Peningkatan Daya Saing UKM Minuman Rumah Herbal Mak Nyak di Kabupaten Jember

Authors

  • Fefi Nurdiana Wijayanti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Trias Setyowati Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.36

Keywords:

Daya Saing, Jamu, Mak Nyak, Minuman, Herbal

Abstract

Jamu termasuk minuman herbal yang menjadi warisan budaya bangsa Indonesia. Usaha jamu tradisional mayoritas dilakukan oleh UKM atau kelompok usaha rumahan, seperti usaha jamu tradisional yang dilakukan oleh kelompok anggota Dama Aster Dahlia. Implementasi kegiatan Dama melalui usaha pembuatan jamu dari rempah ini  menjadi upaya peningkatan ekonomi keluarga, pendampingan yang dilakukan secara periodik dan peningkatkan pengetahuan serta keterampilan anggota Dama Aster Dahlia. Peningkatkan produksi dan penjualan akan meningkatkan penghasilan anggota Dama, proses pemberdayaan perempuan akan tampak dari berubahnya wawasan dan sikap kerja mereka. Pelaksanaan PkM dalam bentuk ceramah, diskusi dan tanya jawab, praktek dan supervisi, monitoring dan evaluasi.  Mitra Dama Aster Dahlia sebagai peserta sosialisasi, juga bertindak sebagai peserta pelatihan dan pendampingan pengurusan NIB dan Sertifikat Halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriati, A., & Wahjudi, R. M. T. (2016). Tingkat penerimaan penggunaan jamu sebagai alternatif penggunaan obat modern pada masyarakat ekonomi rendah-menengah dan atas. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 29(3), 133. https://doi.org/10.20473/mkp.v29i32016.133-145

Arsil, A. (2019). Pengaruh Pemberian Jamu Herbal terhadap Ukuran Tibia dan Femur pada Broiler. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16914/

Dr. Isfenti Sadalia, Beby Kendida Hasibuan, & Imam Bagus Sumatri. (2017). Pendampingan Dan Peningkatan Kapasitas Dan Kualitas Produksi Jamu Yang Berbasis Green System. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 6–11. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i1.2180

Farida, & Fauziyah, E. (2020). Strategi Pengembangan Ukm Jamu Tradisional Madura Ayu. Agriscience, 1(1), 88–102.

Hidayat, A. S., & Siradj, M. (2015). Sertifikasi Halal dan Sertifikasi Non Halal pada Produk Pangan Industri. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 15(2), 199–210. https://doi.org/10.15408/ajis.v15i2.2864

Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M. P., & Drs. Dadang Mulyana, M. P. (2018). Pengantar Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pemahaman Kewirausahaan.

Pudiastutiningtyas, N., Mubin, N., S, L. I., & Kusumayanti, H. (2015). Diversifikasi Kunyit (Curcuma Domestica) Dan Kencur (Kaempferia Galanga L.) Sebagai Minuman Herbal Serbuk Siap Saji. Metana, 11(01), 13–20.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Putri, R. A., & Sembiring, S. B. (2021). Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR). Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i1.1

Richardus, W., Tiurma, W. S. P., & Rosida, D. A. (2016). Kajian Peningkatan Usaha Rumah Tangga Jamu Herbal Instan Di Desa Galengdowo, Wonosalam Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(1), 53–60. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17/article/view/785

Sucipto, S., Sulistiyowati, T., Utami, B., & Qamaria, R. (2020). Gerakan Budidaya Tanaman Obat Keluarga sebagai Kepedulian Masyarakat Menuju Desa Sehat di Desa Semen Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 85-94. doi:10.32503/cendekia.v2i2.1002

Sukoharjo, K. (2018). AGRISTA : Vol . 6 No . 1 Maret 2018 : 97-106 ISSN : 2302-1713 Yulis Ikawati : Strategi Pemasaran …. 6(1), 97–106.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-06-27

How to Cite

Wijayanti, F. N., & Setyowati, T. (2022). Peningkatan Daya Saing UKM Minuman Rumah Herbal Mak Nyak di Kabupaten Jember. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 129–136. https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.36

Issue

Section

Articles