Perancangan Buku Ilustrasi Pop-Up Pendidikan Seks Usia Dini untuk Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.206Keywords:
Pelecehan Seksual, Anak Usia Dini, Edukasi, Pop Up Book, Media AjarAbstract
Latar Belakang: Pelecehan seksual merupakan hal yang tidak bisa ditoleransi, ditambah maraknya kasus pelecehan seksual pada anak usia dini akhir-akhir ini di Indonesia, hal ini diperparah karena kurangnya pemahaman anak dan anggapan tabu terhadap pendidikan seks di PAUD Tujuan: Edukasi ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar inovatif berupa Pop-up Book untuk edukasi seks dini yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Metode: Metode ini melalui tahapan observasi, perancangan produk, sosialisasi dan evaluasi dengan pendekatan bercerita melalui perancangan buku interaktif semi-3D dengan visual mendukung, bekerja sama dengan TK Aisyiyah yang belum memiliki materi serupa. Hasil: Hasil dari sosialisasi edukasi ini adalah penggunaan media ajar meningkatkan minat belajar anak dalam mengenali bagian tubuh yang perlu dilindungi, informasi yang diberikan membuat anak-anak menjadi peduli dan waspada demi mencegah kekerasan seksual. Kesimpulan: Keberadaan media pop-up book ini menjadi solusi efektif untuk menyampaikan edukasi sensitif secara adaptif sesuai usia anak sedari dini.
Downloads
References
Alfiah, N., Aranah, S. N., & Asmiarti, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas III SD N 1 Pardasuka Timur. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 420-424. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i5.287
Annisarti Siregar, Elva Rahmah. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 5 No. 1. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/6288
Dessy Putri Wayuningtyas, Faizatun Nafi’ah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Berbasis Sains Pada Kelompok B Ra Raden Fatah Podorejo, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 11, No. 1. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12581 DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.6166
Duncan Birmingham. (2006). Pop-Up Book A Manual of Paper Mechanisms, Tarquin Publications.
Ghozalli, Evelyn. (2020). “Panduan mengilustrasi dan mendesain cerita anak untuk tenaga profesional”. Jakarta: Pusat pembinaan bahasa dan sastra, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Hidayat, Isnu. (2019). “50 Strategi Pembelajaran Populer – kumpulan lengkap teori dan aplikasi pembelajaran masa kini”.Yogyakarta: Diva Press.
Hinga, Indriati Andolita Tedju. (2019). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Media Pada Murid Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jurnal Gemassika: PKM, Vol 3, No. 1. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395 DOI: https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395
Irsyad, M. (2019). Pendidikan seks untuk anak usia dini: tindakan pendampingan dan pencegahan. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73-86. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/1374/1200 DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374
Iwan Falahudin. (2014). “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran”, Jurnal Lingkar
Widyaiswara, Edisi 1 No. 4. https://lmsspada.kemdiktisaintek.go.id/pluginfile.php/98908/mod_resource/content/7/Pemanfaatan%20Media%20dalam%20Pembelajaran.pdf
Janah, R. (2023). Pentingnya Memberikan Edukasi Seksual Sejak Usia Dini Di Era Digital. BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10-19. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/192/175
Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media cerita bergambar tentang pengenalan seks dini meningkatkan pengetahuan anak usia dini. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 110-115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296 DOI: https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296
Pratiwi, Mutia Rahmi, dkk. (2022). Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Digital Metode StoryTelling, Jurnal I-COM: Indonesia Community Journal, Vol 2. No.2. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1506 DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1506
Sari, E. Y. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 16-22. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p16-22
Susanti, S. M., & Marwah, M. (2025). Edukasi Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 178-184. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2190 DOI: https://doi.org/10.37812/atthufuly.v5i1.1760
Supriyanto, A., Hendiani, N., Wahyudi, A., Nuraini, F., & Prasetya, A. B. (2025). Edukasi Interaktif Latih Anak Hidup Damai dan Bebas dari Narkoba Melalui Pendekatan Keluarga. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 296-303. https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.166 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.166
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Veronika Br Halawa, Sunarsih, Nufikha Ulfah, Anjar Nur Cholifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0