Penguatan Belajar Dasar melalui Gebyar Aman Calistung Selama KKNT-PPM Terhadap Murid SD Kecamatan Nangaroro Kabupaten Nagekeo

Authors

  • Oswaldus Febriano Wawo Dale Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Gisella Helga Ngewi Sia Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Elisabeth Rhebi Dewa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Krisrina Azi Mega Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Yuliana Mete Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Suku Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Guideo Paskalis Nana Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Vebronius Yano Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Viktorius Riki Jawan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Helena Listiorini Hadon Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maurits Apaulo Jogo Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Yohanes Kristanto. Pili Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Novania Deo Pete Pala Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Marselina Koryaru Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Vinsennsia Katarina Nogo Blikon Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Rosalistriana Sanita Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Gerardus Diri Tukan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.55

Keywords:

Penguatan Belajar, Aman Calistung, KKNT-PPM

Abstract

Mahasiswa UNWIRA Kupang peserta KKNT-PPM di Desa Tonggo Kecamatan Nangaroro melakukan penguatan belajar bagi murid SD kelas 1, 2 dan kelas 3. Metode kegiatan yakni permainan dan lomba. Pendampingan belajar dalam suasana bermain setiap sore di luar jam sekolah. Upaya pendampingan belajar diukur melalui lomba gebyar Aman Calistung. Peserta adalah murid kelas 1, 2 dan kelas 3 masing-masing sebanyak 16, 14 dan 13 orang, dari SDN Aegela, SDK Nangaroro, SD Inpres Madambake, dan SD Inpres Tongatey. Hasil kegiatan; semua murid peserta gebyar dapat menjalankan kegiatan dengan baik sampai selesai sesuai kategori. Orang tua dan para guru menyatakan senang dan puas dengan cara pembelajaran yang dilakukan, sebab dapat meningkatkan kemampuan belajar anak, menjadikan anak-anak mandiri dan berani tampil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini S, Siswanto J, Sukamto, 2019., Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang, Mimbar PGSD Undiksha Vol: 7 No: 3 Tahun: 2019, p-ISSN : 2614-4727, e-ISSN : 2614-4735, DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393

Herlina E S, 2019., Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0., Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 5 N0. 4 November-Desember 2019., P-ISSN : 2549-3043., E-ISSN : 2655-3201, DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290

Irhandayaningsih A., 2019., Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini., ANUVA Volume 3 (2): 109-118, 2019., Copyright ©2019, ISSN: 2598-3040 online

Available Online at: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva, DOI: 10.14710/anuva.3.2.109-118

Kanifah A, Susanto H, Saputra A. D., 2020, Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Darul Istiqomah Ngumpul Balong Ponorogo, Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Education Vol 4 No (1) 2020: 1-12, ISSN 2655-7949(Online), DOI:10.24269/tarbawi.v1i1.438

Komariah, 2013, Memperkenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini, Cakrawala Dini : Vol. 4 No. 2, November 2013, DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10388

Pratiwi C. P, 2020., Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar., PE (JurnalPendidikanEdutama) Vol. 7 No. 1 Januari 2020, P-ISSN : 2339-2258 (Print) E-ISSN: 2548-821X (Online., DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558.

Tantri A. A. S, 2016, Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata

dengan Kemampuan Membaca Pemahaman., Acarya Pustaka, Volume 2, No. 1, Juni 2016, DOI: https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096

Tarsiyem dan Hanita, 2018, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Media Karpet Huruf Pada Kelompok A Di Tk Mekar Sari Tenggarong Seberang., Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. Maret 2018. Vol 03. No. 01.,P-ISSN : 2502-8197, E-ISSN : 2502-8189, https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.207

Yulianti L, Jumadi J., Zulita L N., 2013., Implementasi Multimedia Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)., Jurnal Media Infotama, Vol.9, No.1, Februari 2013., ISSN : 1858-2680, https://doi.org/10.37676/jmi.v9i1.27

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-02-21

How to Cite

Dale, O. F. W. ., Sia, G. H. N. ., Dewa, M. E. R. ., Mega, K. A. ., Mete, Y. ., Suku, M. ., Nana, G. P. ., Yano, V. ., Jawan, V. R. ., Hadon, H. L. ., Jogo, M. A. ., Pili, Y. K. ., Pala, N. D. P. ., Koryaru, M. ., Blikon, V. K. N. ., Sanita, R. ., & Tukan, G. D. . (2023). Penguatan Belajar Dasar melalui Gebyar Aman Calistung Selama KKNT-PPM Terhadap Murid SD Kecamatan Nangaroro Kabupaten Nagekeo. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 138–147. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.55

Issue

Section

Articles