Perancangan Buku Ilustrasi Pop-Up Pendidikan Seks Usia Dini untuk Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

Authors

  • Maria Veronika Br Halawa Institut Teknologi Sumatera https://orcid.org/0009-0006-0921-1017
  • Sunarsih Institut Teknologi Sumatera
  • Nufikha Ulfah Institut Teknologi Sumatera
  • Anjar Nur Cholifah Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.206

Keywords:

Pelecehan Seksual, Anak Usia Dini, Edukasi, Pop Up Book, Media Ajar

Abstract

Latar Belakang: Pelecehan seksual merupakan hal yang tidak bisa ditoleransi, ditambah maraknya kasus pelecehan seksual pada anak usia dini akhir-akhir ini di Indonesia, hal ini diperparah karena kurangnya pemahaman anak dan anggapan tabu terhadap pendidikan seks di PAUD Tujuan: Edukasi ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar inovatif berupa Pop-up Book untuk edukasi seks dini yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Metode: Metode ini melalui tahapan observasi, perancangan produk, sosialisasi dan evaluasi dengan pendekatan bercerita melalui perancangan buku interaktif semi-3D dengan visual mendukung, bekerja sama dengan TK Aisyiyah yang belum memiliki materi serupa. Hasil: Hasil dari sosialisasi edukasi ini adalah penggunaan media ajar meningkatkan minat belajar anak dalam mengenali bagian tubuh yang perlu dilindungi, informasi yang diberikan membuat anak-anak menjadi peduli dan waspada demi mencegah kekerasan seksual. Kesimpulan: Keberadaan media pop-up book ini menjadi solusi efektif untuk menyampaikan edukasi sensitif secara adaptif sesuai usia anak sedari dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiah, N., Aranah, S. N., & Asmiarti, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas III SD N 1 Pardasuka Timur. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 420-424. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i5.287

Annisarti Siregar, Elva Rahmah. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 5 No. 1. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/6288

Dessy Putri Wayuningtyas, Faizatun Nafi’ah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Berbasis Sains Pada Kelompok B Ra Raden Fatah Podorejo, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 11, No. 1. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12581 DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.6166

Duncan Birmingham. (2006). Pop-Up Book A Manual of Paper Mechanisms, Tarquin Publications.

Ghozalli, Evelyn. (2020). “Panduan mengilustrasi dan mendesain cerita anak untuk tenaga profesional”. Jakarta: Pusat pembinaan bahasa dan sastra, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Hidayat, Isnu. (2019). “50 Strategi Pembelajaran Populer – kumpulan lengkap teori dan aplikasi pembelajaran masa kini”.Yogyakarta: Diva Press.

Hinga, Indriati Andolita Tedju. (2019). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Media Pada Murid Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jurnal Gemassika: PKM, Vol 3, No. 1. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395 DOI: https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395

Irsyad, M. (2019). Pendidikan seks untuk anak usia dini: tindakan pendampingan dan pencegahan. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73-86. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/1374/1200 DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374

Iwan Falahudin. (2014). “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran”, Jurnal Lingkar

Widyaiswara, Edisi 1 No. 4. https://lmsspada.kemdiktisaintek.go.id/pluginfile.php/98908/mod_resource/content/7/Pemanfaatan%20Media%20dalam%20Pembelajaran.pdf

Janah, R. (2023). Pentingnya Memberikan Edukasi Seksual Sejak Usia Dini Di Era Digital. BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10-19. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/192/175

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media cerita bergambar tentang pengenalan seks dini meningkatkan pengetahuan anak usia dini. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 110-115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296 DOI: https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Pratiwi, Mutia Rahmi, dkk. (2022). Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Digital Metode StoryTelling, Jurnal I-COM: Indonesia Community Journal, Vol 2. No.2. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1506 DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1506

Sari, E. Y. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 16-22. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p16-22

Susanti, S. M., & Marwah, M. (2025). Edukasi Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 178-184. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2190 DOI: https://doi.org/10.37812/atthufuly.v5i1.1760

Supriyanto, A., Hendiani, N., Wahyudi, A., Nuraini, F., & Prasetya, A. B. (2025). Edukasi Interaktif Latih Anak Hidup Damai dan Bebas dari Narkoba Melalui Pendekatan Keluarga. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 296-303. https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.166 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.166

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-08-02

How to Cite

Br Halawa, M. V., Sunarsih, S., Ulfah, N., & Cholifah, A. N. (2025). Perancangan Buku Ilustrasi Pop-Up Pendidikan Seks Usia Dini untuk Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 157–165. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.206