Penguatan Belajar Dasar melalui Gebyar Aman Calistung Selama KKNT-PPM Terhadap Murid SD Kecamatan Nangaroro Kabupaten Nagekeo
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.55Keywords:
Penguatan Belajar, Aman Calistung, KKNT-PPMAbstract
Mahasiswa UNWIRA Kupang peserta KKNT-PPM di Desa Tonggo Kecamatan Nangaroro melakukan penguatan belajar bagi murid SD kelas 1, 2 dan kelas 3. Metode kegiatan yakni permainan dan lomba. Pendampingan belajar dalam suasana bermain setiap sore di luar jam sekolah. Upaya pendampingan belajar diukur melalui lomba gebyar Aman Calistung. Peserta adalah murid kelas 1, 2 dan kelas 3 masing-masing sebanyak 16, 14 dan 13 orang, dari SDN Aegela, SDK Nangaroro, SD Inpres Madambake, dan SD Inpres Tongatey. Hasil kegiatan; semua murid peserta gebyar dapat menjalankan kegiatan dengan baik sampai selesai sesuai kategori. Orang tua dan para guru menyatakan senang dan puas dengan cara pembelajaran yang dilakukan, sebab dapat meningkatkan kemampuan belajar anak, menjadikan anak-anak mandiri dan berani tampil.
Downloads
References
Anggraini S, Siswanto J, Sukamto, 2019., Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang, Mimbar PGSD Undiksha Vol: 7 No: 3 Tahun: 2019, p-ISSN : 2614-4727, e-ISSN : 2614-4735, DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393
Herlina E S, 2019., Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0., Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 5 N0. 4 November-Desember 2019., P-ISSN : 2549-3043., E-ISSN : 2655-3201, DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290
Irhandayaningsih A., 2019., Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini., ANUVA Volume 3 (2): 109-118, 2019., Copyright ©2019, ISSN: 2598-3040 online
Available Online at: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva, DOI: 10.14710/anuva.3.2.109-118
Kanifah A, Susanto H, Saputra A. D., 2020, Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Darul Istiqomah Ngumpul Balong Ponorogo, Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Education Vol 4 No (1) 2020: 1-12, ISSN 2655-7949(Online), DOI:10.24269/tarbawi.v1i1.438
Komariah, 2013, Memperkenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini, Cakrawala Dini : Vol. 4 No. 2, November 2013, DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10388
Pratiwi C. P, 2020., Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar., PE (JurnalPendidikanEdutama) Vol. 7 No. 1 Januari 2020, P-ISSN : 2339-2258 (Print) E-ISSN: 2548-821X (Online., DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558.
Tantri A. A. S, 2016, Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata
dengan Kemampuan Membaca Pemahaman., Acarya Pustaka, Volume 2, No. 1, Juni 2016, DOI: https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096
Tarsiyem dan Hanita, 2018, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Media Karpet Huruf Pada Kelompok A Di Tk Mekar Sari Tenggarong Seberang., Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. Maret 2018. Vol 03. No. 01.,P-ISSN : 2502-8197, E-ISSN : 2502-8189, https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.207
Yulianti L, Jumadi J., Zulita L N., 2013., Implementasi Multimedia Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)., Jurnal Media Infotama, Vol.9, No.1, Februari 2013., ISSN : 1858-2680, https://doi.org/10.37676/jmi.v9i1.27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Oswaldus Febriano Wawo Dale, Gisella Helga Ngewi Sia, Maria Elisabeth Rhebi Dewa, Krisrina Azi Mega, Yuliana Mete, Maria Suku, Guideo Paskalis Nana, Vebronius Yano, Viktorius Riki Jawan, Helena Listiorini Hadon, Maurits Apaulo Jogo, Yohanes Kristanto. Pili, Novania Deo Pete Pala, Marselina Koryaru, Vinsennsia Katarina Nogo Blikon, Rosalistriana Sanita, Gerardus Diri Tukan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0