningrum, F., Guru, P., Dasar, S., & Dahlan, U. A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pembelajaran bahasa jawa kelas v sd. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(3), 251–259. file:///C:/Users/USER/Downloads/3184-10197-1-PB.pdf Available at: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.3184.
Maksum, E. et al.(2022). Efektivitas promosi kesehatan permainan ular tangga modifikasi terhadap tingkat pengetahuan tentang protokol kesehatan covid-19. Journal of Telenursing (JOTING). 4(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v4i2.3843.
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif e-komik dalam meningkatkan hasil belajar bahasa jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan media animation game geometry smart choice untuk mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2769–2775. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.970.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model participation action research dalam pemberdayaan masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 6(1): 62-71. Available at: https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Undiksha. (2023). Proyek Kepemimpinan, Mahasiswa PPG Prajabatan Undiksha Pamerkan Karya Inovatif. Humas Undiksha. https://undiksha.ac.id/proyek-kepemimpinan-mahasiswa-ppg-prajabatan-undiksha-pamerkan-karya-inovatif/
Widodo, S.T.M. and Hariyani, N. (2022). Pengaruh media ular tangga terhadap tingkat pengetahuan anak tentang sampah di sekolah dasar negeri gungan desa wukirsari cangkringan sleman yogyakarta. JIIP - Jurnal IlmiahIlmu Pendidikan, 5(11), pp. 5087–5091. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1152
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ivayuni Listiani, Ferry Anandika Akbar, Hesti Sasmitaningrum, Nike Eprilia, Niken Anjarsari, Ervitasari Setya Mistrika, Milenia Muji Rahmawati, Nahar Fakhtur Rohman, Evi Setyoning Khotima, Noventi Budiarti, Kurotul Uyun, Intan Kusumawardani, Sulistyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0