Pemberdayaan Pelajar Melalui Literasi Digital Guna Mengantisipasi Berita Hoax di Media Sosial

Authors

  • Ajib STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Eva Nurlaela STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Syahriatul Farhani STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Khiarotunnisa STAI Riyadhul Jannah Subang

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.123

Keywords:

Pelajar, Literasi Digital, Hoaks, Media Sosial

Abstract

Latar Belakang: Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, informasi kini dapat tersebar dengan cepat ke seluruh dunia. Hal ini menjadikan literasi digital sebagai isu penting bagi para siswa di SMKS Al Mummtaz, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan literasi digital yang memadai, sehingga mereka mampu menyaring informasi dan menghindari penyebaran berita palsu yang dapat merusak reputasi individu atau kelompok. Metode:Metode yang digunakan adalah sosialisasi tentang literasi digital, dengan langkah-langkah kegiatan meliputi: (1) Pelatihan dalam mengelola media sosial secara bijak, dan (2) Penyuluhan mengenai bahaya berita palsu di media sosial. Hasil: Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa mampu menghindari dampak negatif dari berita hoaks, serta lebih berhati-hati dan termotivasi dalam menggunakan media sosial mereka. Kesimpulan: Kegiatan yang telah terlaksana ini memberikan dampak positif bagi para pelajar, namun tidak hanya bagi pelajar saja kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Syabaruddin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 2.

Andi Najemi, Tri Imam Munandar, A. H. P. (2021). Bahaya Penyampaian Berita Bohong Melalui MediaSosial. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 2.

Anja Hawari Fasya, Putri Hendriyani, Ayu Nurtoriqoh, Imas Nurhidayati, Yusuf Sulaeman, D. V. W. (2023). Program Les Private Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Desa Ciracas, Kiarapedes, Purwakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 2.

Arisal Sopyan, S. A. (2023). Motivasi Orang Tua terhadap Pembentukan Moral Siswa. Jurnal of International Multidiciplinary Reasearch, 1(2), 2.

Candra Wahyu Kurniawan, Sad Likah, F. N. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat dalam Melakukan Promosi Maggot Melalui Media Sosial Facebook di KWT Mulyo Tani. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 3.

Erni Novita Sari, Anggi Hermayanti, Nadua Deninda Rachman, F. (2021). Peran Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax Di Masa Pandemi. Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(3), 4.

Farah Indrawati. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. 1(1), 1.

Firmansyah, R. (2017). Web Klarifikasi Berita Untuk Meminimalisir Penyebaran Berita Hoax. Jurnal Informatika, 4(2), 2.

Harjono, H. S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 2.

Muhammad Rama Diennova Sulistyo, F. U. N. (2022). Pengaruh Berita Hoax Terhadap Kesatuan dan Persatuan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2.

Nasrullah, R. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. TIM GLN Kemendikbud.

Radja Erland Hamzah, C. E. P. (2020). Mengenal dan Mengantisipasi Hoax di Media Sosial pada Kalangan Pelajar. Jurnal Abdi MOESTOPO, 3(1), 3.

Rizal, C. (2022). Literasi Digital. PT Global Eksekutif Teknologi.

Sarini Vita Dewi, Desita Ria Yusian TB, R. K. (2020). Penyuluhan Remaja Cerdas Menyikapi Hoax Dalam Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat INOTEC UUI, 2(1), 3.

Usman, Zulfah, Hardiyanti, Zam Zam, Q. (2022). Literasi Digital dan Mobile Learning. IAIN Parepare Nusantara Press (Anggota IKAPI).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-09

How to Cite

Ajib, A., Nurlaela, E., Farhani, S., & Khiarotunnisa, K. (2024). Pemberdayaan Pelajar Melalui Literasi Digital Guna Mengantisipasi Berita Hoax di Media Sosial. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 59–65. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.123