Peningkatan Daya Saing UKM Minuman Rumah Herbal Mak Nyak di Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v1i2.36Keywords:
Daya Saing, Jamu, Mak Nyak, Minuman, HerbalAbstract
Jamu termasuk minuman herbal yang menjadi warisan budaya bangsa Indonesia. Usaha jamu tradisional mayoritas dilakukan oleh UKM atau kelompok usaha rumahan, seperti usaha jamu tradisional yang dilakukan oleh kelompok anggota Dama Aster Dahlia. Implementasi kegiatan Dama melalui usaha pembuatan jamu dari rempah ini menjadi upaya peningkatan ekonomi keluarga, pendampingan yang dilakukan secara periodik dan peningkatkan pengetahuan serta keterampilan anggota Dama Aster Dahlia. Peningkatkan produksi dan penjualan akan meningkatkan penghasilan anggota Dama, proses pemberdayaan perempuan akan tampak dari berubahnya wawasan dan sikap kerja mereka. Pelaksanaan PkM dalam bentuk ceramah, diskusi dan tanya jawab, praktek dan supervisi, monitoring dan evaluasi. Mitra Dama Aster Dahlia sebagai peserta sosialisasi, juga bertindak sebagai peserta pelatihan dan pendampingan pengurusan NIB dan Sertifikat Halal.
Downloads
References
Andriati, A., & Wahjudi, R. M. T. (2016). Tingkat penerimaan penggunaan jamu sebagai alternatif penggunaan obat modern pada masyarakat ekonomi rendah-menengah dan atas. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 29(3), 133. https://doi.org/10.20473/mkp.v29i32016.133-145
Arsil, A. (2019). Pengaruh Pemberian Jamu Herbal terhadap Ukuran Tibia dan Femur pada Broiler. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16914/
Dr. Isfenti Sadalia, Beby Kendida Hasibuan, & Imam Bagus Sumatri. (2017). Pendampingan Dan Peningkatan Kapasitas Dan Kualitas Produksi Jamu Yang Berbasis Green System. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 6–11. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i1.2180
Farida, & Fauziyah, E. (2020). Strategi Pengembangan Ukm Jamu Tradisional Madura Ayu. Agriscience, 1(1), 88–102.
Hidayat, A. S., & Siradj, M. (2015). Sertifikasi Halal dan Sertifikasi Non Halal pada Produk Pangan Industri. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 15(2), 199–210. https://doi.org/10.15408/ajis.v15i2.2864
Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M. P., & Drs. Dadang Mulyana, M. P. (2018). Pengantar Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pemahaman Kewirausahaan.
Pudiastutiningtyas, N., Mubin, N., S, L. I., & Kusumayanti, H. (2015). Diversifikasi Kunyit (Curcuma Domestica) Dan Kencur (Kaempferia Galanga L.) Sebagai Minuman Herbal Serbuk Siap Saji. Metana, 11(01), 13–20.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Putri, R. A., & Sembiring, S. B. (2021). Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR). Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i1.1
Richardus, W., Tiurma, W. S. P., & Rosida, D. A. (2016). Kajian Peningkatan Usaha Rumah Tangga Jamu Herbal Instan Di Desa Galengdowo, Wonosalam Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(1), 53–60. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17/article/view/785
Sucipto, S., Sulistiyowati, T., Utami, B., & Qamaria, R. (2020). Gerakan Budidaya Tanaman Obat Keluarga sebagai Kepedulian Masyarakat Menuju Desa Sehat di Desa Semen Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 85-94. doi:10.32503/cendekia.v2i2.1002
Sukoharjo, K. (2018). AGRISTA : Vol . 6 No . 1 Maret 2018 : 97-106 ISSN : 2302-1713 Yulis Ikawati : Strategi Pemasaran …. 6(1), 97–106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fefi Nurdiana Wijayanti, Trias Setyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0