Kearifan Lokal dan Tourist Sebagai Komunikasi Kolaboratif Pariwisata Berkelanjutan di Banyuwangi

Authors

  • Teguh Hidayatul Rachmad Universitas Bunda Mulia
  • Yohanes Probo Dwi Sasongko Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.60

Keywords:

Inovasi, Pandemi, Pariwisata

Abstract

Hadirnya krisis ekonomi yang ampai hari ini masih kita rasakan secara jelas, menjadi perhatian tersendiri bagaimana pemerintah mengembangkan dan membangun kembali tujuan pariwisata di tanah air, khususnya di Banyuwangi, merupakan destinasi pariwisata yang kaya dengan kekayaan budaya masyarakat Banyuwangi. Upaya-upaya telah dilakukan untuk memulihkan semua tujuan wisata yang terkena dampak, termasuk program CHS (Cleanliness, Health, and Safety) dan meminimalkan kontak fisik (contactless) di semua proses bisnis di industri pariwisata, menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam penataannya, terutama dengan melihat teori perkembangan pembangunan dalam teori difusi inovasi milik Evertt M Rogers. Hasilnya yakni meningkatkan inovasi produk pariwisata untuk menunjang segi ekonomi kreatif masyarakat Banyuwangi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, Rahardjo. (2018). Pembangunan Perdesaan Pendekatan Partisifatif, Tipologi, Strategi, Konsep Desa Pusat Pertumbuhan. Yogyakarta: Expert.

Adisasmita, R. (2018). Pembangunan Perdesaan Pendekatan Partisifatif, Tipologi, Strategi, Konsep Desa Pusat Pertumbuhan. Expert.

Antara.com. (2022). Sektor pariwisata Tanah Air di Q2 2022 diprediksi semakin gemilang. Antara Kantor Berita Indonesia. https://www.antaranews.com/berita/2815053/sektor-pariwisata-tanah-air-di-q2-2022-diprediksi-semakin-gemilang

As’Adi, M. H. (2020). Difusi Inovasi dan Adopsi Inovasi 99design.com (Studi Kasus di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta). Lisyabab Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 1. file:///C:/Users/HP/AppData/Local/Temp/29-Article Text-254-2-10-20210110.pdf

Default, S. (2018). Teori Difusi Inovasi – Konsep dan Perkembangannya. Https://Pakarkomunikasi.Com/. https://pakarkomunikasi.com/teori-difusi-inovasi

Ermaningastuti, C. (2022). Peluang Pariwisata Indonesia untuk Rebound di Tahun 2022. Marketeers.Com. https://www.marketeers.com/peluang-pariwisata-indonesia-untuk-rebound-di-tahun-2022

Hadi, A. P. (2019). PROSES DIFUSI INOVASI DAN KEPUTUSAN INOVASI SISTEM INFORMASI DESA: STUDI KASUS DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Indonesian Journal of Socio Economics, 1. file:///C:/Users/HP/AppData/Local/Temp/3272-8030-1-SM.pdf

Kompas.id. (2020). Upaya dan kebijakan pemerintah Indonesia menangani pandemi Covid-19. kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/upaya-dan-kebijakan-pemerintah-indonesia-menangani-pandemi-covid-19

Mukaffi, Z. (2022). Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuwangi. Journal of Tourism, 1, No 2.

Nugraha, Y. E. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA UNIT USAHA PARIWISATA DI KAWASAN PESISIR KOTA KUPANG. Jurnal Industri Pariwisata, 3(2). http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/411/0

Prasetyantoko, A. (2020). Pandemi, resensi dan mitigasi. Kompas.Id. kompas.id/baca/opini/2020/03/31/pandemi-resesi-dan-mitigasi/

Rachmad, T. H. (2020). Komunikasi Konsep Bekerja di Era Millenial: Analisis Kritis Perubahan Konsep Lapangan Pekerjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2.

Rachman, A. (2019). Potensi Pariwisata Religi di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9, No 2. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2881

Saputra, P. I. (2018). Diagram model difusi inovasi Evert Roger.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alvabetha CV.

Wattimena, R. A. . (2019). Cyborg dan Biopolitik (Antara Jürgen Habermas, Yuval Harari dan Thomas Lemke). RumahFilsafat.Com. //rezaantonius.files.wordpress.com/2019/01/5222910945_2aa74ee52d_b.jpg

Wuryasti, F. (2022). Industri Pariwisata Indonesia Menargetkan 1,8 -3,6 Juta Wisman di 2022. E-Paper Media Indonesia, 1–4. https://mediaindonesia.com/ekonomi/485513/industri-pariwisata-indonesia-menargetkan-18-36-juta-wisman-di-2022

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-06-07

How to Cite

Rachmad, T. H., & Sasongko, Y. P. D. (2023). Kearifan Lokal dan Tourist Sebagai Komunikasi Kolaboratif Pariwisata Berkelanjutan di Banyuwangi. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 178–194. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.60

Issue

Section

Articles